Cara Diet Aman Bagi Ibu Menyusui

by Siti Eka Kurniyati on February 1, 2016

Bagi ibu yang habis melahirkan, mereka sering mengeluh tentang berat badan juga bentuk tubuh mereka yang melebar. Para ibu hamil tentu ingin cepat-cepat melakukan diet demi menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh.

tips diet yang aman bagi ibu menyusuiNamun, para ibu juga dilemma karena mereka juga harus memberikan ASI alias menyusui bayi mereka. Menyusui merupakan kegiatan yang membutuhkan  energy yang banyak. Jadi dikhawatirkan, jika ibu menyusui melakukan diet akan mempengaruhi ASI yang dihasilkan. Jadi bagaimana agar tubuh ibu menyusui enak dipandang dan tetap bisa menghasilkan ASI yang berkualitas?  Simak tips diet bagi ibu menyusui di bawah ini.

Berat Badan Yang Boleh Diturunkan oleh Ibu Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, sebaiknya memulai program diet 2 bulan setelah bayi dilahirkan. Ini dilakukan untuk mencegah kurangnya energy bagi ibu menyusui yang bisa berpengaruh pada produksi ASI. Tapi, jika ibu menyusui mengalami obesitas, diet bisa dilakukan lebih cepat dengan anjuran dari dokter. Berat badan yang boleh diturunkan bagi ibu yang baru melahirkan adalah 0,5 sampa 1 kg dalam waktu 1 minggu. Diet bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga ringan. Setelah 6-8 minggu, ibu menyusui bisa meningkatkan intensitas olahraga untuk semakin menurunkan berat badan. Pertahankan pola makan sehat dan olahraga yang teratur bisa mengembalikan berat tubuhmu secara normal selama 1 tahun.

Menu Makanan Diet Ibu Menyusui

Makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui yang ingin diet adalah jenis makanan sehat. Beberapa menu makanan yang dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui adalah sebagai berikut ini.

  • Buah-buahan. Buah-buahan sangat penting dikonsumsi oleh ibu menyusui karena kandungan vitaminnya yang akan menambah energi yangs sangat diperlukan oleh ibu menyusui.  Buah yang baik untuk ibu menyusui adalah  jeruk dan blueberry. Jeruk mengandung banyak vitamin mengandung vitamin C sedangkan blueberry banyak mengandung berbagai vitamin dan mineral.
  • Biji-bijian seperti kacang yang memiliki warna gelap seperti kacang merah yang mengandung protein nabati dan banyak zat besi.
  • Telur. Ibu menyusui bisa memperoleh sumber protein yang mudah dari bahan makanan yang bisa direbus, digoreng atau menjadi olahan lain seperti orak arik.
  • Produk susu rendah lemak sepertu yoghurt, susu dan keju.
  • Daging tanpa lemak yang kaya akan protein, zat besi dan B12 yang akan memenuhi kebutuhan energy ibu menyusui
  • Ikan Salmon
  • Sayuran hijau

Jadwal Makan Diet Ibu Menyusui

  • Sarapan sekitar jam 7 pagi dengan menu muffin, sandwich atau roti selai keju rendah lemak atau selai buah lainnya. Buat juga jus buah segar seperti jus jeruk.
  • Camilan menjelang siang sekitar jam 10 pagi. Kamu bisa mengkonsumsi yoghurt atau wortel pada jam ini.
  • Saat makan siang, ibu menyusui bisa mengkonsumsi salad atau juga bisa lasgna sayuran. Sebagai pencuci mulut ibu menyusui bisa memakan apel.
  • Ibu menyusui bisa mengkonsumsi kacang almond atau kismis saat sore hari.
  • Makan malamlah sekitar jam 7 malam. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi ayam bakar yang rendah lemak (bagian dada), bayam, kentang dan yang lainnya.
  • Saat malam hari, ibu menyusui bisa mendapatkan camilan berupa wortel, anggur, apel, pear, pisang, jeruk atau yang lainnya.

Itu dia tadi beberapa tips bagi ibu menyusui yang ingin diet. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu membatasi asupan makanan karena akan mempengaruhi produk ASI dan hindari pola hidup tidak sehat dengan mengkonsumsi alcohol atau makanan junk food.