Cara Efektif Tingkatkan Energi Sepanjang Hari

by Ummi on March 1, 2015

Apakah kamu merasa lesu, dan tidak bertenaga hari ini? Jika iya, atasi krisis energi personalmu dengan menggunakan beberapa tips berikut ini yang telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan energi:

cara efektif meningkatkan energi

  1. Buka tirai gorden rumahmu

Cahaya matahari adalah sinyal alami yang kuat yang bisa mengganti ritme sirkadian dari mengantuk menjadi waspada / terjaga. Cahaya yang terpancar saat fajar, tepat sebelum matahari terbit bisa menstimulasi sel khusus di matamu, yang selanjutnya akan mengirim panggilan untuk bangun kepada jam internal otakmu. Siraman cahaya matahari di waktu kapanpun sebenarnya bisa meningkatkan kewaspadaan. Dalam sebuah penelitian di Jepang, 16 wanita dilaporkan lebih terjaga setelah mereka duduk di dekat jendela yang terkena sinar matahari selama 30 menit di tengah siang hari daripada setelah mereka duduk di ruangan dengan cahaya temaram. Dorongan energi ini bisa berlangsung selama 1 jam.

  1. Sarapan dengan makanan berprotein tinggi

Hanya sarapan dengan roti tawar baker atau biscuit saja tidaklah cukup. Kamu butuh protein untuk merasa kenyang & puas agar terhindar dari lonjakan gula darah dan keinginan untuk terus ngemil yang bisa membuatmu merasa lelah dan tidak berdaya. Untuk itu, cobalah sarapan dengan roti gandum utuh bakar dengan selai kacang dan satu buah pisang, atau sereal gandum dengan susu rendah lemak plus buah segar, atau yogurt tawar rendah lemak dengan aneka buah berry dan segenggam kacang.

Baca juga : ide menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi

  1. Minum banyak air putih

Jika kamu terserang dehidrasi, kamu akan merasa lebih lelah dan tidak bisa bekerja dengan baik pula. Sebuah penelitian kecil di Swiss menemukan bahwa saat para relawan tidak di beri air minum (dalam hal ini selama 24 jam), mereka hampir dua kali lebih lelah dan sepertiga kurang waspada. Mereka juga harus bekerja dua kali lebih keras dalam serangkaian uji kognitif. Memang tidak mungkin kamu bisa dehidrasi separah itu, namun agar semua tetap seimbang, minumlah banyak air putih secara bertahap. Jangan langsung menelan satu gelas air sekaligus, karena tubuhmu tidak akan bisa menyerap air terlalu banyak dalam satu waktu. Minum banyak air dengan cepat akan membuat ginjalmu menyaring sebagian besar air dari aliran darah, dan mengeluarkannya sebelum tubuhmu bisa menggunakan semuanya.

    *Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

    Page: 1 2