Cara Efektif Menaikkan Tekanan Darah

by Ummi on January 13, 2016

Memang sudah menjadi rahasia umum, jika memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, dan harus segera ditemukan bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi. Meski begitu, sedikit sekali orang yang tahu bahwa tekanan darah yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan masalah. Tekanan darah yang normal berada di antara angka 120 / 80 dan 90 / 60. Jadi, kamu bisa dikatakan memiliki tekanan darah rendah jika angkanya berada di bawah 90 / 60 . Kalau tekanan darah tinggi disebut dengan hipertensi, maka tekanan darah rendah disebut juga dengan hipotensi. Menderita tekanan darah rendah bisa menyebabkan masalah dalam sistem peredaran darah karena kurangnya tekanan, seperti aliran darah ke otak dan organ tubuh lainnya. Lalu, bagaimana caranya untuk menaikkan tekanan darah jika kamu menderita hipotensi ? berikut akan kami ulas tentang bagaimana cara efektif menaikkan tekanan darah :

Cara menaikkan tekanan darah

Tekanan darah rendah bisa disebabkan oleh beberapa alasan seperti kehilangan banyak darah, masalah jantung, kehamilan, infeksi yang parah, atau dehidrasi. Gejala-gejala yang dialami oleh sebagian besar penderita hipotensi diantaranya adalah seperti pusing, mual, penglihatan kabur, kelelahan, depresi, kurang konsentrasi, kulit dingin, haus dan pernapasan yang pendek dangkal cepat.Jadi, jika kamu merasa kamu mengalami tekanan darah rendah, maka segera naikkan kembali tekanan darahmu dengan beberapa cara efektif berikut ini :

  • Minum cukup air

Tekanan darah rendah bisa ditingkatkan dengan cara meningkatkan asupan air. Asupan air harian yang ideal setidaknya sebanyak 8 hingga 10 gelas air putih. Jika kasusnya kamu sedang berolahraga atau kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan yang terik, maka kamu bisa meningkatkan asupan airnya lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Beberapa minuman kesehatan juga mengandung elektrolit yang bisa membantu meningkatkan tekanan darahmu.

  • Tambahkan lebih banyak garam ke dalam makananmu

Meski terlalu banyak garam bisa berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, maka sebaliknya, garam bisa membantu menaikkan tekanan darah bagi penderita hipotensi. Makanan seperti makanan kalengan, makanan kemasan mengandung lebih banyak garam dan bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Namun, kamu harus konsultasikan dulu ke dokter tentang kadar yang diperlukan karena makanan sejenis itu tidak terlalu baik bagi kesehatan dan bisa menyebabkan masalah lain jika dikonsumsi terlalu banyak.

  • Sering makan dalam porsi kecil

Sebagai ganti dari makan besar tiga kali sehari, lebih baik makanlah dengan sering tapi dalam porsi yang lebih sedikit. Hal tersebut akan membantu mengatur tekanan darah dan gula darah. Makanan yang sehat sebaiknya memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Makanlah oatmeal, roti dan pasta dari  gandum utuh, serta hindari untuk makan roti tawar biasa dan makanan bebahan tepung putih.

  • Pertahankan diet yang seimbang

Diet sehat yang seimbang sangatlah penting untuk mengatur tekanan darahmu, yang sebaiknya menyertakan daging rendah lemak, ikan, sayuran dan buah segar, serta whole grain. Meski makanan kemasan mengandung lebih banyak garam, namun mereka tidak baik bagi kesehatan karena juga tinggi gula dan lemak. Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung B12 yang terdapat pada produk olahan susu dan asam Folat yang terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan brokoli juga akan meningkatkan peredaran darah dan menaikkan tekanan darah.

  • Gunakan ramuan herbal alami

Tahukah kamu, beberapa jenis tanaman herbal seperti rosemary dan adas manis terkenal mampu mengurangi efek dari tekanan darah rendah. Namun, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum kamu menggunakan suplemen ramuan herbal. Meski begitu, kamu juga perlu mewaspadai jika beberapa bahan dapur seperti jahe, kayu manis, dan lada bisa malah semakin menurunkan tekanan darahmu.

  • Olahraga secara teratur

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, kamu harus olahraga secara rutin. Olahraga akan membantu mengatur aliran darah. Olahraga jalan kaki ringan selama 20 menit akan sangat berpengaruh pada kesehatan pikiran dan fisikmu. Namun hindari latihan angkat bebanyang berat dalam jadwal olahragamu jika tekanan darahmu belum kembali normal karena hal tersebut bisa mengakibatkan cidera.

  • Coba gunakan stocking kompresi rendah

Menggunakan stocking dengan kompresi rendah biasanya direkomendasikan agar dipakai setiap hari untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi bengkak dan penggumapalan darah di tubuh bagian bawah.

  • Rubahlah gaya hidup yang merugikan

Beberapa contoh sederhana dari perubahan gaya hidup yang merugikan bisa membantu menaikkan tekanan darah seperti : mengurangi konsumsi alkohol karena meminum banyak alkohol bisa sebabkan dehidrasi, meminum kafein bisa meningkatkan tekanan darah karena kafein akan mempersempit pembuluh darah, jangan menyilangkan kaki saat duduk karena bisa mempersempit pembuluh darah, jangan mandi air panas terlalu lama karena bisa meningkatkan tekanan darah dan membuatmu pusing, mengangkat benda-benda berat, dan masih banyak perubahan yang lain.

Jika setelah melakukan semua langkah-langkah diatas kamu tetap saja menderita tekanan darah rendah dan mengganggu kehidupan sehari-harimu, maka ada baiknya jika kamu menemui tenaga medis. Jika yang emnjadi biang kerok dari tekanan darah rendahmu adalah jenis obat-obatan tertentu, maka mintalah dokter untuk mengganti obatnya. Secara umum, penderita hipotensi sebaiknya tidak menggunakan obat untuk menurunkan tekanan darah. Perubahan gaya hidup dan pola makan sebenarnya sudah cukup untuk mengatasinya. Namun jika hal tersebut masih belum membantu, obat-obatan seperti fludrocortisone dan midodrine akan diresepkan dokter untuk membantu menaikkan tekanan darah.