Cara efektif mengatasi mual & muntah saat hamil

by Ummi on January 16, 2014

Rasa mual dan muntah biasanya sering dialami oleh ibu hamil pada awal masa kehamilan atau biasa disebut dengan morning sickness. Muntah yang berlebihan bisa menyebabkan ibu mengalami kekurangan gizi maupun dehidrasi yang dalam istilah medisnya disebut dengan hyperemesis grafidarum.

Cara efektif mengatasi mual & muntah saat hamil

Penyebab pasti dari munculnya keluhan ini memang belum diketahui, namun kondisi tersebut diduga erat kaitannya dengan meningkatnya kadar hormone kehamilan yang disebut Human Chorionic Gunadotropin (HCG) sebagaimana yan sudah dijelaskan dalam artikel ‘Penyebab perubahan fisik & psikis selama hamil‘, dan juga karena hormone estrogen yang berlebihan.

Jika hal ini terus dibiarkan, tentu akan mengganggu kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa digunakan :

>Makanlah sesering mungkin dalam porsi yang sedikit, setidaknya sampai 5-6 kali sehari. Jangan makan terlalu banyak sekaligus, karena justru akan memicu rasa mual.

>Hindari makanan yang membuat perut terasa mual atau mencium bau-bauan yang tidak enak dan menyengat.

>Saat pagi hari, bangunlah secara perlahan-lahan lalu duduk di tepi tempat tidur selama beberapa menit sebelum melakukan aktivitas lainnya.

>Saat merasa mual, jangan minum teh, susu, kopi, atau jus jeruk karena akan lebih memperparah rasa mual. Perbanyaklah minum air putih.

>Jika muntah-muntah bertambah parah, segera konsultasikan ke bidan atau dokter kandungan.

Tak ada salahnya juga jika ibu mencoba ramuan herbal alami untuk meredakan rasa mual. Berikut ini resepnya :

Bahan:

  • ½ ruas jari jahe
  • 1 gelas air teh
  • Gula merah / putih secukupnya

Cara membuatnya:

Memarkan jahe, lalu campur dengan 1 gelas air teh atau air putih. Beri gula merah/putih secukupnya. Minum 2 kali sehari..