Cara Efektif Menghilangkan Stretchmark Setelah Melahirkan

by Ummi on October 21, 2013

Stretch mark (tanda regangan) atau yang sering disebut dengan garis guratan kulit merupakan masalah yang biasa dialami oleh kaum wanita terutama bagi mereka yang baru saja melahirkan. Selain disebabkan faktor kehamilan, stretch mark juga bisa diakibatkan oleh menurunnya berat badan secara drastis, gangguan kesehatan dan juga olahraga binaraga.

gel lidah buaya

Untuk menghilangkannya, bisa menggunakan krim atau salep pengurang garis guratan, atau tehnik laser. Namun, itu semua memerlukan biaya yang mahal dan umumnya tidak bisa menghilangkan strech mark sepenuhnya.

Tapi jangan khawatir, ada alternatif lain dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan tentunya cepat untuk menghilangkannya. Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah. Berikut ini diantaranya :

  • Lidah buaya

Manfaat lidah buaya adalah mampu melembabkan kulit secara alami. Untuk cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cukup gunakan lidah buaya segar yang sudah dikupas kulitnya. Lalu, potong-potong dengan ukuran kecil. tempelkan seperti masker pada bagian kulityang terkena stretch mark. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Wortel

Untuk mengatasi stretch mark dengan menggunakan wortel caranya mudah. Rebus beberapa wortel hingga lunak. Kemudian hancurkan wortel sampai lembut. Aplikasikan masker wortel tersebut pada kulit stretch mark, lalu gunakan plastik untuk menutupinya. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit supaya wortel bisa benar-banar meresap sescara maksimal.

  • Lemon

Selain enak dijadikan sebagai minuman segar, ternyata Lemon banyak memiliki manfaat untuk kulit. Disamping berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengurangi bekas luka, menghilangkan jerawat, lemon juga bisa mengurangi garis stretch mark. Dengan kandungan glycolic acid dan hydroxide acid, lemon dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses peremajaan kulit. Caranya, ambil buah lemon dan iris-iris tipis. Lalu, letakkan diatas kulit stretch mark.

  • Anggur

Anggur sangat efektif untuk menghilangkan stretch mark karena anggur berguna sebagai pelembab alami dan bisa melembutkan kulit. Caranya, tumbuk beberapa buah anggur hingga halus. Letakkan masker anggur pada bagian stretch mark dan diamkan selama 20-30 menit.

  • Cocoa butter

Cocoa butter adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Namun, ternyata cocoa butter juga manjur digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Caranya, tinggal oleskan cocoa butter pada bagian stretch mark seperti di perut, paha, dan pantat. Lakukan sebanyak dua kali sehari.

  • Minyak almond

Untuk menghilangkan stretch mark dengan menggunakan minyak almond sangatlah mudah. Cukup mengoleskannya pada bagian stretch mark dan pijat secara perlahan. Tapi, cara ini lumayan memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar mendapatkan hasil kulit yang kembali lembut tanpa stretch mark.

  • Minyak lavender

Selain ampuh sebagai pengusir nyamuk, minyak lavender pun bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Caranya, gunakan minyak lavender untuk memijat bagian stretch mark secara lembut dan perlahan supaya guratannya tidak semakinĀ  melebar dan bertambah parah. Untuk garis stretch mark yang cukup parah dan terlihat mencolok, dianjurkan untuk memijatnya searah jarum jam..