Cara efektif menurunkan kadar kolesterol

by Ummi on November 6, 2014

Menderita penyakit kolesterol memang susah-susah gampang. Kita harus senantiasa memeriksa dan mengecek kadar kolesterol secara rutin dan berkala agar hal-hal yang fatal seperti serangan jantung atau stroke bisa dicegah sedini mungkin. Seperti kita ketahui, kadar normal kolesterol secara keseluruhan adalah 200mg/dl. Jika kadar kolesterol kita sudah melebihi batas 240mg/dl, maka kita harus segera melakukan tindakan pencegahan untuk menurunkan kadar kolesterol. Lalu, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar kadar kolesterol bisa turun dengan cepat? Faktor penting yang harus kamu lakukan adalah mengetahui penyebab dari kolesterol tinggi, setelah itu baru simak beberapa cara efektif untuk menurunkan kolesterol berikut ini:

Cara efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi

  • Rajin berolahraga

Berolahraga dan aktif bergerak, merupakan factor yang sangat penting untuk mencegah penyakit jantung, dan secara langsung bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Meskipun hanya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan, membersihkan rumah, atau berkebun selama kurang lebih 30 menit setiap hari, bisa memberikan efek positif bagi kadar kolesterol. Sebaiknya lakukan pula latihan aerobic untuk meningkatkan kerja jantung selama 30 menit setiap 3-4 kali seminggu agar semakin menguatkan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  • Berhenti merokok

Jika kamu adalah seorang perokok, maka dengan berhenti merokok merupakan cara paling jitu untuk menurunkan kolesterol. Merokok bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Sehingga merokok membuatmu lebih beresiko untuk terkena serangan jantung atau stroke. Meski kamu bukan termasuk perokok aktif, lebih baik hindari asap rokok sebisa mungkin.

  • Konsumsi makanan yang lebih sehat

Tidak hanya kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang berkadar kolesterol tinggi seperti daging, telur, dan jeroan saja, tapi kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti gorengan karena itu semua bisa memicu peningkatan kolesterol. Cek juga kandungan nutrisi yang tertera disetiap kemasan makanan untuk memastikan produk yang sehat bagi jantung. Secara umum, konsumsilah banyak sayuran, buah-buahan, gandum utuh, susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak untuk diet sehatmu.

  • Tingkatkan konsumsi serat larut dalam dietmu

Makanan yang mengandung serat yang bisa larut membutuhkan beberapa waktu untuk bisa diserap dalam system pencernaan sehingga bisa mengikat kolesterol jahat (LDL) dan mengangkutnya ke saluran pembuangan. Jadi, saat kamu memakan serat yang bisa larut, kamu juga akan menyingkirkan kolesetrol jahat bersamanya. Beberapa makanan yang menjadi sumber dari serat larut adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan oatmeal.

  • Konsumsi ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3

Dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan Omega-3 seperti9 salmon, trout, dan tuna beberapa kali dalam seminggu bisa memberikan pengaruh positif untuk kadar keseluruhan kolesterol (HDL, LDL, Tryglecerida). Jika kamu tidak suka makan ikan terlalu banyak, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

  • Gunakan obat penurun kolesterol

Jika kadar kolesterolmu tidak terlalu tinggi, dokter mungkin hanya akan menyarankan untuk merubah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat seperti pada langkah-langkah yang telah dibahas diatas. Namun, jika kadar kolesterolmu terlampau tinggi, dokter akan memberi resep seperti Statins, Resins, Fibrates, dan Niacin yang langsung bekerja cepat menurunkan kadar kolesterol..