Cara Instan Meningkatkan Mood

by Ummi on April 21, 2017

Mendengar cerita sedih, cuaca yang tak bersahabat, begadang larut malam, bahkan menghadapi hari yang buruk bisa mempengaruhi mood atau suasana hatimu. Suasana hati yang menurun dapat dipicu oleh hal yang berbeda untuk orang yang berbeda pula.

cara atasi bad mood

Sementara suasana hati yang positif bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, sebaliknya suasana hati yang buruk dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan emosional Anda. Mood yang sedang menurun atau suasana ‘blues’ bisa membuatmu lebih rentan terhadap penyakit serta depresi dan kecemasan. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan mood dengan cara yang benar secepat mungkin. Beberapa penguat mood alami bisa sangat membantu dan mungkin patut dicoba sebelum kamu membuat pilihan untuk menggunakan obat. Berikut adalah beberapa cara instan untuk meningkatkan moodmu :

Makanlah coklat

Saat kamu sedang merasa sedih, maka ini saatnya untuk makan coklat pekat. Yup, beberapa gigit coklat dapat membuatmu bahagia, namun itu harus berupa coklat pekat, bukan coklat susu. Coklat pekat dapat meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter di otak yang bisa mempengaruhi mood. Hal ini juga dapat mengurangi tingkat hormon stres, termasuk kortisol, pada orang yang mengalami stres. Manfaat dark chocolate terutama karena antioksidan di dalamnya.

Sebuah studi tahun 2013 yang dipublikasikan di Nutrition Review menganalisis beberapa penelitian yang menyelidiki potensi fraksi psikoaktif coklat. Delapan studi memenuhi kriteria inklusi untuk penilaian coklat atau komponennya pada suasana hati, dimana lima menunjukkan perbaikan keadaan mood atau penurunan mood negatif. Untuk memperbaiki moodmu, makan 1 sampai 1½ ons dark chocolate sehari. Jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena mengandung banyak kalori.

Makan lebih banyak asam lemak Omega-3

Mereka yang sering merasa ngedrop sebaiknya mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, yang memiliki peran penting dalam kesehatan emosional. Dua jenis utama asam lemak omega-3 (yakni asam asanapentaenoat (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) ) memainkan peran penting dalam fungsi saraf dan pengaturan suasana hati. Asam lemak ini juga membantu mengembalikan integritas struktural ke sel otak yang penting dalam melakukan fungsi kognitif.

Sebenarnya, orang yang mendapatkan banyak asam lemak omega-3 dari makanan mereka cenderung tidak mengalami gejala depresi sedang atau ringan. Sebuah studi tahun 2006 yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry melaporkan bahwa kurangnya asam lemak omega-3 telah diidentifikasi sebagai faktor penyebab gangguan mood dan menawarkan pendekatan pengobatan rasional yang potensial.

Untuk memasukkan lebih banyak asam lemak omega-3 dalam makananmu, makanlah ikan air dingin seperti salmon, tuna, ikan sarden dan ikan asin. Flaxseeds, walnuts dan telur yang diperkaya omega-3 adalah pilihan bagus lainnya. Kamu juga bisa memilih suplemen asam lemak omega-3, setelah berkonsultasi dengan doktermu.

Minumlah teh hijau

Menyeruput secangkir teh hijau juga bisa memberikan dorongan untuk suasana hati. Teh hijau dipenuhi dengan antioksidan dan nutrisi yang memberimu keadaan pikiran yang lebih waspada. Antioksidan mendukung pembuluh darah sehat di otak, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Theanine, asam amino dalam teh hijau, membantu memperbaiki perhatian dan fokus.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan di Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa asupan teh hijau menyebabkan peningkatan dopamin dan serotonin. Studi tersebut menunjukkan bahwa efek menguntungkan dari minum teh hijau mungkin disebabkan oleh perubahan metabolisme serotonin dan / atau dopamin. Jadi lupakan kopi dan ambil teh hijau saja! Nikmati 2 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari untuk membantu mengangkat mood dan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Makanlah apel yang crunchy

Apel juga dapat membantu meredakan moodmu. Mereka kaya nutrisi yang membantu meningkatkan mood. Mereka juga mengandung vitamin C yang menawarkan efek peningkatan mood. Apel hijau renyah dengan rasa asam mereka, khususnya, dapat membantu mengangkat mood.

Menjadi kaya serat dan karbohidrat, apel juga meningkatkan tingkat energimu. Kamu bisa makan 1 atau 2 apel setiap hari untuk meningkatkan mood dan kesehatan secara keseluruhan.

Nikmati sinar mentari

Berjemur di pagi hari secara teratur penting untuk kesehatan mentalmu. Sinar matahari membantu produksi vitamin D tubuh dan kekurangan vit D terkait dengan depresi. Juga, kurangnya paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama gangguan afektif musiman (SAD), yang sangat umum terjadi di bulan-bulan cuaca dingin dimana ada lebih sedikit jam di siang hari. Dengan paparan sinar matahari dan vitamin D, otak mampu menghasilkan lebih banyak kimia serotonin penguat mood. Serotonin membantu mengurangi stres dan melawan depresi ringan.

Sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Issues in Mental Health Nursing melaporkan bahwa deteksi dan pengobatan tidak memadaianya vitamin D pada orang dengan depresi dan gangguan mental lainnya mungkin merupakan terapi yang mudah dan hemat biaya, yang dapat memperbaiki hasil kesehatan jangka panjang pasien serta kualitas hidupnya.

Yang kamu butuhkan hanyalah waktu 10 menit di bawah paparan sinar matahari sehari untuk memastikan bahwa tubuhmu tidak kekurangan vitamin D. Kamu juga bisa memilih suplemen vitamin D, setelah berkonsultasi dengan dokter.

Tertawalah lebih banyak

Tertawa adalah salah satu cara termudah untuk merasa baik dan mengangkat mood. Tertawa tidak hanya mengurangi kadar hormon seperti kortisol dan epinefrin, tapi juga meningkatkan kadar hormon peningkat kesehatan. Sesi tawa yang baik memicu otakmu untuk melepaskan lebih banyak endorfin, yang memainkan peran kunci dalam memperbaiki mood Anda.

Sebenarnya, tawa juga bisa membantu orang yang menderita SAD atau depresi total. Sebuah penelitian tahun 2002 yang dipublikasikan di Psychological Reports menemukan bahwa baik senyum dan tawa memiliki kemungkinan peningkatan mood. Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2010 di Alternative Therapies in Health and Medicine menyimpulkan bahwa tawa telah menunjukkan manfaat fisiologis, psikologis, sosial, spiritual dan kualitas hidup. Jika lain kali kamu perlu meningkatkan mood Anda, lupakan semua hal yang mengganggumu dan tonton film atau video lucu.