Cara Jitu Atasi Ruam Popok Bayi

by Ummi on May 4, 2017

Sudah sangat umum bagi bayi yang baru lahir untuk mengalami ruam popok. Itu bukan berarti si bayi kurang begitu dirawat oleh ibunya. Meski begitu, jika ruam popok tidak segera diatasi, itu bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur, yang membuat segalanya menjadi bertambah parah. Ruam popok ditandai dengan kulit yang meradang dan adanya ruam di area popok, yang meliputi area paha bagian atas, bokong, dan organ intim.

obat ruam popok

Penyebab utama ruam popok adalah paparan yang berkepanjangan pada popok yang kotor, lembab dengan air kencing atau kotor dengan tinja. Penyebab umum lainnya adalah infeksi ragi, alergi makanan, masalah pencernaan, kepekaan terhadap popok, dan popok yang dicuci dengan buruk. Gejalanya bisa meliputi kulit merah, peradangan dan bahkan lecet.

Jika anakmu terkena ruam popok, maka kamu harus memberi bayimu banyak waktu dengan bagian bokong yang telanjang sehingga kulit bisa bernafas dan menghilangkan kelembaban dengan sendirinya. Ada juga banyak perawatan rumah alami yang bisa kamu coba untuk menghibur anakmu dan mempercepat proses penyembuhan seperti yang akan kami ulas pada artikel berikut ini :

Cuka

Air seni basi sangat bersifat basa dan bisa membakar kulit lembut bayi seperti asam. Untuk mengimbangi pH yang tinggi, cuka merupakan salah satu bahan terbaik.

  • Jika kamu menggunakan popok yang dapat digunakan kembali atau popok kain, bilaslah dengan larutan cuka. Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke setengah ember air dan gunakan untuk membilas popok bayimu. Ini akan membantu menyingkirkan setiap penumpukan sabun pada popok serta bau urine.
  • Buat larutan cuka yang sangat lemah dengan menambahkan satu sendok teh cuka putih ke satu cangkir air. Gunakan solusi ini untuk menyeka bagian bawah bayi saat mengganti popok. Langkah sederhana ini akan membantu membuat bagian bawah bayimu tahan terhadap jamur.

Baking soda

Baking soda memiliki khasiat penyembuhan yang bisa membantu mengobati ruam popok.

  • Larutkan dua sendok makan baking soda di sekitar empat gelas air. Setiap kali kamu mengganti popok bayimu, cuci bagian bawah bayi dengan campurannya. Gunakan lap kering untuk mengeringkan kulit secara ringan sebelum memakai popok bersih.
  • Kamu juga bisa menambahkan dua sendok makan baking soda ke bak air hangat dan mandikan bayimu di dalamnya. Mandikan bayi di dalam air selama 10 menit, tiga kali sehari. Sekali lagi, pastikan untuk mengeringkan kulit bayi setelah mandi.

Petroleum jelly

Banyak dokter anak merekomendasikan untuk menerapkan lapisan tipis lapisan pelindung pada kulit lembut bayi setiap kali kamu mengganti popok. Jelly petroleum sangat cocok untuk tujuan ini. Ini akan membantu melindungi daerah popok dari efek iritasi urin dan kotoran.

  1. Setelah melepaskan popok kotor, bersihkan bagian bawah bayi dengan air hangat.
  2. Keringkan dengan baik dengan handuk katun, lalu oleskan petroleum jelly.
  3. Lakukan ini setiap kali bayi membutuhkan penggantian popok, dan ruam popok akan sembuh dengan cepat.

Tepung maizena

Tepung maizena menyerap kelembaban, menjadikannya perawatan yang hebat untuk ruam popok. Ini akan membantu menjaga kulit bayi tetap kering, mengurangi gesekan popok dan mencegah ruam popok.

  1. Lepaskan popok kotor dan cuci bokong bayimu dengan air hangat.
  2. Balut kulit dengan hati-hati dengan kain lain. Biarkan kulit lebih kering secara alami selama beberapa saat.
  3. Sedikit taburkan tepung maizena langsung pada kulit sebelum meletakkan popok baru di tempatnya.
  4. Lakukan ini setiap kali kamu mengganti popok sampai kulit benar-benar sembuh.

Oatmeal

Tingginya jumlah protein dalam oatmeal menenangkan kulit lembut bayi dan membantu melestarikan benteng pelindung alami kulit. Ini juga mengandung senyawa kimia saponin, yang membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang tidak diinginkan dari pori-pori kulit.

  1. Tambahkan satu sendok makan oatmeal kering ke air mandi.
  2. Biarkan bayi berendam di air ini selama 10 sampai 15 menit.
  3. Kemudian mandikan bayi. Ini akan memiliki efek menenangkan pada kulit bayi.

Lakukan ini dua kali sehari untuk menyembuhkan ruam popok.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki khasiat antijamur dan antimikroba, dan karenanya dapat digunakan untuk mengobati ruam popok. Hal ini juga dapat memiliki efek menenangkan dan penyembuhan pada kulit lembut bayi.

  • Minyak kelapa bekerja seperti pelembab hebat. Secara perlahan, oleskan beberapa minyak kelapa ke daerah popok beberapa kali sehari.
  • Kamu bahkan bisa menambahkan beberapa sendok makan minyak kelapa ke air mandi untuk menambahkan pelembab. Ini akan membantu membunuh jamur seperti Candida yang menyebabkan ruam popok juga.

Air Susu Ibu

ASI, yang membantu melawan infeksi dan menenangkan kulit, adalah cara terbaik dan paling murah untuk menyembuhkan ruam popok. Plus, dengan ASI tidak ada risiko reaksi alergi yang bisa memperburuk kondisi. Cukup gosokkan beberapa tetes air susu ibu ke kulit yang terkena ruam sesering yang diperlukan, dan biarkan daerah tersebut mengering sebelum mengenakan popok yang baru.