Cara Makeup Bisa Membuatmu Sakit

by Ummi on December 16, 2016

Kita tentu tahu, makeup bisa membuat seorang wanita terlihat cantik dan mempesona, namun jika kamu tidak hati-hati, produk kosmetik yang kamu gunakan, serta caramu dalam menggunakan mereka bisa berbahaya bagi kesehatanmu. Tidak percaya ? berikut adalah berbagai cara makeup bisa membuatmu sakit :

makeup

Kamu tidak berhati-hati saat mengaplikasikan maskara

Jika kamu tidak memberikan perhatian penuh pada penerapan maskaramu, maka kamu bisa berakhir dengan sesuatu yang jauh lebih buruk dibandingkan warna hitam mencolok di sekitar kelopak matamu. “Beberapa pasien saya mendapatkan goresan pada kornea mereka akibat dari kesalahan penanganan dalam menggunakan tongkat maskara. Ini adalah sesuatu yang dapat begitu dekat dengan mata yang sebenarnya yang dapat kamu goreskan sendiri jika kamu tidak memiliki teknik yang baik, “kata Michelle Rhee, MD, seorang dokter mata di the Mount Sinai Health System.

Produk makeupmu merupakan buatan luar negeri (impor)

Waspadalah terhadap produk make up yang diproduksi dari luar negeri dan diimpor ke Indonesia, terutama yang tidak memiliki izin dari BPOM RI. Produk-produk ini dapat terkontaminasi dengan bakteri berbahaya yang diketahui menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh, seperti pencernaan dan saluran kemih; Pengemasan dan pengiriman atau kondisi penyimpanan yang buruk mungkin bisa disalahkan. Jadi ide baik untuk memperhatikan aturan penarikan dan peringatan keamanan yang khusus untuk makeup, seperti layaknya kamu lakukan pada makanan.

Semua produk kosmetikmu adalah merek yang di diskon

Ada waktu dan tempat untuk merek makeup yang harganya lebih murah, namun jangan gunakan setiap produk tersebut untuk kamu terapkan langsung ke kulitmu (seperti foundation dan concealer). “Produk murah dapat membakar kulit karena mereka seringkali tidak seperti kosmetik yang elegan,” kata Mona Gohara, MD, Advanced Dermcare di Danbury, Conneticut. Carilah produk yang mengatakan “non-comedogenic,” yang berarti mereka diformulasikan khusus untuk tidak menyumbat pori-pori.

Kamu tidak melayani kulitmu dengan baik

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, ada produk-produk tertentu yang harus kamu hindari. “Setiap produk berbasis krim seperti BB dan CC krim cenderung berat dan lebih mungkin untuk mengiritasi kulit atau menyumbat pori-pori daripada yang berbasis bubuk, di mana itu tidak baik jika kamu memiliki kulit sensitif,” kata Dr Gohara. Jika kamu berjerawat, maka kamu bisa memilih beberapa produk yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, dua bahan pelawan jerawat.

Kamu berbagi makeup dengan orang lain

Jika kamu dan teman-temanmu bersiap-siap untuk keluar malam bersama-sama, maka setiap orang harus membawa tas makeup mereka sendiri. “Berbagi makeup bisa berbahaya, terutama riasan mata. Kamu bisa mendapatkan infeksi mata dengan cara melewatkan kuman bolak-balik, seperti konjungtivitis (peradangan selaput lendir mata), radang kelopak mata, dan bahkan mungkin kornea, “kata Dr Rhee. Dan jangan pernah menggunakan tester di counter make up jika orang lain telah menyentuhnya sebelum kamu; jika kamu harus mencicipi sebelum membeli, maka pastikan untuk menggunakan aplikator sekali pakai.

Kamu tidak membaca baik-baik bahan makeupmu

Bacalah label makeup seperti yang kamu lakukan saat membaca label informasi gizi makanan di toko kelontong. Zat pewarna aditif telah diatur secara ketat dan ada beberapa yang disetujui untuk digunakan dalam kosmetik pada umumnya, tapi tidak disetujui atau tidak aman untuk digunakan di sekitar mata.

Kamu tidak membersihkan kuas makeupmu

“Secara teori, kamu harus membersihkan kuas makeupmu sesering kamu membersihkan wajahmu, tapi jelas hal itu tidak bisa selalu terjadi,” kata Dr Gohara. Bersihkan kuasmu sekali seminggu dengan pembersih non-sabun ringan dan biarkan mereka kering semalaman. Sel-sel kulit mati dan kuman lainnya dapat terjebak dalam bulu dan masuk ke kulit saat kamu menyapukan makeup di wajahmu.

Kamu tidur dengan riasan yang masih menempel

Betapa buruknya jika kamu tidur dengan makeupmu? “Kulit secara alami meregenerasi dirinya sendiri di malam hari, itulah sebabnya itu disebut dengan beauty sleep. Jika kamu meninggalkan makeup tetap menempel di wajah, maka hal itu cenderung kurang begitu bisa untuk meregenerasi dalam kapasitas yang sehat, dapat menyumbat pori-pori, dan menumpuk lebih banyak residu.” kata Dr Gohara. Cuci wajahmu dengan lembut setiap malam sebelum tidur, tidak peduli seberapa lelah kondisimu.

Kamu tetap memakai makeup yang sudah lama

Makeup memiliki tanggal kedaluwarsa juga, dan menggunakan produk yang sudah melampaui masa puncak mereka dapat menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi. Sampai enam bulan adalah masa pakai yang baik untuk semua produk; ketika maskara atau eyeliner cair sudah mulai menggumpal, itu pertanda baik saatnya untuk mengganti yang baru. Dan selalu buang lipstik atau lipgloss jika kamu mengalami pilek.

Kamu tidak mencuci wajahmu

Jika kamu menggunakan jari-jari untuk mengusapkan riasan mata atau membaurkan krim ke dalam kulit wajahmu, maka selalu cuci tanganmu terlebih dahulu. Jika tidak, maka kotoran, kuman, dan bakteri yang mungkin ada pada jarimu atau di bawah kukumu dapat ditransfer langsung ke wajah.