Cara melakukan deteksi dini kanker payudara

by Ummi on October 23, 2014

Kanker payudara merupakan salah satu penyait kanker berbahaya yang kerap kali menyerang kaum wanita.  Untuk melakukan langkah pencegahan, setiap wanita harus bisa mendeteksi sedari awal munculnya gejala kanker payudara. Beriku ini adalah beberapa langkah-langkah mudah untuk mendeteksi kanker payudara:

Cara melakukan deteksi dini kanker payudara dengan mengenali gejalanya

  • Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

Yang lebih tahu dan mengerti akan tubuhmu, tentu dirimu sendiri. Untuk itu, disarankan bagi setiap wanita untuk melakukan SADARI secara rutin minimal setiap sebulan sekali setelah selesai masa haid. Bagi wanita yang sudah tidak mengalami haid (menopause), sebaiknya melakukan SADARI setiap tanggal tertentu agar mudah diingat pada tiap bulannya.  SADARI bisa dilakukan dengan cara berdiri sambil mengangkat tangan dan meraba daerah sekitar payudara sambil memijatnya secara perlahan dengan gerakan memutar atau diagonal, dan memencet puting susu. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan cara berbaring. Waspadai jika selama pemeriksaan terjadi tanda-tanda berikut ini:

  • Adanya benjolan di payudara
  • Keluar cairan yang tidak normal dari putting susu seperti berupa nanah, darah, cairan encer atau keluarnya air susu pada wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui.
  • Perubahan bentuk dan ukuran payudara dari kondisi biasanya (normal).
  • Kulit, putting susu, atau daerah areola melekuk ke dalam atau berkerut.
  • Pemeriksaan payudara oleh tenaga medis

Jika setelah melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) kamu masih ragu-ragu apakah kamu menderita kanker payudara atau tidak, maka konsultasikanlah keluhan yang kamu alami pada bidan atau dokter agar bisa dideteksi apakah benjolan payudaramu termasuk tumor yang jinak atau ganas.

  • Mammogram

Dengan pemeriksaan Mammogram, akan didapat hasil yang lebih akurat mengenai benjolan atau kelainan yang terdapat pada payudara. Pemeriksaan ini menggunakan  system radiologi sinar X. Masing-masing payudara akan diambil gambarnya dari arah samping dan atas. Dengan adanya gambar mikro klasifikasi mungkin bisa memberikan gambaran tanda-tanda dini terjangkit kanker payudara.

Jika semua sudah dilakukan dan ternyat positif mengidap kanker payudara, maka segera atasi penyakit tersebut agar tidak bertambah parah, baik dengan menggunakan ramuan alami daun sirsak (caranya; baca pada artikel cara alami atasi kanker payudara dengan daun sirsak), melakukan pengobatan alternatif, atau operasi pengangkatan payudara..