Cara Melakukan Manicure & Pedicure di Rumah

by Ummi on September 18, 2013

Melakukan manicure & pedicure biasanya memang disarankan buat kamu yang ingin menjaga agar kuku selalu tampil segar dan cantik. Nah, kalau pas kebetulan nggak bisa keluar rumah, karena terlalu sibuk atau mungkin ingin mencoba mendalami tentang manicure & pedicure ini, kamu bisa melakukannya di rumah. Peralatannya relatif mudah dan juga bisa dilakukan sendiri. Simak cara melakukan manicure – pedicure sendiri tanpa harus pergi ke salon.

Tips Manicure & Pedicure di Rumah

Sebelum memulai, berikut ini peralatan yang perlu kamu siapkan:

  1. Satu baskom air hangat
  2. Remover cat kuku
  3. Kain katun
  4. Gunting kuku
  5. Alat untuk mengikir kuku
  6. Krim kutikula (bisa diganti dengan losion atau krim lain)
  7. Stik kutikula
  8. Krim untuk tangan
  9. Pemisah jari (kalau tidak ada, kamu bisa memakai sehelai tisu yan digulung) untuk memishakan/ memberi ruang agar jari-jari kuku tidak bersentuhan
  10. Cat kuku, berikut untuk lapisan dasar dan lapisan atas (cat kuku bening juga tidak masalah kalau tidak ada)

Setelah semua peralatan siap, selanjutanya adalah melakukan manicure – pedicure dengan tahapan sebagai berikut;

  1. Cek kondisi kuku jari tangan dan kuku kaki lebih dulu, apakah masih ada sisa-sisa cat kuku dari pemakaian sebelumnya. Bila masih ada, bersihkan dengan remover.
  2. Setelah bersih, gunting & rapikan ujung-ujung kuku tangan dan kaki. Kemudian kikir kuku agar ujungnya terasa halus. Ingat, jangan mengikir terlalu banyak di kedua sisinya, karena bisa meyebabkan kuku tumbuh ke arah dalam.
  3. Gunakan krim kutikula di bantalan kuku (tempat di mana kuku mulai tumbuh) kemudian rendam dulu tangan dan kaki dengan air hangat selama beberapa menit. Ini akan membantu supaya krim kutikula bisa melembabkan dan melembutkan kutikula.
  4. Cek bagian kutikula, potong jika ada yang mengelupas, jangan ditarik. Rapikan dengan stik kutikula. Setelah itu, cuci besih krim kutikula dan lap kuku menggunakan remover untuk selanjutnya diberi cat kuku.
  5. Aplikasikan satu lapis cat dasar kuku, ini akan memabantu lapisan cat kuku berikutnya menempel lebih baik dan warnanya lebih tajam.
  6. Setelah kering, gunakan cat kuku di atas lapisan dasar. Tunggu sampai mengering, Kemudian mulailah melukis motif yang kamu inginkan di atas kuku. Biarkan sampai cat kuku dan lukisan kamu mengering.
  7. Terakhir, oleskan satu lapisan cat kuku bening sebagai pelapis paling atas. Lapisan terkahir ini akan membantu kuku terlihat mengkilat, bercahaya dan juga lebih tahan lama.

Gimana? Nggak susah kan. Kalau kamu ingin seperti di salon, kamu bisa menggunakan beberapa lapisan cat dasar berkali-kali, tapi tentunya dibutuhkan waktu luang yang cukup, karena harus menuggu lapisan demi lapisan mengering dan memberikan hasil yang maksimal. So, are you ready to try manicure – pedicure at home?.