Cara Melindungi Kulit Dari Dalam

by Ummi on May 25, 2015

Kulit adalah bagian tubuh terluas dari tubuh dan bisa menyerap sekitar 60% dari apapun yang kamu taruh diatasnya. Kulitmu bisa jadi clue yang baik untuk apa yang sedang terjadi di bagian dalam tubuhmu. Apakah pori-porimu tersumbat? Kulitmu kering dan bersisik? Atau kamu punya masalah dengan jerawat dan bisul? Jika iya, maka tubuhmu sedang mencoba mengatakan sesuatu kepadamu. Untuk melidunginya, kamu tidak hanya bisa merawatnya dari luar seperti dengan mengoleskan pelembab, tabir surya, eksfoliasi, dan memakai body lotion saja, namun juga bisa melakukannya dari dalam. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu melindungi kulitmu dari dalam, tidak hanya dari sengatan sinar matahari saja, namun juga dari berbagai faktor lingkungan yang lain:

cara melindungi kulit dari dalam

  • Makanlah makanan yang baik untuk kulit

Sel kulit kita membutuhkan air agar bisa berfungsi secara optimal. Tetap terhidrasi bisa memberikan kulitmu kilau yang lebih cerah jika sebelumnya kamu terkena dehidrasi. Minum banyak air juga bisa membantu membersihkan beberapa masalah seperti jerawat. Membatasi gula dan produk olahan susu tertentu juga bisa membantu. Disamping air, ada beberapa gizi yang dibutuhkan agar kulit kita sehat. Vitamin E yang mengandung antioksidan berfungsi membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain tabir surya, kamu juga bisa mengemil kacang almond untuk perlindungan tambahan dari sinar matahari saat berjemur di pantai.

Olahan tomat (seperti saus) dan semangka yang mengandung Likopen, adalah pilihan antioksidan lain yang bisa mencegah kerusakan kolagen. Katekin yang bisa kamu peroleh dari teh hijau juga memiliki sifat anti radang dan anti kanker, jadi rajinlah minum teh hijau! Kamu juga bisa memakan telur, oatmeal, pisang, dan nasi yang kaya akan Biotin, jenis vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut serta kuku. Alpukat dan minyak kelapa mengandung lemak sehat yang bisa menjaga kulitmu tetap lembut. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bahkan bisa melindungi kulitmu dari kerusakan akibat matahari. Jadi, rajinlah makan alpukat dan gunakan minyak kelapa ekstra murni untuk menggoreng atau masak langsung dengan suhu yang tinggi. Kamu bahkan bisa menggantikan pelembab kulit regulermu dengan kedua makanan super ini.

  • Netralkan produk kecantikanmu dari racun

Paraben dan phthalates adalah dua contoh dari bahan berbahaya yang banyak ditemukan di berbagai produk perawatan kulit, yang terkadang tidak dicantumkan. Senyawa kimia ini bisa menjadi pengganggu hormon dan dapat memicu perkembangan tumor. Saat membeli tabir surya (sun screen), carilah produk yang tidak menggunakan PABA, avobenzone, benzophenone, dan ethoxycinnamate, karena semuanya itu sudah terkenal sebagai penghasil radikal bebas, padahal tabir surya seharusnya melindungi kulit dari radikal bebas. Lebih baik, gunakan produk yang mencantumkan Zinc oxide sebagai bahan aktif utamanya.

  • Coba sesekali tampil tanpa makeup

Karena kebanyakan make-up mengandung paraben dan senyawa kimia berbahaya lain, maka biarkanlah wajahmu bersantai sejenak dan cobalah untuk sesekali tampil tanpa riasan. Tidak hanya kamu akan memberikan wajahmu hadiah dengan membiarkannya bisa bernafas, kamu juga akan mengingat betapa terasa hebatnya dirimu tampil dengan alami tanpa sapuan make up.