Cara Membuat Masker Rambut Alami

by Siti Eka Kurniyati on November 28, 2015

Cara membuat masker rambut atau hair mask alami mudah loh.. kamu bahkan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu. Masker rambut alami bisa merawat rambutmu yang rusak karena sinar matahari maupun karena perawatan rambut yang berlebihan.

cara merawat rambut rusak

Hair mask tidak melulu hanya bisa dilakukan di salon. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan biaya yang murah meriah. Menggunakan masker rambut seminggu sekali bisa membuat rambutmu sehat dan semakin bersinar. Berikut ini ada beberapa bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hair mask alami.

Telur

Pasti kamu punya persediaan telur dong di rumah. Nah, sekarang saatnya membuat telur bukan untuk didadar atau direbus, melainkan untuk membuat masker rambut alami. Kalau biasanya putih telur dalam bidang kecantikan dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan komedo, kali ini kita akan menfaatkan telur baik putih telur maupun kuningnya untuk merawat rambut kita. Kita bisa membuat masker rambut alami dari telur saja atau menambahkannya dengan bahan lain. Berikut ini adalah cara membuat dan memakainya.

  • Telur. Kocok 2 butir telur bersasma 2 sendok makan air panas. Usahakan jangan air yang baru mendidih karena malah akan mematangkan telur. Terapkan pada rambut dan pijat bagian kulit kepala. Diamkan selama 10 – 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Telur dan Minyak Zaitun. Campur dan kocok satu butir telur, 4 sendok makan minyak zaitun, 6 sendok makan minyak kelapa. Banyaknya minyak zaitun dan minyak bisa menyesuaikan panjang pendek atau ketebalan rambut anda. Setelah tercampur kamu bisa mengoleskannya pada rambutmu lalu tutup rambutmu menggunakan shower cap selama 15 – 20 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih. (baca : manfaat minyak zaitun)
  • Telur dan Yoghurt. Campurkan satu butir telur yang telah disingkirkan bagian kuningnya dengan 6 sendok makan yoghurt. Setelah tercampur sempurna, balurkan pada rambut lalu diamkan selama 15 – 30 menit. Kamu bisa keramas dengan shampoo yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan sisa masker rambut.
  • Telur dan Pisang. Pisang bukan hanya enak dimakan, sekarang kamu bisa memanfaatkan pisang untuk merawat rambutmu yang rusak dengan cara menghaluskan satu buah pisang dan mencampurkannya dengan sebutir telur, 5 sendok teh minyak zaitun dan 2 sendok teh madu. Terapkan pasta masker rambut tersebut dan lakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Bungkus dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat dan biarkan selama 15 – 30 menit baru kemudian cuci dengan shampoo yang biasa kamu gunakan. (baca : kandungan dan manfaat pisang)
  • Telur dan Wortel. Campurkan satu butir telur yang diambil bagian putihnya saja dengan parutan satu buah wortel. Balurkan masker rambut tersebut ke rambut secara merata dan diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas hingga bersih. (baca : manfaat wortel)

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2