≡ Menu
werno-werno.com

Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Pedas

Apakah kamu suka selera pedas, kalau iya, coba resep masakan nasi bakar ayam pedas dari kami. Melihat namanya, tentunya bahan yang tidak bisa ditinggalkan adalah nasi. Dalam hal ini saya asumsikan kamu telah menanak nasi sebanyak 6 ons yang telah dicampur dengan mentega untuk enam porsi.  Selain nasi, bahan perlengkapan yang perlu kamu tambahkan adalah kering tempe, oseng kacang panjang, dan telur pindang. Setelah semuanya siap, saatnya membuat ayam pedas dengan bumbu dan bahan yang dibagi menjadi dua bagian;

Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Pedas

  1. Bumbu pertama adalah bumbu yang telah dihaluskan;

Siapkan bawang merah sebanyak lima siung, bawang putih tiga siung, cabai merah besar 6 buah, cabai rawit 15 buah (bisa ditambah jika kamu ingin yang super pedas), kunyit yang telah dibakar, terasi matang, garam, dan gula pasir masing-masing satu sendok teh, bahan yang terakhir adalah ½ sendok teh merica bubuk.

  1. Bumbu & bahan yang kedua;

Sediakan satu ekor ayam, potong menjadi 30-50 bagian sesuai selera kamu, daun jeruk sebanyak dua lembar, serai dua batang kemudian memarkan, daun salam dua lembar, lengkuas secukupnya, santan kelapa 500 ml dari satu buah kelapa, air asam jawa dan minyak goreng masing-masing dua sendok makan.

  1. Cara membuatnya

Setelah semua bahan dan bumbu siap, selanjutnya adalah cara membuat nasi bakar ayam pedas tersebut, berikut langkah-langkahnya;

  • Tuangkan minyak dalam wajan, kemudian masukkan bumbu yang kedua (bumbu yang sudah dihaluskan) hingga berasa aroma harum. Selanjutnya masukkan serai, salam, daun jeruk, lengkuas. Yang terakhir, masukkan ayam lalu aduk hingga berubah warnanya.
  • Tambahkan air asam jawa dan santan. Masak hingga kuahnya habis lalu angkat.
  • Tata nasi dan ayam pedas di daun pisang, tambahkan kering tempe dan telur pindang. Bungkus dan panggang di atas bara api hingga daun mengering. Sajikan selagi hangat untuk enam orang.

Demikian resep cara membuat nasi bakar ayam pedas, semoga bermanfaat dan Selamat mencoba. Nantikan resep masakan selanjutnya dari werno-werno.com.

4 comments… add one

Leave a Comment