Cara Membuat Sendiri Smoothies Enak & Lezat

by Ummi on June 27, 2015

Smoothies! Kalau mendengar kata ini, apa yang terlintas di pikiranmu? Pasti berkaitan dengan sejenis minuman yang diblender, yang memiliki tekstur lembut dan kental dengan pilihan berbagai macam rasa. Smoothies kini menjadi tren minuman tersendiri di zaman yang serba sibuk dan praktis sekarang ini, karena smoothies bisa dibuat dalam waktu cepat dengan cara yang mudah. Bahkan, minuman yang dulu pernah populer di tahun 60-an ini sudah bisa kamu jumpai di banyak toko makanan, supermarket, dan menjadi menu andalan di berbagai restoran dan kafe-kafe.

cara membuat smoothies enak

Daripada kamu harus membeli smoothies dengan harga yang relatif mahal, lebih baik cobalah untuk membuat sendiri smoothies di rumah. Selain kamu bisa menentukan sendiri bahan-bahannya, hasilnya tentu akan lebih higienis dan memuaskan bukan? Berikut akan kami ulas panduan cara membuat smoothie nikmat dan lezat sendiri di rumah;

Bingung harus mulai dari mana? Yang pertama perlu disiapkan guna membuat smoothie yang sempurna adalah :

Pemanis
Tambahkan sedikit pemanis ke dalam smoothie-mu entah itu untuk menambah rasa atau untuk mengimbangi rasa getir dari sayuran hijau atau bahan yang lainnya. Yang bisa kamu jadikan untuk pemanis smoothie adalah : Madu, kurma, gula kelapa atau gula pasir serta aneka macam sirup siap pakai.

Buah-buahan segar / buah beku
Jenis buah yang akan kamu pilih akan berperan besar dalam menghadirkan rasa di smoothie-mu. Menggunakan buah beku sebagai ganti buah segar akan lebih mudah guna menambah kekentalan instan ke dalam smoothie-mu.
Buah yang bisa kamu pilih untuk bahan utama smoothie lezat diantaranya : Pisang, aneka buah berries, mangga, cherry, kiwi, dan nanas.

Cairan
Jumlah cairan yang kamu guakan, akan membantu untuk menentukan seberapa kental smoothie-mu nantinya. Cairan untuk membuat smoothie :
Air, susu sapi, susu alternatif seperti susu almond dan susu kedelai, air kelapa, seduhan teh atau kopi.

Bubuk protein
Penggunaan bubuk protein dalam smoothie telah begitu booming di beberapa tahun terakhir. Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk hampir setiap jenis diet atau gaya hidup yang sedang kamu jalani dengan cakupan rasa yang luas pula, yakni :
Protein Whey, protein Csei, protein kacang, protein putih telur dan protein biji rami.

Sayuran hijau
Sebagian besar dari kita masih belum mengkonsumsi asupan sayuran yang cukup. Membuat smoothie berbahan sayuran adalah cara mudah dan lezat untuk menyisipkan beberapa jenis sayuran hijau ke dalam makanan sehari-hari. Jenis sayuran yang bisa kamu coba adalah :
Timun, sawi, bayam, bit hijau, daun dandelion atau daun mint.

Bahan pengental
Tambahkanm konsistensi yang lebih kental dan creamy ke dalam smoothie-mu, disamping juga memberi tambahan nutrisi, dengan menggunakan pilihan bahan berikut ini :
Alpukat, bubuk protein dan biiji rami.

Jika kamu masih juga tetap bingung, berikut akan kami sertakan beberapa resep smoothie yang bisa mulai kamu pelajari cara pembuatannya :

1. Smoothie strawberry dan peach
– ½ kaleng peach beku
– ½ buah pisang matang
– 1 cup yogurt
– 1 cup susu
– 2-4 sdt sirp/ madu
– 1 cup strawberry beku

2. Smoothie hijau
– 1 sdt biji chia
– 1 sdt jahe / kayu manis bubuk
– 1 cup es batu
– ½ – 1 cup buah hijau (bisa melon atau alpukat, pisang)
– ½ cup sayuran hijau (bisa sawi / bayam)
– ½ cup air
– 1 sdm madu

3. Smoothie Protein
– 1 sdm selai kacang
– ½ cup pisang
– 1 scoop bubuk protein
– 1 cup es batu
– ½ cup bayam
– ½ cup air

Cara membuat : MaSukkan semua bahan-bahan tersebut di atas ke dalam blender, lalu campur hingga merata dan memiliki tekstur lembut dan kental,  kemudian smoothie sehat & lezat sudah bisa kamu nikmati. Sajikan.