Cara Membuat Warna Cat Rambutmu Lebih Tahan Lama

by Ummi on October 21, 2015

Apakah kamu pernah mengalami, kamu sangat gembira keluar dari salon, dengan warna cat rambut sempurna, dan merasa kamu seperti berada di puncak dunia? Namun segera setelah beberapa minggu kedepan, dan setelah penggunaan beberapa botol shampoo, kamu akan menemui warna cat rambutmu sudah memudar dan kembali ke bentuknya semula. Jika kamu ingin warna cat rambut favoritmu tetap awet dan tahan lama, maka gunakan beberapa trik untuk mempertahankan warna cat rambut berikut ini :

merawat warna cat rambut

Manfaatkan waktu olahragamu

Semakin lembab rambutmu, maka akan semakin ia lebih baik dalam menahan warna. Ian Mc Cabe, seorang pewarna rambut selebriti di Washington, menyarankan untuk memanfaatkan sesi gym sebagai waktu untuk merawat helai rambut untuk mendapatkan dosis ekstra dari kelembaban. Namun, gunakan terlebih dulu minyak kelapa untuk melembutkan ujung rambutmu, dan kepang rambutmu sebelum berolahraga. Panas yang keluar dari olahraga  akan membantu mengunci kelembaban.

Tambahkan filter

Filter yang kita bicarakan disini bukan filter editing foto, akan tetapi filter yang dipasang pada pancuran showermu. Dengan memasang penyaring pada pancuran shower, bisa membantu menghilangkan sedimen mineral (penyabot yang membuat rambut pirang menjadi kusam dan rambut coklat (brunette) menjadi seperti kuningan) dari air. Filter ini bisa menghilangkan klorin, endapan sabun, dan metal berat sebelum mereka bisa mengacaukan warna cat rambutmu.

Gunakan ramuan alami

Gunakan cuka sari apel untuk membuat warna cat rambutmu tetap awet. Sebulan sekali, campurlah satu bagian cuka apel dengan tiga bagian air, dan gunakan campuran ini untuk membilas helai rambutmu seusai menggunakan shampoo dan kondisioner regulermu. Pembilasan ini akan menyegarkan highlight dan meningkatkan kilau dengan cara menghapus endapan mineral yang membuat kusam yang terkumpul pada batang rambut.

Matikan kran air panasmu

Meski mandi air panas akan terasa nyaman, kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa hal tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Dengan tidak mengecilkan suhu kran airmu, bisa melarikan kesempatanmu untuk memiliki warna cat rambut yang hebat. Air yang super panas akan membuka kutikula dan melunturkan pewarnanya.

Tambahkan lapisan atas (top coat)

Pertahankan warna cat rambutmu dan tingkatkan kilaunya diantara beberapa sesi dengan cara menjadwalkan perawatan glossing di salonmu. Ini hampir sama seperti penggunaan lapisan top coat yang kamu dapatkan saat melakukan manikur (pengecatan kuku). Dan hal ini juga akan menetralisir brassines (berubah seperti kekuningan) pada warna cat rambut dan menutup kutikula rambut sehingga bisa memancarkan cahaya dan terlihat segar. Cobalah perawatan ini sesering mungkin di tiap bulannya. Namun untuk hasil terbaik, jangan gunakan perawatan glossing ini sendiri di rumah, karena bisa mengacaukan usaha yang telah dilakukan colorist untukmu.

Gunakan topi

Jika pada saat cuaca panas seperti sekarang ini, maka sangat penting untuk melindungi cat rambutmu dari sinar UV, yang akan memudarkan warna cat rambutmu seperti ia mengelupas cat dari furniturmu. Sebaiknya, gunakan topi atau scarf saat berada diluar ruangan untuk menjaga warna rambutmu tetap cerah.

Gunakan tabir surya

Di rambut? Yap, memang benar. Kamu bisa melawan paparan sinar UV dengan memakai produk kondisioner yang mengandung SPF bawaan. Produk tersebut akan melindungi dan melembutkan rambut tanpa membuatnya menjadi berminyak.

Jangan terlalu sering memakai shampoo

Mencuci rambutmu terlalu sering akan lebih banyak menyakitkan daripada memberikan kebaikan bagi warna cat rambutmu. Deterjen yang dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran dari kulit kepala bisa menyebabkan warna cat rambutmu memudar lebih cepat. Untuk menangguhkan keramas tanpa harus menderita rambut yang tampak berminyak, berinvestasilah untuk membeli sampo kering (dry shampoo) yang bagus, dan terapkan di sepanjang garis rambutmu sebelum menata rambut.

Tatalah rambutmu dengan cerdas

Menata rambut dengan gaya yang kreatif bisa membantumu tetap bisa lolos dengan rambut yang tidak dikeramasi. Taruh shampoo kering di akar rambutmu, lalu sedikit sisir terbalik sebelum mengaduknya menjadi jambul yang setengah naik. Tidak akan ada yang tahu jika kamu sudah menjalani lima hari pergi tanpa keramas.

Gunakan produk shampoo yang khusus

Jika kamu ingin mencuci rambutmu (keramas), sebaiknya gunakan krim pencuci yang menghidrasi, tetapi tidak sebelum membawanya ke colorist langgananmu dan meminta dia untuk mewarnainya untukmu. Ini akan membantumu dengan benar dalam mempertahankan warna yang tepat dengan setiap pencucian rambut.