Cara Memilih Alas Bedak Sesuai Warna Kulit & Jenis Kulit

by Ummi on August 29, 2013

Kalau kamu memang ingin memakai alas bedak buat menyempurnakan riasan, nggak salah juga sih. Tapi, be aware, kamu harus memilih produk yang tepat, sedekat mungkin dengan warna kulit, sehingga waktu selesai, alas bedak benar-benar menjadi ‘alas’ yang sesuai buat kamu, bukan menjadi topeng masker yang membuatmu terlihat aneh seperti badut. Pilih alas bedak yang sesuai dan semirip mungkin dengan kulit wajah kamu, begini caranya;

Tips memilih Alas bedak

  • Langkah pertama, cari tahu, apakah kulit wajah kamu cenderung memilki warna yang kekuningan (hangat) atau kemerahan (dingin). Cara mengetahui adalah sebagai berikut;
  1. Oleskan pemerah pipi atau pemulas mata berwarna perak dan emas ke pipimu.
  2. Setelah itu, perhatikan, di antara kedua warna itu, mana yang terlihat paling sesuai, apakah emas atau perak.
  3. Kalau kamu terlihat cocok pakai warna emas, itu artinya kamu memiliki nuansa warna kulit yang hangat. Kalau sebaliknya, yaitu cocok sama warna perak, nuansa warna kulit kamu cenderung dingin.
  • Setelah kamu mengetahui nuansa warna kulitmu, kamu baru memilih warna yang sesuai buat alas bedak. Untuk nuansa warna kulit yang hangat, warna-warna yang sesuai adalah warna-warna kuning dan turunannya. Sementara buat nuasansa warna kulit yang dingin, warna yang cocok adalah warna-warna merah muda dan turunannya.
  • Kalau kamu ingin beli alas bedak, selalu coba lebih dulu sedikit saja di kulit pipi. Ini lebih gampang daripada kamu mengira-ngira apakah warna itu cocok atau nggak di kulit kamu.
  • Buat kulit wajah kering, pilih alas bedak yang berbentuk krim, karena teksturnya lebih lembut dan padat, jadi wajah kamu akan terlihat lembab.
  • Kalau kulit wajah kamu normal, pilih alas bedak dengan tekstur apa saja, bisa krim atau padat, karena kulit normal tidak ada masalah.
  • Nah, kalau kulit kamu berminyak, pilih alas bedak yang cair atau berbahan dasar air. Alas bedak semacam ini lebih mudah menyatu sama kulit berminyak dan juga tingkat kelembabannya lebih ringan, jadi dandan kamu nggak mudah luntur dan kelihatan berminyak

Masih bingung dan nggak punya bayangan bagaimana cara memilih alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit kamu, silakan pelajari tabel berikut ini.

Jenis Bedak Tampilan Kelebihan Cari Yang Perhatikan

Bentuk Cair

Namanya juga berbentuk cair, jadi pastinya seperti air dan umumnya dalam kemasan botol. Ada beberapa alas bedak cair yang lebihkental seperti pasta, ada juga yang lebih ringan dan memberikan hasil lebih mulus Pemakaiaan alas bedak jenis ini menghasilkan efek lembab, jadi cocok buat kulit kering. Kalau kamu tertarik, beli alas bedak yang mengandung partikel untuk mencerahkan, jadi kulit kamu terlihat shiny, lebih bercahaya dan tidak kelihatan kering. Buat kulit berminyak yang memakai alas bedak jenis ini, mungkin akan membutuhkan kertas minyak dan bedak buat menghilangkan kesan berminyak terlalu banyak

Bentuk Krim & Tabur

Biasnya berbentuk solid atau padat, kadang kemasannya mirip dengan bedak tabur Kamu bisa membawa alas bedak ini lebih gampang, karena nggak gampang tumpah. Bisa dilengkapi pemakiaannya menggunakan kuas, agar lebih mudah dan merata Carilah alas bedak jenis ini yang memilki tekstur ringan, karena lebih gampang buat memakainya secara merata di permukaan kulit wajah kamu Jika kulit wajah kamu kering, alas bedak jenis ini semakin membuat kulit kamu terlihat kering, bahkan kadang pecah-pecah.

Bubuk Mineral

Alas bedak ini berbentuk tabur, seperti bedak, yang dilengkapi dengan kuas untuk memakainya. Cara memulas alas bedak yaitu dengan gerakan melingkar memakai kuas. Alas bedak jenis ini cocok bagi kulit berminyak, karena mineral yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengurangi kelebihan minyak Carilah alas bedak jenis ini yang mengandung tabir surya, Karen kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus; memberikan efek riasan yang lebih bagus sekaligus melindungi kulit dar sinar UV Pastikan kamu memulas alas bedak dengan benar, yaitu dengan gerakan melingkar. Kalau kamu cuma memulas asal-asalan, alas bedak ini tidak akan memberikan efek yang kamu inginkan.

.