Cara Memilih Sabun Muka Sesuai Jenis

by Siti Eka Kurniyati on December 7, 2015

Bagian wajah memiliki kulit yang lebih tipis dan halus dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya. kamu memerlukan sabun khusus untuk membersihkan wajahmu dan tidak menggunakan sabun mandi biasa.

tips memilih facial wash sesuai jenis kulitAda berbagai jenis facial wash atau sabun wajah yang beredar di pasaran. Terkadang wanita tidak terlalu teliti memilih jenis sabun wajah yang mana yang bagus untuk jenis kulit yang  mereka miliki. Nah, kami akan membagikan tips memilih sabun wajah yang tepat untuk setiap jenis kulit, simak ulasannya di bawah ini.

Sabun Wajah untuk Kulit Berjerawat

Punya masalah dengan jerawat di wajah? Kamu perlu sabun wajah yang bisa membasmi jerawat dan mencegah jerawat timbul kembali di wajah. Bacalah ingredients atau bahan pembuat facial wash yang akan kamu beli dan pastikan jika sabun wajah tersebut mengandung bahan kimia seperti belerang dan seng. Hindarilah sabun wajah dengan scrub karena scrub malah akan membuat jerawat kamu semakin parah. Pasalnya, scrub digunakan untuk mengelupas atau menghilangkan sel kulit mati, jika kamu menggosokkan facial wash berbahan scrub ke bagian jerawat, kulit yang terdampak jerawat akan semakin terluka dan bakteri yang ada di jerawat malah akan menyebar. (baca: bahan dapur untuk mengatasi jerawat dan cara cepat menghilangkan bekas jerawat)

Sabun Wajah untuk Kulit Kering

Sebagian besar wanita mengalami masalah kulit kering dan yang paling dipermasalahkan adalah pada kulit wajah. Untuk mengatasi hal tersebut kamu sebaiknya memilih facial wash yang mengandung bahan pelembab seperti minyak zaitun, susu, minyak bunga matahari, cocoa butter dan yang lainnya. Jangan asal memilih karena sabun biasa malah akan membuatmu kehilangan minyak alami yang dihasilkan tubuh. Dan juga sebisa mungkin jangan terlalu sering menggunakan facial wash yang mengandung scrub karena scrub akan membuat kulit semakin kering. (baca : cara alami mengatasi kulit kering)

Sabun Wajah untuk Kulit Berminyak

Minyak memang akan membuat kulit anda lembab dan kenyal. Namun, jika kulit berminyak secara berlebihan juga tidak bagus karena akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Untuk itu, pilihlah facial wash yang oil free, jangan takut kulitmu menjadi kering karena sesungguhnya semua jenis sabun itu mengandung minyak. Untuk yang lebih khusus lagi, gunakankanlah sabun wajah yang mengandung lavender atau chamomile. (baca : cara merawat kulit berminyak)

Sabun Wajah untuk Kulit Berkomedo

Komedo sering muncul di daerah wajah bagian hidung, dibawah kantung mata atau di bagian bawah bibir. Sabun wajah yang cocok untuk komedi adalah facial wash yang mengandung scrub. Scrub akan menghilangkan komedo sekaligus mengelupas sel kulit mati. (baca : cara mencegah dan mengatasi komedo)

Sabun Wajah untuk Kulit Pigmentasi

Pigmentasi adalah masalah kulit yang menyebabkan warna kulit yang tidak merata atau timbul bintik hitam. Pigmentasi pada kulit wajah tentu akan mengganggu penampilan kamu dan akan membuat rasa percaya dirimu turun. Sabun wajah yang cocok untuk kulit yang mengalami pigmentasi adalah sabun wajah yang mengandung pemutih. Tapi pastikan bahwa pemutih tersebut bukanlah pemutih berbahaya. Pemutih alami adalah kunyit, ekstrak lemon dsb. (baca :  cara mengatasi pigmentasi)

Sabun Wajah untuk Kulit Sensitif

Pilihlah sabun wajah yang mengandung sedikit parfum atau tidak memakai parfum sama sekali, juga mengandung pH yang seimbang. Hindari juga sabun wajah yang mengandung antibakteri dan deodorant.

Sabun Wajah untuk Kulit Normal

Jenis kulit ini bisa mengkondisikan masalah yang sedang dihadapi, ketika kulit tiba-tiba berminyak maka pilihlah sabun wajah yang  oil free alias bebas minyak, begitu pula sebaliknya, jika wajah dirasa kering maka gunakan facial wash berpelembab.

Itu dia tadi tips memilih facial wash yang tepat untuk berbagai jenis kulit. Sekarang kamu tau kan sabun muka yang cocok untukmu. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂