Cara Memilih Warna Rambut Sesuai Jenis Kulit

by Siti Eka Kurniyati on December 16, 2015

Bosan dengan warna rambutmu yang itu itu saja? Ingin melakukan gebrakan penampilan baru dengan mengubah warna rambutmu? Mewarnai rambut bisa menjadi salah satu alternative kamu untuk mengubah image tampilan diri selain dengan mengubah model rambut supaya jadi cantik.

tips memulih warna rambut yang cocok dengan warna kulitNamun, sebelum kamu memutuskan untuk mengganti warna rambutmu. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan lebih dulu. Salah satunya yaitu warna rambut yang sesuai warna kulit yang kamu miliki. Hal ini sangat berpengaruh pada penampilan kamu selanjutnya, salah salah kamu memilih warna rambut malah akan memperburuk penampilanmu. Kamu tentu pernah memperhatikan seseorang dengan warna rambut pirang terang padahal orang tersebut memiliki kulit yang gelap. Tidak cocok bukan? Nah, sebelum kamu menentukan warna rambut yang cocok untukmu, kenali dulu jenis warna kulit apa yang kamu miliki. Caranya kamu bisa baca disini : Cara Menentukan Rona Warna Kulit Under Tone

Selain warna kulit, ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan sebelum kamu melakukan pewarnaan pada rambutmu yaitu Model Pewarnaan Rambut. Baca juga Tips Mengecat Rambut Sendiri dan Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Mewarnai Rambut di Rumah. Nah jika kamu sudah membaca keseluruhan tips tersebut, sekarang waktunya kita memilih warna rambut sesuai warna kulit.

Kulit Sawo Matang

Jenis wana kulit yang satu ini dimiliki hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Warna rambut untuk kulit sawo matang adalah pada level warna yang tidak terlalu tinggi dan maksimal pada level lima (dari sepuluh level) dengan warna yang cenderung dingin untuk mendapatkan warna rambut yang natural. Warna tersebut adalah cool brown, reddish brown, merah sedang, plum, pirang gading (beige), pirang keemasan, cinnamon, brunette, medium copper, auburn, caramel, dan burgundy juga tren pewarnaan rambut ombre hair dengan warna-warna yang telah disebutkan. Bagi yang memiliki kulit sawo matang, hindarilah warna rambut seperti pirang terang, merah keunguan seperti warna terong, ashy blond, orangey blond, hitam kemerahan, hijau, kuning, biru.

Kulit Cerah atau Kuning Langsat

Warna kulit kuning langsat juga dimiliki sebagian orang Indonesia. Warna rambut yang cocok untuk kuning langsat adalah warna-warna mahogany seperti keemasan. Warna lain yang cocok adalah strawberry blonde, cokelat sedang, cokelat kemerahan, pirang terang, hitam kecokelatan, cokelat tua. Hindarilah warna-warna yang terlalu kontras dengan warna kulit kuning langsat milikmu karena akan membuat kulitmu terlihat pucat seperti warna merah tua, burgundy, ultra black. Juga hindari warna-warna yang membuat kamu tidak menonjol seperti putih, ash, pirang kemerahan.

Kulit Pucat

Warna kulit yang satu ini cocok dengan warna rambut silver, putih dan gold. Untuk warna kulit yang satu ini lebih baik menghindari warna rambut yang terlalu kontras seperti merah tua, hitam dll karena akan membuat kulit tampak lebih pucat.

Kulit Hitam Manis atau Kulit Gelap

Warna rambut yang cocok untuk jenis kulit seperti ini adalah warna yang juga gelap seperti cokelat tua, espresso, medium auburn, chestnut brown, pirang gelap, caramel, jet black. Bagi kamu yang memiliki kulit gelap, hindarilah warna-warna kontras seperti ultra merah karena akan membuat kulit kamu malah nampak kekehijauan, atau warna-warna terang seperti pirang, putih, abu-abu karena akan membuat rambutmu malah terlihat seperti rambut palsu.