Cara Memutihkan Kulit Tubuh

by Siti Eka Kurniyati on November 25, 2015

Bagi wanita Indonesia, memiliki kulit mulus sehalus pualam adalah impiannya. Bukan hanya kulit wajah saja, tapi putih lembut pada seluruh permukaan kulit tubuh. Namun, kebanyakan perawatan yang ditawarkan produk kecantikan hanya untuk area wajah saja. Dan tak jarang, bagi sebagian wanita yang kurang sabar, mereka memilih produk kecantikan yang menjanjikan hasil cepat tanpa memperdulikan bahwa itu adallah kosmetik berbahaya atau bukan. (baca : Ciri Kosmetik Berbahaya)

cara memutihkan kulit tubuh dengan alami

Untuk cara memutihkan seluruh tubuh kamu bisa melakukannya dengan membuat lulur alami. Ada berbagai bahan disekitarmu yang bisa kamu jadikan untuk resep membuat lulur alami untuk memutihkan kulit tubuh. Bahan apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini :

Beras dan Madu

Di Negara kita beras memang merupakan makanan pokok, namun sebetulnya kita bisa memanfaatkan butir-butir putih itu untuk membuat lulur alami. Beras memiliki kandungan vitamin B dan E serta squalane oil yang berfungsi untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Madu sendiri memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh tak terkecualil untuk mencerahkan kulit(baca : kandungan dan manfaat madu). Madu memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah radang pada kulit dan mengenyalkan kulit. Bahan yang diperlukan untuk membuat lulur beras dan madu adalah : 1 gelas beras organic dan 1 sendok makan madu. Cuci kemudian rendam beras semalaman. Setelah direndam, tiriskan lalu haluskan beras dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan diblender. Campurkan beras yang telah halus dengan madu dan pasta lulur beras dan madu sudah bisa digunakan. Kamu tinggal mengoleskan lulur tersebut ke seluruh tubuh dan diamkan hingga kering baru kemudian dibersihkan.

Kopi dan Madu

Bahan berkafein ini mempunyai bau yang bisa menenangkan hati kita. Kopi bisa bermanfaat bagi kulit kita untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit kita. Selain itu kopi bisa menghilangkan bau badan dan menutrisi kulit kita menjadi lebih sehat. Bahan yang diperlukan untuk membuat lulur ini adalah kopi yang digiling kasar dan madu, suahakan jangan kopi instan ya. Campurkan kedua bahan tersebut lalu gosokkan keseluruh tubuh lalu diamkan selama 15-30 menit. (baca : fakta unik tentang kopi)

Bengkoang

Bengkoang termasuk buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini juga sering dimanfaatkan ekstraknya untuk membuat produk kecantikan kulit. Kamu bisa menghaluskan bengkoang dengan cara memarut atau memblendernya untuk kamu gunakan sebagai lulur alami memutihkan kulit tubuh.

Alpukat dan Tepung Beras

Alpukat merupakan antioksidan yang baik dengan banyaknya mengandung vitamin E dan omega 3. Hal ini membuat alpukat bisa mencegah penuaan dini. Sifatnya yang antiinflamasi cocok untuk kulit kering untuk tetap menjaga kulit tetap lembab bahkan bagi kamu yang terbiasa berada di ruangan ber AC. Kamu bisa mencampurkan 3 sendok makan tepung beras dengan satu buah alpukat matang yang telah diambil dagingnya dan dihaluskan serta satu sendok makan minyak zaitun. Pasta tersebut bisa kamu gunakan untuk membaluri tubuhmu dan diamkan selama 15 – 30 menit baru kemudian bilas hingga bersih.

Jahe dan Kayu  Manis

Cara membuat lulur yang bisa membuat kulitmu terasa segar dan harum ini adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan kayu manis bubuk, 2 sendok makan jahe bubuk, sesendok teh madu, sesendok teh minyak sayur dan satu sendok makan soda serta 3 sendok makan ekstrak vanilla. Campur kesemua bahan tersebut hingga membentuk pasta dengan  warna agak kemerahan. Terapkan lulur tersebut ke seluruh tubuh dan diamkan sekitar 20 menit kemudian bilas dengan bersih.