≡ Menu
werno-werno.com

Cara Memutihkan Siku & Lutut Yang Hitam Secara Alami

Apakah kamu merasa malu memiliki siku dan lutut yang berwarna hitam? Tentu hal ini membuatmu minder dan kurang percaya diri menggunakan pakaian lengan pendek ataupun rok pendek.padahal kamu sudah mencoba untuk menggosoknya dengan sabun, namun masih belum ada hasilnya bukan?

tips memutihkan siku dan lutut yang hitam

Jangan khawatir ! siku & lutut yang kasar dan kehitaman adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati. Kulit pada siku memang secara alami lebih tebal dan rentan kehilangan kelembaban disbanding dengan bagian kulit yang lain. Diatas semuanya, keausan yang diakibatkan karena kita sering bersandar di atas siku, bisa lebih memperkasar kulit permukaannya dan membuatnya menjadi bersisik.

Jangan abaikan siku dan lutut yang hitam, sementara kamu melakukan ritual perawatan dan melembabkan bagian tubuh yang lain. Untuk memutihkan siku dan lutut yang hitam, kamu tidak usah buru-buru pergi ke salon mahal. Kabar baiknya adalah, kamu bisa mencerahkan lutut dan sikumu yang kehitaman dengan melakukan perawatan rumahan alami yang akan memutihkan dan mengelupas sel kulit mati dari siku dan lutut. Yang terpenting untuk diingat, jangan gunakan salah satu bahan tersebut jika kamu alergi terhadapnya. Berikut ini adalah beberapa ramuan alami untuk memutihkan siku dan lutut yang hitam :

  1. Lemon

Selain sebagai antioksidan yang kuat, lemon juga memiliki sifat memutihkan dan mengelupas sel kulit mati, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi warna kehitaman dan mengelupas sel kulit mati pada berbagai bagian tubuh, termasuk siku dan lutut. Caranya : potong satu buah lemon berukuran besar menjadi dua bagian. Peras air dari kedua irisan lemon. Gosokkan setiap bagian dari irisan lemon ke siku dan lututmu selama 10-15 menit. Gosokkan pula bulirnya. Jauhkan area yang sudah dibersihkan/ digosok dengan lemon dari sinar matahari dengan tetap berada didalam ruangan, atau kamu menutupinya dengan memakai baju yang longgar. Dan, jangan pula meletakkan air di atas area tadi. Lembabkan area tersebut dengan menggunakan Vaseline atau potrelium jelly. Siku dan lututmu akan terasa lebih lembut dan halus. Ulangi proses ini setiap hari selama beberapa minggu untuk dapat melihat perkembangan yang signifikan. Ulangi terus perawatan ini hingga siku dan lututmu menjadi putih dan cerah serta saat diperlukan.

Peringatan : jika lemon terasa menyengat sikumu dan berdampak pada daerah yang berwarna hitam dan tak tertahankan, ini mungkin karena kulitmu super kering. Jika demikian kasusnya, kamu perlu melembabkannya dengan Vaseline pada malam sebelum kamu menggunakan lemon.

  1. Campuran baking soda dan susu

Campur ke dua bahan ini untuk membuat pasta yang kental. Terapkan pasta ini ke siku dan lututmu, lalu gosok dengan gerakan memutar. Ulangi perawatan ini setiap hari atau sesukamu, hingga warna kehitaman pada siku dan lututmu menjadi cerah.

  1. Minyak kelapa & jus lemon

Campur 1 sdt minyak kelapa dengan ½ sdm perasan lemon ke dalam mangkuk kecil. Gosokkan solusi pemutih alami ini ke atas siku dan lutut yang hitam  dan biarkan selama 15-20 menit. Lap kelebihan sisa losion dengan kertas tissue. Minyak kelapa tidak hanya untuk melembutkan, namun juga bekerja sebagai bahan penghidrasi dan pemutih alami.

  1. Perasan lemon segar, minyak zaitun, dan garam

Campur 2 sdm air perasan lemon dengan 1 sdm minyak zaitun dan ½ cangkir garam. Campur semua bahan hingga rata. Jus lemon bertindak sebagai asam yang akan menghilangkan sel kulit mati, memunculkan kulit yang lebih cerah dari dalam, dan juga bekerja sebagai bahan pemutih alami yang lembut. Sifat kasar dari garam membuatnya bekerja sebagai eksfoliator lembut untuk mengangkat sel kulti mati. Sedangkan minyak zaitun bekerja sebagai pelembab. Gosokkan campuran pasta ini ke atas siku dan lutut yang hitam setiap hari selama 10-15 menit untuk melihat perbedaan yang siginifikan dalam beberapa minggu ke depan.

Perhatian : jika daerah yang terdampak pada siku dan lututmu pecah-pecah, hindari menggunakan lemon atau garam sebagai bahan pemutihnya.

  1. Minyak zaitun dan gula

Campur 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt gula untuk membentuk sebuah pasta scrub. Sebelum mandi, gososkkan pasta scrub ini ke atas siku dan lutut yang hitam selama beberapa menit.

Jika salah satu dari bahan di atas tidak ada yang bisa berhasil, maka disarankan untuk mencoba losion pemutih kulit. Setelah menggunakan bahan di atas, maka ingatlah untuk melembabkan kulitmu dengan minyak kelapa atau Vaseline untuk mencegah daerah tersebut kembali menjadi hitam. Terapkan ramuan tersebut setiap hari dan secara konsisten, dan bersabarlah!

0 comments… add one

Leave a Comment