Cara Mencegah Dan Menghilangkan Noda Keringat Di Baju

by Ummi on June 2, 2017

Kita semua pasti berkeringat. Itu adalah kenyataan hidup yang tak bisa kita hindari. Beberapa dari kita mungkin mengeluarkan lebih banyak keringat daripada yang lain, namun pasti semua memiliki noda keringat di baju kita. Karena noda keringat bisa sangat susah dan menghabiskan banyak waktu untuk dihilangkan, maka yang terbaik adalah untuk melakukan pencegahan. Namun jika nodanya sudah terlanjur membekas di bajumu, ada beberapa teknik yang bisa membantumu untuk menghilangkannya ;

mencegah noda keringat

Penyebab noda keringat

Ketika baju putih kita mulai berwarna semburat kuning di sekitar ketiak, kita mungkin berasumsi bahwa keringatlah yang menjadi penyebabnya. Kita mungkin 50% benar. Namun penyebab sebenarnya dari noda kekuningan ini adalah campuran dari mineral, terutama garam, yang terdapat dalam keringat dengan bahan-bahan yang terdapat dalam produk deodorant atau antiperspirant yang kita gunakan, terutama aluminium. Kombinasi inilah yang membuat noda kekuningan pada baju putih kita dan tidak menghilangkan warna pada area ketiak baju berwarna kita.

Langkah pencegahan

Salah satu cara untuk mencegah noda ini adalah dengan mengenakan kaus untuk dalaman yang lebih murah. Baju ini akan menyerap lebih banyak residu, menjaga kemeja luar yang lebih bagus agar tidak ternoda. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan perisai pakaian. Perisai ini berupa lapisan kain atau kertas ketiak yang berfungsi sebagai spons, menyerap keringat dan mencegah kelembaban mencapai pakaian.

Jika tidak ada satu pun dari pilihan ini yang tampak menarik bagimu, kamu dapat membantu mencegah noda berlebih dengan tidak terlalu banyak menggunakan deodoran. Mengoleskan deodorant dengan lapisan yang tebal mungkin tampak seperti akan membantu mencegah noda dengan mencegah keringat, tapi kelebihan deodoran itu akan meresap langsung ke kain di daerah ketiakmu sehingga meninggalkan noda.

Ada ide bagus lain yakni dengan membiarkan deodoran mengering sepenuhnya sebelum kamu mengenakan pakaian. Sebagai upaya terakhir, kamu juga bisa mencoba menggunakan produk deodoran yang baru. Ada deodoran yang bebas dari aluminium atau memiliki kandungan aluminium yang lebih sedikit dibanding yang lain. Penggantian produk ini bisa juga membantu mencegah noda. Apapun metode pencegahan yang kamu pilih, pastikan untuk mencuci atau mengeringkan pakaian bersih yang telah terkena keringat dengan cepat. Ingat salah satu aturan tentang noda secara umum, bahwa noda yang masih baru lebih mudah dihilangkan daripada noda yang berulang dan kering.

Cara menghilangkan noda keringat

Jika bajumu terlanjur terkena noda keringat, maka untuk menghilangkannya tergantung pada seberapa lama noda tersebut sudah ada dan warna dari bajumu. Jika bajum dalam kategori dry clean only,maka bawa baju tersebut ke laundry khusus dry clean dan pastikan untuk menunjukkan area mana saja yang membutuhkan ekstra waktu untuk dibersihkan.

Untuk baju putih yang bisa dicuci dengan mesin cuci, ada dua metode yang bisa kamu gunakan :

Metode 1 :

Buatkah campuran dari bagian yang sama antara baking soda, hydrogen peroksida, dan air. Mulailah dengan menggunakan seperempat cup dari masing-masing bahan tadi. Ini seharusnya sudah cukup untuk 1 kemeja. Kamu bisa melakukannya di wastafel atau di permukaan meja dapur. Jika kamu memilih untuk menggunakan meja, taruhlah handuk putih untuk melindungi permukaannya.

Gosok campuran ke daerah yang terkena noda menggunakan sikat cuci atau sikat gigi bekas. Ini akan membantu agar solusinya bisa merasuk ke dalam serat pakaian. Diamkan sampai 30 menit. Cuci campuran tadi menggunakan air dingin atau hangat. Jangan gunakan air panas, karena akan semakin menetapkan nodanya. Jika masih belum berhasil, ulangi hingga bersih atau kamu bisa mencoba metode yang ke dua berikut ini ;

Metode 2  :

Dalam metode ini, kamu membutuhkan bagian yang sama anatara oksigen bleach, dan ammonia. Mulailah dengan menggunakan 1-2 sendok makan dari masing-masing bahan. Pastikan tempatmu mencuci memiliki ventilasi udara yang cukup, karena larutan ini akan berbau sangat menyengat. Dan jangan lupa menggunakan sarung tangan. Gosokkan campuran ini ke area yang terkena noda keringat dan biarkan selama hanya 30 detik hingga 1 menit sebelum kamu membilasnya dengan air dingin atau hangat.

Jika pakaianmu mulai berubah warna akibat noda ketiak, maka ide bagus untuk menggantungnya di luar ruang atau di dalam ruang agar kering daripada menggunakan mesin pengering.

Untuk baju yang berwarna gelap, metode di atas bisa saja merusak warna bajumu. Sebagai ganti, rendam bajunya dalam air dingin yang dicampur dengan 1 ½ cup cuka putih. Lalu cuci seperti biasa dan gantung agar kering.

Untuk baju yang berwarna terang, kamu bisa mencoba salah satu metode untuk baju putih pada bagian dalam baju (yang tersembunyi) untuk melihat apakah bisa melunturkan warnanya. Jika iya, maka gunakan metode cuka seperti untuk baju berwarna gelap.