Cara Mencegah Global Warming Agar Tidak Bertambah Parah

by Ummi on September 15, 2015

Di zaman seperti sekarang ini, pemanasan global alias global warming terasa semakin bertambah parah. Definisi Global warming sendiri adalah suatu peristiwa dimana suhu rata-rata permukaan lapisan atmosfer dan permukaan bumi kita menjadi meningkat. Seperti kita tahu, alasan utama dari global warming adalah melepaskan terlalu banyak gas rumah kaca (yakni metana) dengan memakan daging dan menempatkan sampah organik ke dalam tempat pembuangan sampah. Selain itu, pencairan lapisan es dan CO2 ke atmosfer dengan membakar terlalu banyak bahan bakar fosil juga ikut andil dalam menyebabkan global warming.

gerakan ramah lingkungan

Sekarang, masalah yang paling mendesak adalah menemukan solusi tepat untuk mencegah global warming agar tidak semakin bertambah parah lagi dan lagi. Banyak orang berpikir, menemukan solusi bagaimana cara mencegah global warming semakin bertambah parah, merupakan tugas penting dari pemerintah. Namun bagaimanapun juga, mengandalkan upaya dari pemerintah saja tidaklah cukup untuk mencegahnya. Kita jangan berpangku tangan dan hanya menunggu upaya pemerintah saja untuk mengatasi masalah ini.

Setiap tindakan yang kamu lakukan bisa mempengaruhi lingkungan disekitarmu, seperti caramu bergerak, benda yang kamu gunakan, dan lainnya. Jika kamu juga ingin ikut andil dalam membantu pemerintah mengurangi efek negatif dari global warming, ikuti langkah-langkah untuk mencegah semakin buruknya dampak global warming berikut ini :

Transportasi ramah lingkungan

Transportasi ramah lingkungan adalah salah satu cara bagus dalam mencegah global warming semakin bertambah buruk. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan hybrid atau elektrik sebagai ganti dari sepeda motor atau mobil yang menggunakan bahan bakar fosil. Atau paling tidak, kamu bisa mengurangi penggunaan kendaraan dan semakin sering menggunakan sepeda, dan berjalan sebanyak mungkin. Semua aksi ini bisa membantu membatasi emisi rumah kaca di udara, salah satu penyebab utama yang menyebabkan global warming.

Menghemat energi

Bayangkan jika setiap orang melakukan tindakan untuk menghemat energi setiap hari, berapa banyak energi yang bisa dihemat oleh orang diseluruh dunia? Jika masing-masing dari kita memiliki ide untuk menghemat energi untuk melindungi lingkungan dan mencegah global warming, kehidupan lingkungan sekitar kita akan semakin lebih baik. Untuk bisa menghemat energi, kamu tidak perlu melakukan aksi besar.

Semua aktivitas harianmu bisa mencegah global warming jika kamu mau memperhatikan dengan seksama. Misalnya saja, dengan mengurangi penggunaan listrik didalam rumahmu. Kamu bisa menggunakan lampu flourescent hemat energi di dalam atau di sekitar rumah, daripada menggunakan lampu bohlam. Kamu juga bisa memilih menggunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi untuk meminimalkan efek negatif pada lingkungan.

Cara lain untuk menghemat energi adalah, dengan mematikan alat-alat elektronik yang sudah tidak digunakan lagi, seperti lampu dan TV untuk menghemat biaya dan listrik. Tindakan lain adalah mengeringkan bajumu dengan menggunakan sinar matahari langsung daripada menggunakan pengering mesin cuci, membatasi penggunaan pemanas ruangan, menggunakan kembali tas belanja yang sudah ada, dan beralih ke listrik ramah lingkungan.

Reuse & recycle

Menggunakan ulang dan mendaur ulang segala hal juga bisa menjadi salah satu cara efektif dalam mencegah global warming semakin bertambah buruk. Reuse & recycle bisa membatasi sampah yang tidak bisa didaur ulang, dan berkontribusi untuk mengurangi polusi lingkungan.

Ada banyak benda yang bisa kamu Reuse & recycle. Misalnya saja menggunakan kertas daur ulang dari sampah sebanyak mungkin, menggunakan kembali tas kresek belanjamu, menggunakan kantong plastik, botol, atau kaleng daur ulang, dan masih banyak lagi.

Mengurangi daging dan memakan makanan produksi lokal

Saat ini, banyak tersedia makanan beku dan kaleng di supermarket yang berasal dari seluruh dunia. Bagaimanapun juga, semua makanan ini membutuhkan banyak gas  rumah kaca selama proses transportasi, pengepakan, dan konservasi. Untuk itu, kurangi sebisa mungkin mengkonsumsi makanan beku atau kaleng.

Atau, kamu bisa memilih makanan vegetarian (tidak menggunakan daging) sebagai gantinya. Bisanya, makanan ini tidak memerlukan terlalu banyak gas rumah kaca untuk produksinya. Selain itu, memakan makanan vegetarian sebagai ganti makanan kaleng, sangat baik bagi kesehatanmu. Menggunakan hasil produk lokal juga ikut andil dalam memajukan ekonomi daerahmu.

Menanam pohon

Berhenti untuk terus menebangi pohon dan menanam lebih banyak pohon adalah cara yang baik untuk mencegah global warming semakin bertambah buruk. Penanaman pohon bisa mengurangi naiknya gas rumah kaca ke lapisan atmosfer. Pohon yang kita tanam bisa menyerap gas CO2, dan menciptakan lebih banyak O2 (oksigen) sehingga membuat udara lebih segar dan murni.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada lebih dari jutaan hektar hutan yang ditebang setiap tahunnya. Tindakan ini sangat berkontribusi pada global warming karena pohon bisa menyerap sekitar 1 ton karbondioksida selama masa hidupnya. Sebagai seorang pribadi, kamu seharusnya melakukan sesuatu untuk meningkatkannya. Misalnya saja, dengan menanam lebih banyak pohon di lingkungan sekitarmu dalam rangka meningkatkan jumlah pohon yang ada.

Mulai sekarang, lakukan hal-hal yang bisa menyelamatkan lingkungan. Setiap tindakanmu bisa berperan besar dalam mengurangi atau meningkatkan global warming yang terjadi. Let’s Go Green!