≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mencegah & Mengatasi Jerawat

Seperti kebanyakan wanita pada umumnya, kamu pasti pernah mengalami yang namanya jerawat. Acap kali jerawat muncul di saat-saat yang tak terduga dan mungkin sama sekali tidak kamu harapkan. Misalnya jerawat yang mendadak muncul menjelang acara pesta penting. Rasanya tentu menyebalkan sekali bukan?

Mengatasi Jerawat

Kebanyakan jerawat muncul sehubungan dengan aliran hormonal kamu, terutama di usia remaja. Karena di usia ini hormon memang sedang giat-giatnya berkembang dan memicu munculnya jerawat. Apalagi jika kamu termasuk orang yang malas membersihkan kulit wajah, sehingga kotoran menumpuk dan bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Nah daripada panik, mendingan kamu simak tips-tips berikut ini tentang bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar;

  • Kalau jerawat terlanjur muncul, hal pertama yang harus di ingat adalah: jauhkan tanganmu dari wajah. Tangan termasuk salah satu bagian tubuh yang mudah terinfeksi bakteri dan kotoran, jadi dengan sering menyentuh wajah sebenarnya juga bisa membuat kamu mudah berjerawat. Ingat, jangan pernah memencet jerawat! Meski ukurannya masih kecil, karena justru bisa menimbulkan infeksi dan iritasi serta bekasnya tidak bisa menghilang dengan mudah.
  • Kalau ingin memakai obat jerawat, pilih yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jangan sembarangan memilih obat jerawat. Kalau kamu masih kurang yakin, bisa konsultasi dengan petugas apotek lebih dahulu.
  • Kalau kamu khawatir akan efek samping obat kimiawi, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat.
  • Kalau jerawat tidak segera sembuh alias membandel, bahkan menjadi radang, lebih baik kamu segera pergi ke dokter kulit supaya bisa segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari ahlinya.

Jerawat memang bisa dibilang cukup mengganggu meskipun ukurannya kecil dan imut-imut. Supaya kamu jauh-jauh dari yang namanya jerawat, ada baiknya lakukan pencegahan seperti berikut:

  • Mulailah dengan langkah yang paling simpel, yaitu rajin membersihkan wajah terutama sebelum kamu tidur. Pilihlah produk pembersih yang lembut dan tidak membuat kulit iritasi. Membersihkan kulit wajah secara teratur akan sangat membantu mencegah timbulnya jerawat.
  • Konsumsi banyak sayuran dan buah serta air putih yang cukup, sehingga kulit selalu dalam keadaan yang sehat dan segar.
  • Rajin berolahraga juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan stress, karena stress juga bisa menimbulkan jerawat.
  • Jangan terlalu sering memakai baju yang terlalu ketat, termasuk pakaian dalam seperti memakai bra yang terlalu ketat. Tali bra yang terlalu kencang atau juga ikat kepala akan menekan kulit sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar yang pada akhirnya menimbulkan jerawat serta bintik hitam.
  • Selalu pastikan bahwa kamu memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari, yaitu sekitar 6-8 jam. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu penyembuhan infeksi kulit dan jerawat yang kamu derita. Jangan suka begadang ya, karena begadang akan membuat kulit kamu kusam, tidak segar dan mudah terkena jerawat.

.

6 comments… add one

Leave a Comment