Cara mencuci rambut atau keramas yang benar

by Ummi on October 14, 2014

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bersih, diperlukan perawatan pencucian rambut yang benar. Namun, kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana cara mencuci rambut yang benar sehingga memperoleh hasil yang kurang maksimal. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam melakukan pencucian rambut alias keramas dengan benar:

Cara mencuci rambut atau keramas yang benar

Pertama, lakukan proses pencucian untuk membersihkan rambut dari kotoran. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah:

  • Gunakan shampoo dengan takaran yang sedikit saja, kira-kira setengah sendok teh.
  • Ratakan shampoo ke seluruh permukaan kepala, dan cuci rambut secra merata. Jangan ragu untuk ‘mengaduk-aduk’ rambutmu.
  • Tidak perlu khawatir jika busa shampoo yang keluar sedikit.
  • Bilas rambut hingga bersih.

Langkah pertama ini bertujuan untuk membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran yang menempel, sehingga pada langkah selanjutnya, nutrisi yang terkandung dalam shampoo bisa meresap ke dalam rambut dan bekerja lebih efektif.

Kedua, lakukan pencucian untuk perawatan rambut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Gunakan shampoo dengan takaran yang lebih banyak, misalnya satu sendok teh.
  • Cucilah rambut sekali lagi hingga shampoo benar-benar merata ke seluruh kepala.
  • Usahakan pula agar shampoo juga terkena hingga kulit kepala.
  • Setelah busa yang keluar cukup banyak, diamkan hingga 2-3 menit  agar nutrisi shampoo bisa meresap hingga kulit kepala dan melapisi tiap helai rambut.
  • Bilas rambut hingga bersih.

Pembilasan rambut hingga sebersih-bersihnya pada langkah pertama dan kedua di atas sangatlah penting. Karena, jika pembilasannya kurang bersih, maka busa shampoo yang tertinggal malah bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala sehingga memicu keluarnya ketombe yang menjadi pelindung alami kulit kepala dari iritasi. Kulit kepala yang terasa panas mungkin muncul saat melakukan perawatan pencucian ini. Rasa tersebut menandakan bahwa shampoo bisa bekerja lebih efektif.

Setelah selesai mencuci rambut/ keramas, maka keringkan rambut dengan cara yang benar pula. Ingatlah, jangan mengeringkan rambut yang masih dalam kondisi basah dengan  hair dryer, karena justru akan merusak rambut. Sebaiknya gunakan handuk bersih dan berbahan lembut terlebih dahulu untuk menyerap sebagaian besar air sisa keramas. Baru gunakan hair dryer agar rambut yang masih lembab bisa benar-benar kering, dan jangan di set pada tingkat panas yang terlalu tinggi agar rambut tidak rusak. Setelah itu, sisir rambut dengan cara yang benar pula.

Hindari pemakaian gel/ minyak rambut pada jenis rambut yang berminyak. Hal ini akan mengakibatkan tersumbatnya folikel rambut yang bisa memicu timbulnya ketombe..