Cara Mencuci Wajah yang Benar

by Siti Eka Kurniyati on December 8, 2015

Mencuci wajah tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan saat mencuci wajah agar kotoran bisa bersih secara tuntas serta kesehatan kulit.

cara mencuci wajah yang benarMencuci muka dengan waktu yang lama atau secara terus justru tidak bagus untuk kulit wajah. Mengapa demikian? Simak ulasannya di bawah ini beserta beberapa kesalahan yang saat mencuci wajah.

Cuci Tangan Dulu!

Saat kamu akan mencuci wajah, apa yang pertama kali kamu lakukan? Menuangkan facial wash atau sabun cuci wajah ke telapak tangan dan menggosoknya dan menerapkannya ke muka? Jangan seperti itu. Bakteri yang ada di tanganmu malah akan berpidah dari tangan ke muka. Basuhlah dan cucilah lebih dulu tanganmu

Facial Wash yang Salah

Perhatikanlah jenis kulit dan masalah kulit yang kamu hadapi. Itu bisa menentukan jenis sabun wajah apa yang cocok untukmu. Setiap orang memiliki jenis kulit dan permasalahan kulit yang berbeda-beda, untuk memilih sabun muka yang tepat sesuai jenis kulit kamu bisa membacanya disini.

Busa yang Tersisa

Terkadang sebagian orang yang sedang tidak punya waktu banyak akan membalas secara terburu-buru. Hal itu memungkinkan busa dari sisa sabun masih tertinggal di wajah. Busa tersebut malah bakal menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Selain itu, busa yang tidak dibersihkan secara menyeluruh akan membuat kulit kering dan iritasi pada kulit wajah.

Lebih Memilih Facial Wash Oil Free

Anggapan bahwa sabun wajah yang mengandung minyak akan menyebabkan kulit semakin berminyak dan menimbulkan jerawat adalah salah. Memang bagi yang memiliki kulit berminyak sebaiknya menggunakan yang oil free, tapi bagi kamu yang mempunyai kulit kering sebaiknya menggunakan facial wash yang mengandung minyak zautun dan pelembab. Minyak yang terkandung dalam sabun wajah sebenarnya bagus untuk kulit wajah. Minyak akan membantu membersihkan pori-pori dan menjaga keseimbangan nutrisi kulit wajah, juga melembabkan kulit wajah. Pilihlah facial wash dengan kandungan minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak bunga matahari, minyak almond dll.

Membilas dengan Buru-buru

Apakah kamu akan langsung membilas busa sesaat setelah kamu menggosokkan busa sabun wajah ke muka? Sebaiknya kamu mendiamkan selama sekitar satu menit lebih dulu agar busa yang menempel di wajah bisa mengangkat semua kotoran dan bakteri yang bersarang di kulitĀ  baru kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Air Dingin vs Air Panas

Kamu pasti sering mendengar soal air panas yang bisa membuka pori-pori dan air dingin bisa menutup pori-pori. Hal tersebut tidaklah benar karena sejatinya pori-pori tidak mempunyai otot yang dapat membuat pori-pori membuka atau menutup. Jadi jangan memakai ai yang terlalu panas atau dingin. Air panas justru akan membuat kulitmu kering sedangkan air dingin bisa merusak pembuluh darah di wajah. Pakailah air hangat, dalam artian tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, air hangat adalah suhu terbaik untuk mencuci wajah.

Menggosok dengan Handuk

Apa yang kamu lakukan setelah selesai mencuci wajah? Membersihkan sisa air dengan handuk dan menggosoknya ke wajah? Hilangkanlah kebiasaan tersebut! Saat kamu menggosokkan wajahmu dengan handuk, elastisitas kulit akan hilang karena tertarik oleh handuk dan akan mengalami iritasi serta cepat keriput. Lalu bagaimana cara membersihkan air yang menempel di wajah? Gunakanlah handuk khusus wajah yang lembut dan tepuk-tepukkan ke bagian wajah sampai airnya hilang.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Jangan mengira bahwa membersihkan wajah secara terus menerus akan bagus untuk kulit. Terlalu sering mencuci wajah malah akan membuat kulitmu kering. Dan bagi kamu yang memiliki kulit berminyakpun hal tersebut tidak bagus karena mencuci wajah terlalu sering malah membuat kulit akan semakin banyak memproduksi minyak. Cucilah wajah dengan sabun muka sehari dua kali.

Tidak Pakai Pelembab

Orang mungkin menganggap bahwa dengan mencuci wajah saja kulit sudah akan lembab, namun sebenarnya kamu masih memerlukan pelembab. Pakailah pelembab segera setelah kamu mencuci wajah agar pelembab bisa meresap ke kulit dengan maksimal.