≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Dari Sepatu

Apakah kamu merasa malu dan tidak percaya diri melepas sepatumu di depan orang lain? Apakah kamu ingin membuang sepasang sepatu favoritmu hanya karena bau busuk yang disebarkannya? Jika jawabannya ya, kabar baiknya adalah kamu tidak perlu merasa kamu sendiri yang mengalaminya. Hampir semua orang pernah menghadapi masalah bau sepatu meski hanya sekali atau dua kali dalam seumur hidup.

mengatasi sepatu bau

Jika kamu menyadari bahwa sepatumu berbau busuk, tentu kamu ingin segera menyingkirkan bau itu secepat mungkin. Tapi sebelum mengetahui cara menyigkirkan bau tak sedap dari sepatu, ada baiknya jika kamu perlu terlebih dahulu memahami alasan di balik bau busuk yang berasal dari sepatumu.

Penyebab sepatu yang bau

Kaki kita seringkali berkeringat saat terkunci di dalam sepatu berjam-jam setiap kalinya. Karena berkeringat berlebihan itulah bisa menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk tinggal sehingga menyebabkan sepatu mengeluarkan bau yang tidak sedap. Alasan lain di balik sepatu bau adalah bahan yang digunakan untuk membuat sepatu. Sepatu biasanya terbuat dari bahan sintetis dan memiliki sol karet dan innersol (sol bagian dalam) dari plastik. Innersol plastik inilah yang menjadi penyebab utama di balik sepatu yang mengeluarkan bau yang tidak enak.

Cara sederhana menyingkirkan bau sepatu yang tak sedap

Bau busuk dari sepatu bisa sangat menyengat dan membuatmu ingin membuangnya sesegera mungkin. Nah, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sepatu baru karena ada banyak cara mudah dan sederhana untuk menghilangkan bau tak sedap seperti yang kami ulas berikut ini :

  • Untuk menyingkirkan bau tak sedap dari sepasang sepatu yang bagus, kamu bisa menyumpal atau menjejali sepatumu dengan koran. Lakukan ini di malam hari dan pada keesokan paginya kamu akan menemukan sepatu yang ‘bebas bau’.
  • Saat sepatu tidak digunakan, letakkan lembaran pengering di masing-masing sepatu. Dengan cara ini setiap kali kamu perlu menggunakan sepatu, maka kamu tidak akan berkecil hati dengan bau yang tidak sedap.
  • Solusi sederhana lain untuk menghilangkan bau yang berasal dari sepatu Anda adalah dengan memasukkan sepatu ke mesin cuci. Jaga agar sepatunya tetap kering di bawah sinar matahari langsung dan saat kering, bungkus sepatumu dua kali (dobel) dan masukkan ke dalam freezer semalaman. Ini akan membunuh bakteri penyebab bau itu. Keesokan paginya, keluarkan kantong dari freezer dan letakkan di bawah sinar matahari, sampai kering.
  • Untuk menyingkirkan sepatu yang bau, kamu bisa menggunakan sol yang terbuat dari bahan cedar. Lapisan semacam itu akan mengatasi penyebab masalah dan segera tidak akan menyebabkan ada bau.
  • Cara paling jelas untuk menyingkirkan sepatu yang bau adalah dengan mencucinya dengan seksama. Menggunakan deterjen dan sabun pemutih, cuci sepatunya. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari, biarkan kering dengan baik. Jangan memakainya sampai benar-benar kering.
  • Kamu juga bisa menggunakan lembar kain kondisioner yang tersedia di pasaran untuk menyingkirkan sepatu yang bau. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meletakkan selembar kertas di masing-masing sepatunya dan menyimpannya di malam hari. Keesokan paginya, kamu akan memiliki sepatu yang beraroma bagus.
  • Meskipun ini mungkin terdengar aneh, tapi kotoran kucing terbukti efektif menghilangkan bau sepatu. Untuk ini, kumpulkan kotoran kucing segar dan tidak terpakai dengan sepasang kaus kaki tua dan ikat mulut kaos kaki tersebut. Sekarang, letakkan kaus kaki di dalam sepatu baumu dan biarkan dalam semalam. Kotoran ini bisa menjadi penghilang bau (deodorizer) hebat yang akan menyerap semua bau busuk, membuat sepatumu benar-benar siap dipakai.
  • Tuangkan sedikit alkohol ke dalam bola kapas dan lap bagian sepatu dengan cara yang sama. Sekarang, biarkan mereka tidak terganggu untuk sementara waktu. Bau busuk ini pasti akan memudar.
  • Jika sepatumu tidak bisa dicuci, bersihkan bagian dalam dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk membunuh bakteri.
  • Jika sepatumu lembab, kamu mungkin bisa memasukkannya ke dalam microwave selama 90 detik untuk membunuh bakteri.

Cara alami mengatasi sepatu yang bau

Untungnya, ada beberapa cara alami untuk mengatasi sepatu bau dengan menggunakan produk yang mungkin sudah kamu miliki di rumah. Beberapa pilihannya adalah:

  1. Baking soda telah terbukti menjadi penghilang bau yang efektif. Taburkan beberapa baking soda di sepatumu dan biarkan tetap di sana dalam semalam. Keesokan harinya, goyang-goyangkan baking soda dari sepatunya, sebelum kamu memakainya. Jika masalah sepatu bau ini masih terus berulang, maka kamu mungkin perlu mengulangi proses ini setiap kali kamu akan memakai sepatu.
  2. Untuk menghilangkan bau dari sepatu, buat campuran dari baking soda, baking powder, dan tepung maizena dengan jumlah yang sama. Masukkan campuran itu ke dalam sepasang kaus kaki berbahan katun dan tempelkan kaus kakinya di sepatu semalaman.
  3. Cara lain yang efektif untuk menyingkirkan sepatu berbau busuk adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Masukkan satu atau dua kulit jeruk di sepatu dan biarkan mereka didalamnya semalaman. Keesokan paginya sepatumu akan berbau harum.
  4. Isi setiap sepatu dengan air mendidih dan tambahkan sedikit pemutih. Biarkan ini diatur selama beberapa menit. Saat air sudah dingin, buang air dan cuci sepatumu. Pemutih akan membunuh bakteri, sehingga menghilangkan bau.
  5. Tambahkan satu cangkir cuka ke setiap sepatu. Hal ini akan menyebabkan bunyi menggelegak dan mendesis. Biarkan ini diatur dan bekerja di sepatu Anda selama sekitar 15 menit. Lepaskan campuran dari sepatu, bilas, dan cuci mengikuti petunjuk di atas.
  6. Cuka putih juga bisa menetralisir bau dan menghilangkan bakteri di dalam sepatumu. Dalam botol semprotan kecil, campurkan bagian yang sama antara cuka dan air dan semprotkan ke bagian dalam sepatu dengan saksama. Biarkan sepatu Anda mengering selama beberapa menit sebelum meletakkan kakimu di dalamnya untuk merasakan sensasi segar yang akan berlangsung berjam-jam.
  7. Potong ujung sepasang kaus kaki tua. Isi setiap potongan dengan sekitar setengah cangkir bubuk kopi dan kencangkan ujungnya. Tempatkan kaus kaki tua berisi kopi tersebut di dalam sepatu selama semalam untuk menyerap bau.

Pilih sepatu dengan bijaksana

Seringkali alasan di balik sepatu bau adalah karena memakai sepatu yang salah. Mengenakan sepatu tenis, sepatu kulit, atau sepatu suede dengan ventilasi yang terbatas sering membuat sepatu itu berbau. Jadi, pilih sepatu yang menawarkan ventilasi yang tepat.

Pada saat yang sama kamu mengganti sepatumu saat kamu tahu bahwa sepatumu perlu diganti dengan yang baru juga akan mengurangi bau sepatu. Bila sepatu sudah berumur beberapa tahun dan kamu tidak dapat melakukan apapun untuk menghilangkan baunya, bahkan jika kamu telah mencoba pengobatan di atas, saatnya untuk sekadar berinvestasi pada sepasang sepatu baru. Cobalah juga bergantian untuk memakai sepasang sepatu (jangan hanya memakai yang itu-itu saja) untuk memberi mereka kesempatan mengering dan mengudara di antara pemakaian. Dengan cara ini akan mengurangi kesempatan bahwa sepasang sepatu akan mengembangkan bau ofensif yang tidak dapat diperbaiki lagi.

0 comments… add one

Leave a Comment