Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Kulkas

by Ummi on May 31, 2017

Kita biasanya menaruh segala macam makanan di kulkas, mulai dari ikan, daging, ayam, sea food, buah, sayur dan masih banyak yang lain. Jika kamu melupakan bahan apa saja yang kamu taruh di kulkas dan sudah berapa lama mereka menetap di sana, maka tidak diragukan lagi tatkala kamu akan membuka pintunya, kamu segera menemukan bau yang sangat menyengat. Bahkan jika kamu sudah menyingkirkan biang kerok yang menjadi penyebabnya, bau busuk masih bisa bertahan selama berminggu-minggu sesudahnya. Selain itu, makanan yang belum berbau busuk masih bisa tertular bau yang meresap ke lemari es mu. Apa kamu juga mengalami masalah yang sama? Jika iya, berikut adalah cara mengatasi dan menghilangkan bau kulkas yang bisa kamu ikuti :

Bersihkan dulu kulkasnya

Jangan repot-repot memberikan kulkasmu pembersihan yang menyeluruh sampai kamu menemukan dan menghilangkan sumber baunya dulu. Carilah makanan yang sudah kadaluarsa atau apapun yang berumur lebih dari seminggu. Endus dan buang barangnya jika memancarkan bau atau jika kamu melihat sudah berjamur. Periksa juga di bagian laci produk untuk segala sesuatu yang sudah berubah menjadi bubur atau merembeskan cairan.

Selanjutnya, keluarkan semuanya dari lemari es dan masukkan makanan ke pendingin. Kemudian lepaskan rak dan bersihkan dengan air panas dan sabun. Sekarang, bersihkan raknya dengan campuran 1 sendok makan pemutih klorin dan 1 galon air. Cuci juga dinding, plafon dan dasar kulkas beserta interior interior pintu dan paking. Keringkan dengan handuk dan masukkan kembali barang-barangmu ke dalam. Jika baunya tetap ada, berikut adalah beberapa pilihan lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau kulkas ;

Metode alami untuk menghilangkan bau kulkas

Baking soda

Sebarkan lapisan baking soda di atas loyang kue dan tempatkan di dalam kulkas selama semalam atau sampai bau kulkasnya hilang.

Jus tomat

Apakah padamnya listrik (mati lampu) menyebabkan makanan rusak dan menjadi berbau busuk di lemari esmu? Singkirkan bau makanan membandel di kulkas dan freezermu dengan bantuan beberapa jus tomat. Setelah membuang makanan busuk yang menyebabkan baunya, bersihkan bagian dalam kulkas dan freezer dengan spons atau kain lap yang disiram jus tomat yang tidak diencerkan. Bilas dengan air hangat dan sabun lalu lap kering. Jika sisa bau tetap ada, ulangi prosedurnya atau ganti jus tomat dengan cuka.

Ekstrak vanili

Apa kamu kesulitan menyingkirkan bau tak sedap itu di kulkasmu, bahkan setelah kamu menggosoknya? Usap bagian dalam lemari es dengan ekstrak vanili. Untuk memperpanjang aroma vanili yang segar, maka rendam bola kapas atau spons dengan ekstrak vanili dan biarkan di kulkas. Atau masukkan beberapa bola kapas yang dicelup dengan minyak esensial atau ekstrak vanili dan masukkan ke dalam kulkas. Tutup pintunya selama 24 jam.

Serbuk kopi segar

Sebarkan lapisan serbuk kopi segar di atas Loyang kue dan taruh di kulkas selama semalaman. Bau kopi memang akan sedikit menyengat, namun akan menghilang dengan cepat.

Arang aktif

Arang aktif biasanya tersedia di sebagian besar toko hewan peliharaan. Sebarkan lapisan arang aktif di bagian bawah Loyang kue. Tempatkan Loyang di kulkas selama beberapa hari, sampai baunya hilang.

Lemon

Oleskan jus lemon pada bola kapas atau spons dan biarkan di lemari es selama beberapa jam untuk menghilangkan bau kulkas dengan mudah. Pastikan untuk membuang dulu barang-barang berbau busuk yang mungkin menyebabkan bau tak sedap.

Koran

Isi laci dan rak kulkas dengan koran dan jaga agar pintunya tetap tertutup selama beberapa hari. Kemudian keluarkan korannya dan cuci kulkas dengan campuran 1 cangkir cuka putih per 1 galon air.

Hubungi pabrikan

Jika kulkasmu masih baru dan memiliki garansi pabrik, kamu mungkin masih bisa meminta bantuan dari perusahaan. Kontak mereka dan sertakan nomer seri produk kulkasmu. Jika baunya disebabkan oleh kecacatan produk, maka kamu mungkin akan mendapatkan perbaikan atau ganti rugi gratis. Misalnya saja, jika baunya disebabkan oleh system dual-evaporator yang tak berfungsi, sehingga menyebabkan bau tidak bisa berpindah-pindah di antara kompartemen, maka kamu bisa jadi mendapatkan bau tak sedap di berbagai tempat.