≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mengatasi Benjol Akibat Terbentur

Ingatlah bahwa bahkan benjolan kepala sekecil pun bisa menyebabkan perdarahan di dalam atau di sekitar otak, yang bisa serius dan memerlukan perawatan medis segera. Pembengkakan di kepala karena luka mendadak, yang biasa dikenal sebagai benjol’, adalah masalah yang sangat umum terjadi – terutama pada anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Benjol adalah pembengkakan lembut di dahi yang terjadi setelah cedera, karena adanya pengumpulan cairan yang keluar dari pembuluh darah yang rusak. Selain pembengkakan, gejala umum lainnya termasuk rasa sakit ringan sampai sedang dan lokasi yang terluka bisa terasa lembut. Ada juga yang bisa memar seiring dengan perubahan warna pada jaringan kulit.

cara atasi benjol

Biasanya, luka benjol tidaklah berbahaya dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Meski begitu, hal ini bias menjadi perhatian jika pembengkakan disertai dengan gejala seperti kantuk, mual atau mengantuk. Segera temui dokter untuk menemukan apakah ada kerusakan pada otak. CT scan yang rinci atau MRI dapat membantu dokter Anda mengevaluasi kondisinya. Untuk kasus benjol yang ringan, ada banyak pengobatan di rumah yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit akibat benjolan di kepala. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi benjol akibat terbentur :

Kompres dingin

Segera setelah kamu melihat adanya benjol di kepala Anda, oleskan es langsung ke area benturan. Suhu dingin akan meningkatkan vasokonstriksi, atau pengencangan pembuluh darah, yang pada gilirannya akan membatasi pembengkakan. Kompres dingin juga akan membantu meringankan rasa sakit. Kompres dingin sebaiknya dioleskan untuk 24 sampai 48 jam pertama.

1. Bungkus beberapa es batu dengan handuk kecil.
2. Oleskan es ini di area yang terkena benjol selama 20 menit.
3. Istirahatlah 5 menit dan terapkan icepack yang baru.
4. Ulangi sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa menggunakan sekantong kacang polong beku untuk membuat paket es yang bagus.
Catatan: Jangan gunakan es secara langsung pada kulit, karena bisa menyebabkan radang dingin.

Kompres hangat

Setelah 24 jam berlalu, Anda bisa mengoleskan kompres hangat pada area yang terkena.
Kompres hangat akan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut, yang akan meningkatkan penyembuhan dengan membuka pembuluh darah untuk memungkinkan darah dan nutrisi beroksigen mencapai jaringan yang rusak.

1. Rendam kain lap dengan air hangat dan peras air yang berlebih.
2. Letakkan di atas area yang membengkak selama 10 menit.
3. Ulangi setelah 1 jam. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

Angkat kepalamu

Menjaga bagian yang benjol tetap diatas membantu mencegah pembengkakan lebih lanjut dengan memperbaiki sirkulasi. Bahkan, sirkulasi yang buruk bisa menunda proses penyembuhan.
Dengan menjaga kepala ditinggikan di atas permukaan dada, pembengkakan akan berkurang untuk sebagian besar.

  • Gunakan bantal 1 atau 2 di bawah kepala saat beristirahat atau tidur.
  • Juga, untuk anak-anak dengan benjolan di kepala, bacakanlah cerita atau nyanyikan lagu untuk membantu mereka tetap tenang dan beristirahat. Ingatkan mereka bahwa mereka hanya perlu istirahat ekstra selama beberapa hari dan segera mereka bisa keluar dan bermain.

Kantung teh celup

Teh hitam mengandung senyawa yang dikenal sebagai tanin, yang memiliki kualitas astringent yang sangat baik. Jadi, kantong teh hitam bisa banyak membantu mengurangi pembengkakan di kepala setelah mengalami cedera.

1. Rendam kantong teh hitam di air hangat selama sekitar 10 menit.
2. Keluarkan dari air dan biarkan dingin.
3. Dengan lembut, terapkan kantung teh celup di atas area yang bengkak selama 10 menit.
4. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang cepat.

Oleskan cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat rumahan yang baik untuk mengurangi pembengkakan di kepala karena beberapa jenis luka. Ini memiliki khasiat anti-inflamasi serta alkalizing yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

1. Campurkan bagian yang sama dari cuka sari apel mentah tanpa filter dan air.
2. Hangatkan larutan tersebut di microwave.
3. Rendam handuk di dalamnya, lalu kerukupkan handuk yang lembab tadi di sekitar area yang terkena benjol.
4. Biarkan selama 5 sampai 10 menit.
5. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.

Minyak jarak (Castor oil)

Minyak jarak adalah obat rumahan yang bagus. Ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, karena khasiat yang menenangkan dan anti-inflamasinya.

1. Campurkan jumlah yang sama antara minyak jarak dan madu.
2. Dengan menggunakan bola kapas, terapkan larutan ini pada area yang terkena benjol.
3. Biarkan selama 30 menit atau lebih, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.
4. Gunakan obat ini 2 atau 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

Kunyit

Kunyit adalah obat lain yang baik untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan akibat benjol di kepala. Senyawa kurkumin aktif dalam kunyit mengandung antioksidan serta khasiat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

  • Siapkan pasta dengan mencampur 2 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan kelapa atau minyak zaitun. Oleskan pasta di atas area yang bengkak dan biarkan sampai kering. Bersihkan secara perlahan dengan menggunakan kain basah atau bilasan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.
  • Juga tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalami 1½ cangkir susu. Rebus dengan api kecil sampai warnanya berubah keemasan, lalu tambahkan sedikit madu. Minumlah dua kali sehari.

Bawang merah

Bawang merah yang biasa kamu gunakan dalam masakan sehari-hari adalah obat lain yang baik untuk mengurangi pembengkakan di kepala karena cedera. Bawang merah memiliki sejumlah senyawa kuotetin bioflavonoid dan sulfur yang memberikan efek antiinflamasi.

• Cincang halus bawang merah dan bungkus dengan handuk atau kain. Taruh tapal ini di tempat yang benjol selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas kulit Anda dengan air hangat untuk menghilangkan baunya. Lakukan 2 atau 3 kali sehari.
• Juga sertakan bawang merah mentah dalam makananmu.

0 comments… add one

Leave a Comment