Cara Mengatasi Biang Keringat

by Siti Eka Kurniyati on October 16, 2015

Biang keringat (miliaria) atau kalau orang jawa bilang ‘keringet buntet’ adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat karena bakteri yang tak berbahaya bernama Staphylococcus epidermis. Bakteri ini sebenarnya hidup aman di permukaan kulit kita dan tidak menyebabkan infeksi apapun. Namun, bagi  seseorang yang memiliki bakteri ini dalam jumlah banyak pada kulit mereka hal itu bisa menjadi masalah.

mengatasi biang keringat

Bakteri Staphylococcus epidermis mampu menghasilkan zat lengket yang apabila bercampur dengan keringat dan sel kulit mati (baca : cara menghilangkan sel kulit mati) bisa menyumbat saluran keringat. Akibatnya kulit kita akan teriritasi dan terasa seperti terbakar, gatal dan  seperti ada jarum-jarum tak kasat mata yang menusuk ke kulit. Juga timbulnya ruam kemerahan dengan bintik-bintik kecil di daerah yang terdampak. Daerah yang terdampak ini biasanya meliputi leher, punggung, dada, paha,lengan, wajah, dahi dll. Biang keringat memang lebih sering menyerang pada bayi atau balita, namun tidak menutup kemungkinan akan menjangkita orang dewasa.

Biang keringat memang merupakan penyakit kulit yang tergolong ringan. Namun ini pastinya sangat bisa mengganggu aktifitasmu apalagi bagi kamu yang sering beraktifitas di bawah sinar matahari langsung dan harus mengeluarkan banyak keringat. Rasa gatal dan ingin terus menggaruk kulit yang terkena biang keringat pastinya akan mengganggu kegiatanmu. Jadi bagaimana cara mencegah dan mengatasi biang keringat yang tepat? Berikut ini kami akan bagikan tipsnya.

Mencegah Biang Keringat

  • Pakailah pakaian yang tidak terlalu tebal dan terbuat dari bahan yang nyaman, mampu menyerap keringat dengab baik dan sejuk seperti katun. Juga jangan memakai pakaian yang terlalu ketat (yang longgar) supaya kulitmu mendapat sirkulasi udara yang baik dan keringatmu tidak terhambat.
  • Siapkan selalu tisu atau sapu tangan untuk berjaga apabila kamu berkeringat kamu langsung bisa membersihkannya. Keringat yang tidak dibersihkan dan membuat badanmu kotor bisa menyebabkan bakteri Bakteri Staphylococcus berkembang dengan pesat.
  • Hindarilah kontak antara kulitmu dengan sinar matahari langsung dan jika terpaksa harus melakukan kegiatan yang berada di tempat outdoor gunakanlah sunblock. Biang keringat terkadang bisa terjadi karena cahaya matahari itu sendiri atau yang lebih dikenal dengan milia sekunder.
  • Jaga kebersihan badanmu dengan mandi secara rutin karena ini dapat mengurangi produksi keringat yang berlebih.

Cara Mengobati Biang Keringat

    • Salah satu mengatasi biang keringat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gunakanlah gel lidah buaya untuk dioleskan ke daerah kulit yang terkena biang keringat. Lakukan hal ini secara teratur di pagi dan sore hari hingga ruam biang keringaatmu menghilangkan. Selain untuk menyembuhkan biang keringat, lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan (baca manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan)

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2