Cara Mengatasi Bisul Di Bokong

by Ummi on August 29, 2017

Kamu bisa mendapatkan bisul cukup banyak di bagian manapun kulitmu, termasuk di bokong. Bisul di pantat bisa sangat menyakitkan, terutama saat kamu sedang duduk. Meski kedengarannya aneh, bisul pantat lebih sering terjadi daripada yang mungkin kamu pikirkan. Itu tidak terlihat seperti jerawat did wajah dan banyak orang terlalu malu untuk membicarakannya. Bisul pantat tidak seperti jerawat khas yang melibatkan pori-pori kulit. Ini sebenarnya adalah bentuk folikulitis, radang atau infeksi folikel rambut, tapi biasanya disebut bisul karena terlihat sangat mirip.

Masalah ini akan terjadi saat kulit mati, minyak berlebih, kotoran lainnya atau gesekan berlebihan mengiritasi atau meradangkan folikel rambut pada bokong. Bakteri, ragi atau jamur juga dapat menyebabkan folikel menjadi terinfeksi. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari ada folikel rambut di pantat karena rambutnya sangat halus sehingga hampir tak terlihat dengan mata telanjang.

Berbagai faktor bisa membuat kamu lebih rentan terhadap jerawat atau bisul pantat. Ini termasuk kebersihan yang buruk, gizi buruk, pakaian ketat dan paparan bahan kimia keras yang mengiritasi kulit. Orang yang mengalami obesitas, diabetes atau memiliki sistem kekebalan tubuh lemah juga lebih rentan. Untuk mengatasi masalah tersebut, tidak perlu ke dokter setiap saat. Banyak solusi rumah sederhana yang dapat membantu banyak dalam mengatasi masalah memalukan ini. Berikut adalah Cara Mengatasi Bisul Di Bokong :

Kompres Hangat

Sebuah kompres hangat bisa memberikan keajaiban pada bisul di bokong. Kehangatan akan terasa menenangkan dan juga membantu mengeluarkan bakteri dan nanah dari folikel rambut. Plus, ini membantu mengurangi rasa sakit. Untuk hasil terbaik, gunakan larutan air garam untuk membuat kompres hangat. Menjadi antiseptik di alam, garam bisa membantu mengobati infeksi ringan.
1. Campurkan 1 sendok teh garam meja dalam 2 cangkir air hangat.
2. Rendam kain lap dalam larutan ini dan peras cairan yang berlebih.
3. Tempatkan kompres pada area yang terkena selama 15 menit. Saat mulai mendingin, oleskan kompres yang baru. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

Ice Pack

Meski es tidak akan langsung membantu menyembuhkan bisul pantat, menggunakan es di area bermasalah bisa membantu mengurangi peradangan, kemerahan dan ukuran benjolannya.
1. Letakkan beberapa es batu di atas handuk dan ikatlah.
2. Tekan pada bisul selama 10 sampai 15 menit.
3. Ulangi beberapa kali dalam sehari. Kamu juga bisa menggunakan air dingin untuk mencuci daerah yang terkena, beberapa kali sehari.
Perhatian: Jangan gunakan es langsung pada kulit, karena bisa menyebabkan radang dingin.

Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat lain yang baik untuk bisul pantat, karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Selain itu, sifat asamnya membantu membuka sumbatan folikel rambut dan menghancurkan sel kulit mati. Hal ini pada gilirannya membantu mengeringkan bisul dengan cepat. Ini juga akan mengembalikan pH alami kulit dan meminimalkan risiko timbulnya jaringan parut.
• Tambahkan 1 cangkir cuka sari apel mentah dan tidak disaring ke bak mandi yang diisi dengan air mandi hangat. Berendamlah dalam air mandi ini selama 10 sampai 15 menit. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.
• Juga, tambahkan 1 atau 2 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke segelas air hangat. Minumlah sekali atau dua kali sehari untuk menyembuhkan kulit dari dalam.

Tea Tree Oil

Anda juga bisa menggunakan minyak tea tree untuk menyembuhkan bisul pantat dengan cepat. Menjadi antiseptik yang kuat, minyak esensial ini membantu membersihkan folikel untuk mempercepat proses penyembuhan. Ini juga dapat membantu membunuh bakteri berbahaya yang bertanggung jawab atas masalah tersebut dan bahkan membantu mencegahnya kembali terulang.
1. Masukkan beberapa tetes minyak esensial pohon teh ke atas bola kapas.
2. Lembut oleskan di daerah yang terkena.
Biarkan kering, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.
4. Ulangi obat ini 2 atau 3 kali sehari.

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif harus mencairkan minyak dengan jumlah yang sama dari air atau minyak zaitun sebelum menggunakannya pada kulit.

Lidah buaya

Karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya, lidah buaya juga membantu menenangkan kulitmu dan melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat astringentnya yang ringan juga membantu mengeringkan folikel rambut yang meradang dan mencegah jaringan parut.

  1. Potong daun lidah buaya.
  2. Gosokkan gel lidah buaya yang segar ke bisul.
  3. Untuk aplikasi mudah, campurkan dalam blender untuk mendapatkan gel aloe vera yang halus.
  4. Oleskan gel ini pada jerawat pantat.
  5. Biarkan sampai kering selama 15 atau 20 menit, lalu bilas.
  6. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari selama 1 minggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mengatasi akar permasalahan. Ini juga membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Plus, sangat melembabkan dan lembut di kulit.

  • Oleskan minyak kelapa organik ke kulit yang terkena dan pijat dengan lembut. Oleskan kembali beberapa kali per hari. Kamu tidak perlu membilasnya.
    • Sebagai alternatif, buat pasta kental dengan 1 sendok makan bubuk kunyit dan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena. Biarkan sampai sekitar 20 sampai 30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air. Lakukan ini dua kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Sebagai ganti minyak kelapa, kamu bisa menggunakan minyak zaitun extra-virgin dengan cara yang sama. Setelah memijat kulit Anda dengan itu, pastikan kamu membilas minyak secara menyeluruh atau hal lain yang mungkin menyebabkan penyumbatan folikel rambut.

Pasta gigi

Pasta gigi putih yang biasa kamu gunakan untuk menyikat gigi juga sangat efektif dalam mengobati bisul di pantat. Bahan khasiat antibakterinya membantu menyingkirkan bakteri penyebab infeksi.
1. Ini juga membantu mengeringkan folikel yang meradang yang disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu banyak. Oleskan sedikit pasta gigi putih ke daerah yang terkena.
2. Biarkan semalaman.
3. Keesokan paginya, cuci dengan air dingin.
4. Ulangi prosesnya setiap hari sampai kondisinya membaik.
Catatan: Pengobatan di rumah ini mungkin tidak efektif dalam menyingkirkan bisult pantat yang telah menyebar di area kulit yang luas.