≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mengatasi Diare

Pernahkah kamu mengalami diare? Bolak-balik ke kamar mandi untuk buang ar besar secara terus menerus. Meski diare tidak termasuk penyakit yang terbilang berbahaya, namun tentu saja diare akan sangat menyusahkan karena sebagian besar waktumu akan dihabiskan di kamar mandi. Kamu juga akan mengalami dehidrasi dan rasa lemas akibat kekurangan cairan.

cara mengatasi diare

Sebenarnya penyebab diare bukan hanya dari makanan pedas saja. Ada beberapa penyebab diare bisa menyerang kamu diantaranya adalah :

  • Infeksi Internal, biasanya terjadi pada bagian saluran pencernaan.
  • Infeksi bakteri, ada banyak bakteri yang bisa menyebabkan infeksi hingga menyebabkan diare diantaranya adalah E Colli, Salmonela, Shigella, Acromanos dan Vibrio Coma. Bakteri-bakteri tersebut sering masuk lewat makanan yang kebersihannya kurang, jadi hati-hatilah saat ingin mengkonsumsi sesuatu.
  • Virus bisa menginfeksi kita sehingga kita jadi diare, dan jenis virus yang bisa menyebabkan kita diare adalah Rota, Entero, Astro dan Adeno.
  • Parasit seperti cacing, jamur dan protozoa yang masuk melalui saluran pencernaan juga bisa menyebabkan ifeksi hingga kamu diare. Pastikan saat akan makan, tanganmu bersih dan makananmu juga higienis.
  • Parental. Memang jarang orang yang terkena diare karena infeksi parental. Infeksiini tidak terjadi di organ pencernaan melainkan diluar organ pencernaan seperti tonsilipharingitis dan infeksi otitis media akut.

Penyebab diare yang telah disebutkan di atas adalah penyebab diare yang dikarenakan infeksi. Selain itu, ada penyebab diare non infeksi yang bisa menyebabkan diare padamu seperti :

  • Alergi. Ada beberapa orang yang alergi terhadap suatu makanan hingga menyebabkan ia diare. Biasanya pada pada makanan berprotein atau terhadap salah satu jenis susu.
  • Kurangnya nutrisi pada seseorang juga bisa menyebabkan diare , seperti kurangnya makanan berserat       dan gizi yang kurang
  • Gangguan metabolic dan mal absorsi juga bisa menjadi salah satu factor seseorang terkena diare.
  • Saat kita sedang cemas dan ketakutan serta rasa tertekan kadang perut kita melilit dan terasa mulas. Gangguan psikologis seperti ini juga bisa menyebabkan diare.
  • Antibiotic kadang juga bisa menyebabkan seseorang yang sensitive mengalami diare.

Gejala-gejala yang timbul jika kamu terserang diare adalah perut melilit dan seringnya buang air besar, kadang juga diiring mual dan muntah, demam serta keluarnya darah bersamaan feses jika sudah terlalu parah.  Jadi apa langkah kita untuk mengatasi diare apabila kita terserang penyakit tersebut? Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengobati diare tanpa perlu ke dokter, simak caranya di bawah ini :

1 comment… add one

Leave a Comment