≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mengatasi Insomnia

Pernah mengalami insomnia atau susah tidur? Seseorang akan merasakan ngantuk, lelah dan emosi yang tidak stabil di pagi atau siang hari saat ia mengalami insomnia di malah hari. Hal tersebut pasti mengganggu pekerjaan serta kegiatanmu yang lain.

cara mengatasi sulit tidurSebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan insomnia yang mungkin juga kamu alami, apa saja sih sebenarnya yang bisa menyebabkan kamu insomnia?

Stress

Yang paling sering menjadi penyebab insomnia atau susah tidur adalah stress. Stress mampu mengacaukan pola tidur alamimu dan mengacaukan system meetabolisme. Cemas, rasa khawatir dan takut karena stress memikirkan masalah yang kamu hadapi menyebabkanmu kesulitan tidur di malam hari.

Gangguaan Kesehatan

Beberapa orang yang menderita suatu penyakit juga bisa menyebabkan insomnia. Seperti halnya orang yang menderita asma, penderita akan mengalami sesak nafas di malam hari yang akan berakibat susahnya tidur di malam hari. Atau seseorang yang menderita nyeri sendi akan kesusahan tidur di malam hari karena rasa sakit yang muncul di persendian. Selain itu, seseorang yang mengalami gangguan jantung atau gangguan kelenjar getah bening yang terlampau aktif akan menyebabkan rasa gelisah dan susah tidur. Lalu wanita yang juga akan memasuki masa menopause juga akan mengalami insomnia di malam hari.

Obat dan Alkohol

Obat-obatan tertentu seperti obat beta blocker bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan tidur. Juga konsumsi alcohol juga bisa  menyebabkan insomnia saat malah hari.

Nah, setelah tau penyebab imsomnia sekarang waktunya mencari tahu bagaimana cara mengatasi insomnia secara tepat, simak tips mengatasi insomnia di bawah ini.

  • Atur jadwal tidur atau tentukan jam berapa kamu harus berhenti beraktifitas dan bersiap tidur. Selain itu, usahakan pekerjaan atau kegiatanmu yang lainnya di siang hari sudah selesai dan kamu tidak menggunakan waktu tidurmu untuk bekerja.
  • Hindarilah minuman atau makanan berkafein yang akan membuatmu susah tidur apalagi di malam hari. Kopi hanya salah satu dari jenis minuman yang harus kamu hindari di malam hari. Selain kopi, minuman yang harusnya kamu hindari adalah teh, karena teh mengandung kafein. Hal ini berlaku juga untuk cokelat panas atau cokelat batangan. (baca : makanan yang membuat tidurmu nyenyak)
  • Tingkatkan aktifitas fisikmu di siang hari agar kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Dengan banyak beraktifitas, peredaran darah akan semakin lancar dan tubuh akan butuh istirahat alias capek hingga tidurmu akan lelap.
  • Pergunakanlah tempat tidur atau ranjang khusus untuk tidur saja bukan untuk aktifitas lain seperti nonton televisi dan menggunakan laptop atau gadget yang lain.
  • Jika kamu sedang mengalami permasalahan yang membuatmu stress, sebaiknya kamu menyelesaikan masalah tersebut secepatnya atau kamu bisa meminta bantuan psikiater untuk berkonsultasi tentang masalah yang sedang kamu hadapi.
  • Jangan memaksa untuk tidur terlalu awal karena dengan kamu memaksa untuk tidur kamu malah akan merasa cemas dan susah untuk terlelap.
  • Berolahragalah di pagi hari jangan di malam hari, tubuhmu akan lebih optimal dan sehat untuk bisa melawan stress.
  • Tariklah napsa panjang-panjang dan buang secara perlahan, lakukan hal ini secara berungkali hingga anda rileks dan siap untuk tidur.

Itu dia tadi beberapa tips mengatasi sulit tidur yang bisa kamu praktekkan untuk mengatasi insomnia kamu.

0 comments… add one

Leave a Comment