Cara Mengatasi Jerawat Batu

by Siti Eka Kurniyati on February 8, 2016

Jerawat batu adalah mungkin adalah salah satu momok bagi wanita. Selain tampilan wajah yang menjadi terganggu karena benjolan yang terlihat merah dan tampak jelek, jerawat batu juga terasa sakit jika tidak sengaja tersentuh. Dan lagi, apabila kamu berada di tempat panas, jerawat wajahmu akan terasa perih dan gatal karena jerawat batu.

cara mengobati jerawat batuSetelah kita kemarin membahas penyebab jerawat batu dan cara mencegahnya, sekarang kita akan membahas cara mengatasi jerawat batu. Butuh ketelatenan memang untuk mengatasi jerawat batu secara alami karena jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang bandel. Jadi, apa saja yang bisa manfaatkan atau kita lakukan untuk mengatasi atau mengobati jerawat batu? Simak ulasannya berikut ini.

Putih Telur

Bahan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kecantikan, termasuk juga salah satu bahan untuk mengatasi jerawat batu. Buatlah masker alami dari campuran putih telur dan jeruk nipis. Campur kedua bahan tersebut dan aduk hingga berbusa. Oleskan secara merata ke daerah wajah yang terdampak jerawat batu dan diamkan hingga mengering. Jika sudah, bilas dengan air bersih. Selain dicampur dengan perasan air jeruk nipis, putih telur juga bisa kamu campurkan madu. (baca : manfaat telur putih untuk kecantikan)

Lidah Buaya

Selain bagus untuk rambut, lidah buaya juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati jerawat batu. Pisahkan gel dari lidah buaya pada daunnya lalu gunakan gel tersebut untuk menggosokkan pada area yang terkena jerawat batu. Lakukan pada pagi dan sore hari secara teratur. Jika kamu melakukannya dengan rutin maka hasil sudah bisa mulai dilihat pada hari ketiga. (baca : manfaat lidah buaya)

Kentang

Jenis umbi-umbian yang mengandung banyak karbohidrat ini juga merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat batu. Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga mengandung alkali yang bisa berfungsi untuk mengatasi jerawat batu. Tumbuk kentang atau haluskan dengan blender hingga membentuk pasta yang bisa kamu gunakan sebagai masker. Masker kentang bisa kamu aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit baru kemudian kamu basuh dengan air hangat hingga bersih.

Bawang Putih

Pergilah ke dapur dan kamu pasti menemukan bawang putih. Yap, bumbu dapur ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat batu yang belum terlalu parah. Jika jerawat batu yang kamu derita belum terlalu parah, kamu bisa menggunakan bawang putih yang baru ditumbuk untuk mencegah peradangan dari jerawat  batu. Oleskan bawang putih yang baru ditumbuk ke daerah terdampak lalu diamkan sebentar. Jerawat batu akan mengering jika kamu melakukan hal ini dengan rutin. (baca : penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang putih)

Mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu buah yang menjadi bahan dasar jamu tradisional. Kamu bisa meminum jus buah ini untuk mengatasu jerawat batu serta jenis jerawat lainnya. Cara membuat jusnya adalah dengan menghaluskan buah mengkudu dengan blender lalu tambahkan gula batu. Kemudian kamu saring dan didihkan sembari diaduk hingga rata. Mengkonsumsi jus mengkudu bisa membantu mengatasi jerawat batu karena mengkudu juga gula batu bisa membersihkan darah kotor

Tips lain

Selain kesemua bahan di atas, kamu bisa mengatasi jerawat batu dengan melakukan beberapa hal semisal beristirahat dengan teratur agar terhindar dari insomnia dan stress yang bisa menyebabkan jerawat batu, minum air putih lebih banyak, teratur membersihkan wajah dengan benar.