Cara Mengatasi Kertas Macet Pada Printer Epson T13

by Ummi on February 5, 2013

Printer Epson T13 yang tidak bisa digunakan untuk mencetak banyak sekali problem yang harus diteliti satu persatu, di antaranya adalah;

  1. Printer Epson T13 itu mengalami blink, atau sudah melebihi batas maksimum cetak, untuk masalah ini sudah saya jelaskan pada artikel “ciri-ciri & cara mengatasi printer blink”.
  2. Penarik kertas yang sudah aus, jadi harus diganti dengan yang baru atau ditambal menggunakan karet supaya printer tersebut bisa menarik kertas dengan normal seperti sediakala.
  3. Kalau printer masih termasuk baru, kemungkinan aus pada penarik kertas sangat kecil. Jadi opsi penelitian bisa langsung diarahkan pada roda printer. Kemungkinan macet, baik dikarenakan ada barang asing yang menghalangi lalu lintas jalannya roda, atau roda printer tersebut yang lepas. Biasanya ini ditandai dengan kertas yang berjalan miring (tidak seimbang dikarenakan salah satu jalur terhambat oleh benda asing)

Bila point nomor 3 ini yang menjadi masalah pada printer anda, tips trik tepat dan mudah mengatasinya adalah dengan cara membongkar printer tersebut. Dimulai dengan membuka skrup yang ada di bagian belakang dan sekrup yang ada di depan bagian bawah. Kemudian congkel printer dengan menggunakan obeng pada bagian bawah sisi kiri atau kanan dan lepas secara pelan-pelan agar kabel jalur on / off nya printer tersebut tidak terputus.

Selanjutnya hidupkan printer tersebut dan lihat apakah roda printer bisa berjalan dengan normal atau tidak. Dengan begitu kita bisa mengetahui langkah yang tepat untuk mengatasi jika roda printer tersebut bermasalah. Jika memang roda printer itu berjalan dengan normal, kemungkinan ada benda asing yang menyumbat, sehingga kertas menjadi macet yang secara otomatis tidak bisa dicetak (printer yang tidak bisa buat ngeprint)

Untuk memastikan hal ini, cukup congkel roda printer (ada beberapa roda yang dikelompokkan menjadi tiga bagian) satu persatu kemudian teliti, apakah ada benda asing yang menyumbat jalannya kertas atau tidak. Setelah barang asing tersebut ditemukan, atau sudah dipastikan tidak ada benda asing yang menghalangi laju kertas (bisa dikarenakan geser atau hilang saat pembongkaran printer tadi) printer bisa langsung di tes untuk digunakan mencetak. Saya optimis, printer tersebut sudah normal dan tidak ada lagi penghalang laju kertas sehingga bisa digunakan untuk ngeprint. Untuk lebih jelasnya, saya sertakan beberapa foto tentang cara mengatasi printer yang tidak bisa menarik kertas (kertas macet) berikut ini.

Cara mengatasi kertas macet pada printer

tips dan trik servis printer yang kertasnya nyangkut

Jika printer sudah oke, ada baiknya lakukan perawatan dengan membersihkan sisa-sisa tinta dan debu yang mengotori printer pada bagian dalamnya. Bisa menggunakan tisu, atau sikat atau dengan mini vacuum cleaner.

{ 1 comment… read it below or add one }

satria July 16, 2013 at 9:01 am

thank mas,,,,,,,,,,,, mantab,,,,,,,,,,, Plus cair deh,,,,,,,,,

Leave a Comment

Previous post:

Next post: