≡ Menu
werno-werno.com

Cara Mengatasi Kulit Tangan Yang Kering

Biasanya, kita hanya mementingkan perawatan untuk kulit wajah dan rambut saja. Namun, sebenarnya ada satu area yang sangat penting untuk dirawat tapi seringkali kita acuhkan, yakni tangan. Kita baru akan memikirkan tentang perawatan setelah tangan kita terasa sangat kering.

mengatasi tangan kering

Kulit kita dilapisi dengan lapisan lemak alami yang sangat tipis. Lapisan ini akan menjaga kulitmu tetap lembut dan kenyal dan mengunci kelembaban alami dari kulit. Ketika lapisan pelindung alami ini mulai menghilang, kamu akan menemukan kulitmu terasa kasar dan mengelupas. Xerosis yang merupakan istilah medis untuk kekeringan, akan timbul saat lapisan asam lemak ini menjadi terkikis, sehingga membuat kulitmu tidak terlindungi. Lalu, apa saja yang menyebabkan kulit tanganmu menjadi kering, serta apa pula solusi untuk mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ;

Penyebab kulit tangan kering

Ada lebih dari satu alasan yang bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering, meski banyak diantaranya yang hanya terjadi pada saat cuaca dingin saja. Berikut adalah beberapa penyebab yang menimbulkan kulit tangan menjadi kering :

  • Terlalu sering mencuci atau merendam tangan ke dalam air untuk waktu yang lama
  • Kelembaban udara yang tinggi bisa menghambat produksi minyak alami kulit di tangan dan menyebabkan kekeringan
  • Cuaca yang sangat dingin bisa membuat kulit mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) dan membuatnya kering dan bersisik.
  • Paparan terhadap bahan kimia yang mengeringkan kulit
  • Lingkungan sekitar yang kering dan panas juga bisa berperan membuat tanganmu kering
  • Pemakaian makeup juga bisa berperan penting menyebabkan kulit kering

Sebagai wanita, kita tentu tidak bisa meninggalkan pekerjaan kita yang sering terlibat dengan air seperti mencuci baju, mencuci piring, mengepel, memasak, dan lain sebagainya. Namun, kita masih bisa melakukan perawatan agar tangan kita halus dan kenyal. Untuk mengatasi kulit tangan yang kering, maka lakukan perawatan kulit yang tepat dan gunakan produk kecantikan yang bisa membuat tanganmu tetap sehalus bulu.

Cara mengatasi kulit tangan yang kering

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi kulit tangan yang kering agar menjaganya tetap halus dan lembut :

Lindungi tanganmu

Kita otomatis akan selalu menggunakan tangan kita sepanjang hari untuk melakukan berbagai kegiatan, kecuali saat kita tidur. Jadi, akan sulit bagi kita untuk mempertahankan kelembabannya. Untuk itu, lembabkan tanganmu dengan mouisturizer menjelang waktu tidur. Usahakan untuk menunggu setidaknya selama satu setengah jam setelah menerapkan pelembab pada tangan, agar kelembabannya bisa meresap dengan sempurna ke dalam kulit dan memastikan bahwa emoliennya akan bekerja dengan baik pada kulit keringmu. Jika memungkinkan, gunakan pula sarung tangan saat sedang mencuci piring atau melakukan kegiatan lain yang bersentuhan dengan air dalam waktu yang lama.

Cucilah tanganmu dengan bijak

Jangan berlebihan dalam mencuci tangan karena bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Meski begitu, jangan pula berhemat pada kebersihan. Mencuci tangan secara teratur bisa membantu menjauhkan kita dari sejumlah penyakit menular. Sebagai solusinya, cuci tanganmu dengan lembut dan sebaiknya dengan menggunakan air hangat. Hindari air panas karena bisa mengelupas minyak esensial dari kulit.

Hindari produk buatan dengan bahan kimia yang keras

Jangan gunakan deodoran atau sabun yang memiliki wewangian yang berat. Hal ini bisa mengikis lapisan teratas minyak lemak yang berfungsi melindungi kulitmu dan menjaga kelembutannya. Selain itu, sabun anti bakteri juga lebih banyak merugikan ketimbang membawa kebaikan. Semua produk tersebut mengandung bahan kimia tambahan yang bisa membuat tanganmu mengering dan memperparah rasa gatal. Sebaiknya, gunakan sabun yang memiliki lebih sedikit zat pembersih yang bisa kamu temukan dengan mudah di banyak toko. Sabun jenis ini lembut bagi kulit dan juga bisa membersihkan tangan secara merata. Pembersih kulit yang mengandung bahan seperti cetaphil, aquanil, dan oilatum disarankan bagi mereka yang menderita kulit tangan yang sangat kering.

Jangan gunakan produk pelembut pakaian

Hanya gunakan deterjen yang bebas pewangi untuk mencuci cucian bajumu. Memang ini tampaknya aneh, namun bahan kimia yang terdapat pada pelembut pakaian bisa memperparah kekeringan dan gatal-gatal di kulit.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment