Cara Mengatasi & Mencegah Kuku Yang Kuning

by Ummi on August 16, 2016

Perhatikan baik-baik dengan seksama pada kukumu tanpa menggunakan cat kuku (polos). Apakah kamu percaya diri untuk pergi hari ini tanpa adanya cat kuku atau kukumu tampak sedikit lebih buruk? Jika kamu terlalu sering mengecat kukumu, maka ada kemungkinan kamu akan mengalami salah satu efek samping yang paling umum akibat pengaplikasian berulang-ulang dari kutek : kuku yang menguning. Tentu kamu bisa menyembunyikannya dengan memakai warna cat kuku yang lebih cerah, namun itu bisa menghambat pertumbuhan kuku yang sehat, dan bahkan, kuku kuning terkadang merupakan sebuah gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius.

tips mengatasi kuku kuning

Sebagian besar pakar dan ahli manikur (manicurist) merekomendasikan untuk sepenuhnya tidak mencat kukumu sesekali untuk memastikan bahwa kukumu terlihat sehat dan tidak ada hal buruk yang terjadi. Sayangnya, kuku yang kuning adalah sejenis hal yang membuat kita ingin segera menutupinya kembali. Jika kamu mengalami masalah kuku yang menguning, ada dua hal yang harus kamu tahu : penting untuk mengetahui apa penyebabnya dan masalah itu masih bisa diperbaiki dengan mudah.

Penyebab kuku berwarna kuning

Seringkali, kuku yang menguning disebabkan oleh noda bekas dari warna cat kuku, jadi penting untuk selalu mengoleskan lapisan dasar bening (transparan) untuk melindungi kuku sebelum menambahkan lapisan warna-warna yang terang. Plus, lapisan ini juga akan membantu manikurmu bertahan lebih lama.

Menggunakan nail polish remover berbahan aseton juga dikenal sebagai biang kerok dalam memperburuk warna kuning. “Saya tidak pernah merekomendasikan menggunakan aseton langsung pada kuku, tidak pernah,” kata Danielle Candido, seorang ahli kuku dari Gelish. “Tidak ada alasan untuk itu.” Selalu carilah cat kuku remover non-aseton saat menghilangkan warna cat kukumu. Jika kamu seorang perokok, kemungkinan kukumu menguning akibat bekas nikotin. Ini adalah alasan lain yang baik untuk menghentikan kebiasaan merokokmu!

Penyebab umum lainnya dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Kuku yang terinfeksi jamur dapat mengubah segala macam warna dan juga dapat menyebabkan masalah kuku lain seperti pengelupasan, retak, dan bau yang tidak menyenangkan. Sekali lagi, temui dokter jika kamu berpikir kukumu mungkin kuning karena infeksi jamur. Meskipun ada perawatan obat pasaran yang tersedia, obat resep dari dokter cenderung lebih efektif.

Dan, sebagaimana kita ketahui, pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Candido memiliki beberapa tips untuk mencegah pertumbuhan jamur pada kuku. “tea tree oil, yang dilarutkan dengan Vitamin E atau minyak biji anggur, akan selalu baik untuk kukumu, akan membantu mencegah jamur di urutan pertama,” katanya. Pijatkan tea tree oil yang sudah diencerkan ke kukumu setiap hari untuk kuku yang sehat, dan bersih.

Jika kamu sudah mencoba tips ini dan masih melihat masalah dengan kuku kuning, maka masalahnya mungkin sistemik. Masalah hati dan paru-paru, keduanya diketahui menyebabkan tubuh menguning, begitu juga kekurangan nutrisi seperti kurangnya zat besi atau seng. Jika kamu menduga bahwa kuku kuningmu mungkin disebabkan oleh masalah medis yang mendasari, maka segera buat janji dengan dokter.

Cara memutihkan kuku kuning secara alami

Meski pencegahan adalah yang terbaik, namun jika kamu terlanjur menderita perubahan warna kuku menjadi kuning, maka ada banyak sekali ramuan alami untuk memutihkannya kembali. “Solusi hidrogen peroksida, pasta baking soda, atau pasta gigi pemutih akan mengatasi bekas kuning tersebut.” Ujar Candido.

Ramuan alami berikut ini akan membantu mengatasi kuku kuning yang diakibatkan oleh merokok atau terlalu sering mengecat kuku :

Hidrogen Peroksida : Campurkan satu bagian hidrogen peroksida ke tiga bagian air dalam mangkuk kecil yang dapat memuat jari-jarimu dan rendam kuku didalamnya selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan baik sesudahnya dan oleskan pelembab karena peroksida dapat mengeringkan kuku dan kulit. Kamu juga bisa mencoba membuat pasta dengan mencampurkan beberapa sendok makan hidrogen peroksida dengan sedikit baking soda. Terapkan solusi pasta ke kuku menggunakan sikat gigi bekas dan biarkan diam sebentar, kemudian bilas kukumu dengan air dan lembabkan.

Tablet Denture : Tablet ini dibuat khusus untuk memutihkan dan mencerahkan gigi palsu, namun tablet ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda dari kuku. Cukup ikuti petunjuk paket untuk melarutkan tablet ke dalam air dan rendam kukumu dalam larutannya.

Pasta gigi pemutih : Sama seperti pasta gigi ini dapat menghilangkan noda dari gigimu, pasta gigi pemutih juga dapat digunakan untuk mencerahkan kuku yang menguning. Cukup oleskan sedikit pasta gigi pemutih ke setiap kuku dan gosok-gosok. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air.

Lemon Juice : Jus lemon alami dapat digunakan untuk memutihkan kuku yang menguning. Cukup iris buah lemon dan peras jusnya ke dalam mangkuk yang dapat memuat ujung jarimu didalamnya. Biarkan kuku terendam selama 5 sampai 10 menit, ulangi sebanyak yang diperlukan. Sama seperti perawatan lainnya, lembabkan kukumu dengan baik sesudahnya.

Kunci keberhasilan dengan sebagian besar ramuan alami ini adalah pengulangan (teratur), kata Candido. Jika kamu menggosok kukumu dengan peroksida, baking soda, atau pasta gigi tanpa memperhatikan adanya hasil dalam waktu dekat, ulangi prosesnya sampai kamu mencapai tingkat kecerahan yang diinginkan.

Yang tak kalah penting : Jangan mengecat kukumu pada saat kuku mulai menunjukkan tanda menguning, pastikan untuk mengeksplorasi masalah kesehatan yang mungkin terkait, dan jangan takut untuk memberikan kuku satu atau dua minggu untuk memulihkan diri dari cat kuku yang konstan. Biarkan kuku sedikit bernafas sekarang dan kemudian akan membantu kukumu tetap kuat!