Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

by Siti Eka Kurniyati on December 4, 2015

Semua orang pasti pernah mengantuk ketika sedang bekerja di siang hari. Penyebab kantuk saat bekerja bisa dari bermacam-macam factor seperti insomnia di malam hari, bekerja lembur atau bisa juga karena bosan. (baca : cara mengatasi insomnia)

mengatasi kantuk di siang hariKafein dari kopi memang bisa membuat kamu lebih segar dan tidak mengantuk lagi. Tetapi, terlalu banyak kafein yang kamu konsumsi tentulah tidak baik bagi tubuhmu. (baca : efek negative kafein). Nah untuk itu, kami akan memberikan tips mengatasi kantuk saat kerja tanpa kopi.

Cuci Muka

Terdengar klise tapi sungguh sangat membantu. Air segar bisa membuat anda fresh kembali. Jika kamu mengantuk, pergilah ke kamar mandi dan cucilah muka kamu sampai kamu merasa segar.

Tarik Nafas

Mengantuk bisa jadi karena kurangnya suplay oksigen ke otak. Nah untuk menyiasatinya, kamu bisa bisa menarik napas dalam-dalam 5 detik dan menghembuskannya perlahan selama 5 detik pula. Lakukan hal ini selama 5 sampai 10 menit sampai anda merasa rileks dan tidak mengantuk lagi.

Istirahat Sejenak

Berhentilah sejenak selama 10 menit dari pekerjaan yang sedang kamu geluti dan rilekskan otot-ototmu. Ini juga berlaku bagi kamu yang sedang belajar. Belajar membutuhkan mata untuk membaca setumpukan buku, yang sebagian pasti menjemukan. Untuk itu, alihkan sejenak matamu dari pekerjaan atau bukumu.

Ngemil atau Makan Makanan Ringan

Makanlah sesuatu saat kamu merasa ngantuk di siang hari. Tapi, ingat untuk tidak mengkonsumsi makanan berat yang malah akan menambah berat badanmu. Makanlah buah-buahan untuk menu ngemil kamu.

Ganti Posisi Duduk

Cobalah untuk berganti posisi duduk dengan menegakkan tubuh atau yang lainnya. Dan kalau perlu, berdirilah sebentar kemudian duduk kembali untuk bekerja lagi.

Musik

Dengarkan music dengan genre yang up beat agar kamu tidak ngantuk dan tambah semangat saat sedang bekerja. Pilihlah lagu yang mood boaster supaya kamu tidak bosan.

Olahraga Kecil

Olahraga bisa membuat darah bisa mengalir lebih lancar ke otak. Darah akan membawa serta oksigen ke otak. Di atas telah dibahas bahwa penyebab kantuk bisa terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke otak, jadi dengan berolahraga ringan kamu bisa melancarkan oksigen ke otak. Olahraga yang harus kamu lakukan cukup yang ringan-ringan saja seperti push up, sit up, melakukan peregangan otot, atau jika kamu malu pada rekan kerjamu kamu bisa memanfaatkan tangga untuk naik turun berolahraga.

Air Putih

Air putih juga dapat melancarkan sirkulasi oksigen ke otak sehingga kamu tidak mudah measa ngantuk.

Memejamkan Mata

Pejamkan matamu selama 5 sampai sepuluh menit untuk mengistirahatkan mata. Mata yang terlalu lama memandangi monitor ataupun tulisan akan lelah dan mata jadi kering, untuk itu, memejamkan mata dapat memulihkan kinerja penglihatanmu.

Tidur Sebentar

Cara paling ampuh mengatasi kantuk saat kerja tentu saja adalah tidur. Kamu bisa tidur selama 10 menit saat jam istirahat makan siang agar nantinya kembali bugar.

Itu dia tadi beberapa trik yang bisa kamu jalankan untuk menghilangkan kantuk saat kerja. Yang terpenting adalah jangan terlalu banyak beraktifitas di malam hari dan pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk istirahat.