Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

by Ummi on July 13, 2013

Selain keputihan, masalah yang dihadapi oleh seorang wanita adalah nyeri haid atau nyeri saat datang bulan. Menstruasi atau yang biasa disebut haid atau datang bulan ini merupakan siklus perubahan fisiologis yang harus dilalui oleh seorang wanita. Siklus bulanan yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi ini dialami oleh wanita remaja hingga wanita yang memasuki masa menopause. Lamanya pendarahan pada menstruasi atau haid berlangsung antara 3-5 hari.

Cara alami mengatasi gangguan menstruasi, seperti nyeri haid / nyeri datang bulan dan haid tidak teratur

Dalam kondisi normal, para wanita umumnya tidak merasakan gangguan yang cukup berarti. Namun, ada sebagian wanita yang merasakan nyeri saat menstruasi atau lebih dikenal dengan sebuatan nyeri haid atau nyeri datang bulan. Ini bisa disebabkan adanya peningkatan hormon prostaglandin yang kemudian menyebabkan kontraksi uterus yang berlebihan. Nyari haid atau nyeri saat datang bulan biasanya bersamaan dengan sakit kepala, perasaan mau pingsan, rasa mual, dan lekas marah atau cepat emosi.

Gangguan lain yang tak kalah adalah menstruasi atau haid yang tidak teratur, terlebih bagi wanita yang sering stres, pikiran tidak tenang, dan depresi berkepanjangan. Faktor pesikis ini akan menghambat kinerja hormon reproduksi dalam mengatur fase menstruasi.

Tentu saja gangguan-gangguan tersebut harus segera diatasi agar aktivitas tetap berjalan lancar sekalipun anda sedang melewati masa menstruasi. Untuk mengatasinya, ada baikknya mencoba ramuan berikut ini;

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah; temulawak sebanyak 30 gram, bunga mawar merah dan daun dewa masing-masing sebanyak 15 gram, dan umbi teki kering sebanyak 10 gram.

Cara membuatnya adalah; semua bahan dicuci hingga bersih, temulawak diiris tipis-tips, rebus semua bahan ke dalam 600 cc air, biarkan hingga air tersisa 300 cc. Saring dan masukkan air rebusan kedalam gelas.

Aturan pakai atau cara pemakainnya adalah; minum air rebusan tersebut dua kali sehari secara teratur sampai gangguan-gangguan menstruasi seperti nyeri haid atau nyeri datang bulan dan haid tidak teratur anda hilang.

Perlu diketahui, obat tradisional untuk nyeri haid / nyeri saat datang bulan atau haid tidak teratur ini harus dibarengi dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan gangguan menstruasi seperti disebutkan di atas..