Cara Mengatasi Pigmentasi

by Siti Eka Kurniyati on November 18, 2015

Apa itu pigmentasi kulit? Pigmentasi kulit adalah masalah pada kulit yang ditandai dengan perubahan warna pada kulit yang tidak merata atau bercak hitam. Pigmentasi memang tidak berbahaya, namun tentunya akan sangat mengganggu penampilanmu.

cara mengatasi bintik hitam

Penyebab pigmentasi bisa dari beberapa factor diantaranya karena factor gen atau keturunan, paparan sinar matahari, konsumsi pil kontrasepsi (pil KB) dan kehamilan. Pigmentasi yang disebabkan oleh kehamilan akan hilang sendiri setelah kamu melahirkan. Nah, untuk sebab yang lainnya kamu bisa mengatasi pigmentasi dengan tips dan trick berikut ini :

Kentang

Sebagai salah satu makanan pokok, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kulit salah satunya yaitu pigmentasi. Umbi yang bernama ilmiah Solanum Tuberosum ini bisa kam manfaatkan untuk mengatasi masalah pigmentasi seperti malesma, hipopigmentasi, hiperpigmentasi dll. Ada beberapa cara untuk menerapkan kentang pada kulit yang mengalami pigmentasi. Yang pertama adalah dengan menggosokkan irisan kentang yang telah ditetesi air. Yang kedua adalah membalurkan pasta dari kentang yang diparut / diblender halus pada kulit yang terdampak. Dan yang lainnya adalah dengan mengoleskan air dari perasan kentang yang diparut pada kulitmu yang berubah warna.

Pepaya

Buah yang satu ini bisa sangat mudah kita temukan di sekitar kita. Tumbuk / blender buah papaya lalu terapkan pada kulit yang terkena masalah pigmentasi. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari selama satu bulan untuk meliat hasilnya. Selain mengatasi masalah pigmentasi, papaya juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah, mengelupas sel kulit mati. (baca : manfaat papaya dan cara mencerahkan kulit wajah).

Lemon

Lemon atau jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat atau yang lebih kita kenal dengan nama vitamin C . kandungan inilah yang bisa memutihkan atau memudarkan warna hitam karena pigmentasi. Gosokkan irisan lemon pada dareah kulit yang terdampak atau oleskan perasan air dari lemon pada kulit yang terkena pigmentasi. (baca : manfaat lemon untuk kecantikan).

Pisang dan Jambu biji.

Kedua buah ini bisa kamu ramu untuk mengatasi pigmentasi dan meratakan wara kulitmu. Kandungan likopen pada jambu biji bisa memudarkan dan menghilangkan bintik hitam karena terpaan matahari sedangkan buah pisang bisa dimanfaatkan untuk mengelupas pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit. Blender atau tumbuk hingga halus keuda buah ini lalu oleskan pada kulit yang terdampak dan diamkan selama 15 – 20 menit baru kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah langkah ini setiap hari. (Baca : manfaat jambu biji dan manfaat pisang).

Alpukat

Vitamin E dan C pada alpukat adalah kandungan yang bisa mengatasi pigmentasi pada kulit. Buah ini cocok untuk mengatasi pigmentasi jenis hiperpigmentasi. Buat pasta dengan menghaluskan daging alpukat lalu gunakan pasta sebagai masker untuk wajah yang terdampak pigmentasi. Kamu juga bisa mencapurkan masker alpukat dengan yoghurt, madu, dan jeruk nipis untuk memperoleh manfaat ganda. (baca : manfaat madu)

Almond

Jenis kacang yang satu ini mampu menjaga kulit tetap lembab karena kandungan asam lemak alaminya yang bisa mencegah kulit kering. Almond juga bisa mengatasi permasalahan pigmentasi pada kulit. Tumbuklah almond yang telah direndam semalaman dengan susu dan campur dengan susu tersebut. Gunakan sebagai masker pada kulit yang terdampak. Sama seperti alpukat, kamu bisa menambahkan pasta ini dengan madu atau jeruk nipis.

Timun

Buah yang mengandung banyak air ini bisa juga membantumu mengatasi masalah pigmentasi kulit, terutama lingkaran hitam pada mata. Taruhlah irisan tipis dari timun pada kulit yang terkena pigmentasi sebelum tidur. (baca : manfaat timun)

Lidah buaya

Oleskan gel pada lidah buaya pada kulit yang terkena pigmentasi. Lidah buaya memang terkenal akan mafaatnya pada bidang kecantikan khususnya kulit.