Cara Mengatasi Pori-pori Yang Tersumbat

by Ummi on March 28, 2015

Saat sel kulit mati, kotoran, dan debu menghalangi minyak untuk bisa mengalir dengan bebas melalui pori-pori kulitmu, jerawat dan komedo bisa muncul di hidung, pipi, dan wajahmu. Terkadang pori-pori juga bisa tersumbat saat kulit meradang karena kelebihan sel darah putih. Sangatlah penting untuk sering membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat untuk mencegah munculnya jerawat dan komedo.

atasi pori-pori tersumbat dengan steaming

Cara terbaik untuk menjaga pori-pori kulitmu tetap bersih, adalah dengan menjalani perawatan kulit harian yang baik dan teratur, termasuk mengelupas sel kulit mati (eksfoliasi) untuk menghilangkan sel kulit mati atau kering, minyak, kotoran, dan debu dari pori-pori yang tersumbat. Beberapa orang juga menggunakan masker wajah demi mencapai tujuan ini. Menguapi wajahmu (steaming) adalah pilihan baik lain untuk membuka pori-pori dan membersihkannya dengan cara menghilangkan kotoran yang terjebak di dalamnya.

Jika kamu ingin mencoba metode steaming yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi pori-pori tersumbat dan mendapatkan kulit wajah yang halus, lembut, dan tampak lebih muda, maka ikutilah langkah-langkah penerapannya berikut ini :

Steaming adalah cara alami yang paling efektif dan murah meriah untuk membersihkan semua kotoran yang terjebak di dalamnya. Cara untuk menerapkannnya adalah sebagai berikut :

  • Hilangkan semua make-up dengan bantuan make-up remover atau gunakan pad untuk menghapus riasan dengan lembut. Ingat pula untuk membersihkan riasan mata dan concealer hingga benar-benar bersih.
  • Perciki wajahmu dengan air hangat, jangan gunakan air panas, karena itu akan membakar wajahmu dan membuatnya kering. Lakukan hal ini beberapa kali untuk membasuh residu dari make-up remover.
  • Setelah itu, cuci wajahmu dengan pembersih wajah yang lembut dan air hangat. Jika kamu punya jenis kulit yang kering, maka tidak disarankan menggunakan cleanser, karena akan semakin membuatnya kering. Cukup gunakan air hangat untuk menjaga pori-pori tetap terbuka.
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut. Jangan coba untuk menggosoknya terlalu keras. Kulit wajah lebih tipis dan halus dibandingkan dengan kulit lain dari tubuhmu. Kamu harus memperlakukannya dengan lembut.
  • Penuhi panci dengan air, lalu tutup dengan penutup dan panaskan diatas kompor. Jaga agar panasnya berada di level sedang tinggi dan biarkan memanas. Ketika airnya cukup panas untuk mulai mengeluarkan uap, pindahkan panci dari kompor.
  • Jika kamu suka, kamu bisa tambahkan teh hijau, teh peppermint, cammomile, atau ekstrak herba yang lainnya ke dalam panci tersebut untuk merawat wajahmu. Untk jenis kulit berjerawat, tambahkan beberapa tetes minyak tea tree untuk mengatasi jerawatmu.
  • Lipatlah handuk berukuran besar dan tata panci di salah satu sudut kamar mandi. Letakkan handuk di kepalamu, dan membungkuklah di atas uap air yang mengepul. Buatlah semacam tenda dari handuk tadi di atas kepala, bahu, dan panci untuk memastikan bahwa uap hanya akan mengarah ke wajahmu. Biarkan uap tersebut meresap ke dalam pori-pori wajah selama 10 menit.
  • Setelah itu, perciki wajahmu dengan air dingin untuk membasuh kotoran yang muncul ke permukaan pori-pori. Air dingin akan membantu menutup kembali pori-porimu dan merapatkan kulitmu kembali.
  • Keringkan wajahmu dan terapkan toner berkualitas baik untuk menyeimbangkan kembali pH wajah. Oleskan pula pelembab yang lembut untuk mencegah kulitmu menjadi kering.
  • Uapi wajahmu 2 kali semingu untuk menjaga wajahmu terbebas dari pori-pori yang tersumbat dan membuatnya tampak lembut, dengan warna yang merata dan teremajakan.