Cara Mengatasi Rambut Berminyak

by Siti Eka Kurniyati on December 15, 2015

Punya masalah dengan rambut berminyak? Rambut lepek dan terasa basah karena keringat? Hal itu tentu akan mengganggumu karena rambut merupakan sebuah mahkota bagi wanita. Rambut berminyak akan membuat tampilan rambut terkesan kotor dan tidak bervolume.

cara mengatasi rambut lepek

Cara mengatasi rambut berminyak sebenarnya mudah. Di bawah ini ada beberapa tips mengatasi rambut berminyak yang bisa kamu praktekkan untuk mengatasi rambut berminyak yang mengganggu.

Shampo yang Ringan

Pasti menyebalkan bukan, sesaat setelah kamu baru saja keramas rambutmu kembali berminyak. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan shampoo yang ringan. Salah satu jenis shampoo yang ringan adalah sampo bayi atau shampoo herbal. Kedua jenis shampoo tersebut tidak memiliki terlalu banyak busa dan bahan kimia  yang akan memperburuk keadaan rambut berminyak.

Hindari Konditioner

Jika kamu adalah seorang yang teratur menggunakan conditioner. Sebaiknya, untuk sementara waktu hentikan dulu penggunaan conditioner jika kamu memiliki masalah rambut berminyak. Atau jika kamu tetap ingin memakai conditioner, lebih baik terapkan conditioner hanya pada ujung rambut saja (tidak sampai pangkal). Kamu bisa mengganti penggunaan conditioner dengan vitamin untuk rambut berminyak untuk mengatasi rambut berminyak.

Keramas Dua Hari Sekali

Sering mencuci rambut akan bisa mengurami minyak pada rambutmu. Keramaslah dua hari sekali untuk mengatasi masalah rambut berminyak juga untuk menjaga kebersihan kulit kepala dari ketombe dan kerontokan (baca : cara mengatasi ketombe dan cara mengatasi rambut rontok)

Bilas Dengan Air Dingin

Jika kamu punya kebiasaan mandi dengan air hangat, maka khusus saat kamu keramas sebaiknya bilaslah busa sisa shampoo dengan air dingin. Air hangat bisa menyebabkan kulit kepala berminyak dan membuat rambut lepek.

Hindari Gel, Serum Rambut dan Minyak Rambut

Tentu saja, gel, serum rambut dan minyak rambut akan membuat rambutmyy tambah lepek karena minyak yang terkandung dalam gel rambut juga minyak rambut.

Jangan Gosok Terlalu Lama Dengan Handuk

Pasca keramas, kamu pastinya mengusap dan menggosok rambutmu yang basah agar air sisa keramas cepat mengering. Namun, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan dengan terlalu kasar dan lama. Gesekan pada rambut akan menyebabkan perangsangan pada kelenjar sekresi untuk memproduksi minyak. Hal tersebut juga akan menimbulkan ketombe.

Jus Lemon

Balurkanlah jus lemon ke rambut seminggu sekali. Hal ini akan membantu mengatasi rambut berminyak.

Itu dia tadi 7 cara mengatasi rambut berminyak secara alami. Baca juga : cara mengatasi rambut kering secara alami.