Cara Mengatasi Warna Kulit Wajah Tidak Merata

by Ummi on March 26, 2015

Saat kita masih kecil, kita tentu memiliki kulit yang hampir sempurna dengan warna yang merata. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sinar matahari telah merusak kulit dan membuat warna kulit berubah. Munculnya jerawat juga menjadi masalah umum bagi sebagian besar orang, mengakibatkan warna kulit yang tidak merata dan perubahan warna pada kulit.

tips meratakan warna kulit

Meski sangat sulit untuk mengembalikan kondisi kulit seperti bayi lagi, namun dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup, menggunakan produk pembersih kulit, dan berkonsultasi dengan ahli kulit, kamu bisa mengupayakan penampilan yang lebih muda dan meningkatkan warna serta tekstur kulitmu. Berikut ini adalah beberapa tips yang sangat beguna dan tidak begitu keras yang bisa membantumu meratakan warna kulit :

  1. Melakukan perubahan gaya hidup

Berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang bisa membuat kulit wajahmu cerah dengan warna yang merata :

Minum banyak air. Air tidak hanya membersihkan wajahmu dari dalam, namun juga menjaga kulitmu agar tidak keriput. Air membuat kulitmu tetap terhidrasi dan tampak seperti kulit bayi. Untuk itu, rajinlah minum air putih atau minuman lain setidaknya 8 gelas sehari. Jadikan air putih sebagai minuma pokokmu, dibanding air berpemanis, soda, dan soft drink. Jika kamu tidak begitu suka dengan air putih tawar, tambahkan irisan mentimun atau lemon untuk menambah rasa dan kesegaran.

Gunakan tabir surya di siang hari. Penyebab paling umum dari warna kulit yang tidak merata adalah kerusakan akibat sinar matahari. Tidak hanya menyebabkan keriput dan beresiko kanker, sinar mathari juga dapat menyebabkan pembentukan bintik-bintik hitam saat kamu berada di lur ruang saat sian hari. Gunakan tabir surya dengan minimal kandungan SPF 30 yang memiliki perlindungan dari sinar UVA dan UVB, untuk perlindungan optimal kulitmu dari dampak kerusakan matahari. Biasakan pula untuk selalu menggunakan tabir surya setiap hari meski cuaca sedang mendung, karena 80% sinar UV matahari masih bisa menembus awan.

Hindari makan junk food. Jika tidak bisa menghindar, minimal batasilah konsumsi dari junk food. Sebagai gantinya, perbanyaklah makan buah dan sayur. Bahan kimia, minyak, dan gula yang terkandung dalam junk food memicu kulitmu untuk memproduksi lebih banyak minyak sehingga menyumbat pori-pori dan mengakibatkan warna kulit yang tidak merata.

Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya membuatmu tetap sehat dan langsing, tapi juga membantu menolongmu memproduksi sel kulit baru yang berkontribusi dalam menjaga warna kulitmu tetap merata dan muda. Cukup lakukan olahraga ringan yang bisa membuat aliran darahmu terpompa selama beberapa menit setiap hari. Jika keringat muncul, segera basuh wajahmu untuk membersihkan minyak dan kotoran agar tidak terjebak dalam pori-pori kulit untuk menghindari munculnya jerawat dan warna kulit yang tidak rata.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2