โ‰ก Menu
werno-werno.com

Cara Mengelupas Kulit Mati Pada Wajah

Setiap malam, waktu kita tidur, sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Setiap sel yang sudah rusak dan mati akan diganti sel-sel baru yang lebih baik. Nah, pergantian ini juga termasuk sel-sel kulit wajah kamu. Inilah mengapa tidur malam yang berkualitas sangat baik untuk kecantikan kulitmu.

Cara efektif menghilangkan sel kulit mati di wajah

Tapi, sel-sel kulit wajah yang sudah mati juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang lho. Biasanya sel-sel tersebut akan mengelupas dan meluruh, walaupun perlahan, karena juga tergantung pada kebersihan kulit kamu. Kalau kamu tidur, sedangkan kulit wajah belum dibersihkan sebelumnya, sel-sel kulit tidak bisa berkembang dan berganti, akibatnya kulit wajah jadi kusam. Maka dari itu, biasakan merawat kulit wajah sejak dini.

Untuk tetap menjaga kulit dan membantu pengelupasan sel kulit mati, ada baiknya kamu secara rutin melakukan pengelupasan kulit mati atau dikenal dengan istilah eksfoliasi, misalnya setiap seminggu sekali. Cara ini akan membantu kulit agar tetap tampak cerah dan lembut. Untuk itu, simak cara untuk mengelupas kulit yang aman berikut ini;

A. Cara mengelupas kulit mati di wajah dengan produk exfoliating gel.

  • Basahi kulit wajah terlebih dahulu dengan air agar lembab, sehingga sewaktu melakukan eksfoliasi kulit tidak terluka.
  • Gosok secara lembut dan perlahan permukaan kulit menggunakan kain yang lembut, seperti kain flannel atau kain tetra. Kain tetra biasa digunakan sebagai popok bayi, jadi kain ini sangat lembut buat kulit wajah dan tidak akan menimbulkan luka.
  • Kalau kamu tidak yakin akan bisa memijat dan menggosok secara benar, pilih produk pengelupas kulit yang aman dan sesuai dengan kulit wajah. Biasanya, produk kecantikan semacam ini memiliki tekstur yang berbutir-butir. Butiran tersebut yang akan membersihkan kulit mati sewaktu kamu memijat kulit wajah memakai produk tersebut.
  • Ratakan exfoliating gel, cream, atau scrub ke seluruh permukaan wajah kecuali area sekitar mata dan bibir. Kemudian gosok dan pijat secara lembut dan perlahan cukup sebentar saja, maksimal 10 detik.
  • Bilas wajah dengan air hangat sampai benar-benar terasa halus dan tidak ada sisa produk eksfoliasi di wajah kamu. Selesaikan dengan membasuh kulit wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup. Lalu keringkan wajah dengan kain yang lembut, dengan cara menepuk-nepuk permukaan kulit secara lembut sampai kering.
  • Untuk kulit wajah berminyak, pengelupasan kulit seperti ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Hasilnya, wajah tidak akan terlalu terlihat berminyak, sekaligus membantu membersihkan pori-pori wajah agar tidak tertutupi oleh kelebihan minyak.
  • Kalau kulit wajah kamu kering, jangan khawatir melakukan eksfoliasi. Terkadang memang ada kekhawatiran kalau mengelupas kulit mati, jangan-jangan kulit wajah nanti akan jadi tambah kering? Sebenarnya mengelupas kulit kering bisa membantu menghaluskan permukaan kulit wajah, sehingga waktu kamu memakai pelembab, bisa diserap lebih mudah dan maksimal oleh kulit wajah.
  • Perhatian; jangan terlalu sering mengelupas kulit wajah. Karena jika terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan kulit kering dan mudah keriput. cukup lakukan maksimal dua kali seminggu, dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelah melakukan eksfoliasi.

B. Cara mengelupas kulit mati di wajah dengan bahan alami

Bagi kamu-kamu yang masih ragu atau kurang yakin memakai produk eksfoliasi yang beredar di pasaran, mungkin karena kulit kamu sensitf atau alergi dengan bahan kimia, ada pilihanย  untuk melakukan eksfoliasi menggunakan bahan-bahan alami lho.., berikut ini beberapa pilihan yang dapat kamu pertimbangkan;

  • Gula pasir. Kamu bisa gunakan gula pasir yang ada di rumah untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Caranya: siapkan satu sendok makan gula pasir, 2 sendok makan madu atau minyak zaitun, lalu campur kedua bahan tersebut. Setelah rata, oleskan di permukaan kulit wajah sembari pijat secara perlahan.
  • Pilihan berikutnya adalah oatmeal. Selain makanan ini bagus untuk kesehatan jantung, ternyata oatmeal juga bisa dipakai untuk eksfoliasi. Caranya: campurkan satu sendok makan oatmeal dengan 2 sensok makan madu atau minyak zaitun. Lakukan cara seperti diatas.
  • Ketiga adalah garam dapur. Caranya: campur 1 sendok makan garam dengan 1 sendok makan minyak zaitun, dan 2 sendok makan buah pisang. Pakai seperti masker selama 2-3 menit, lalu pijat kulit muka, kemudian bersihkan.
  • Pilihan terakhir adalah teh hijau. Caranya: campur 1 sendok makan bubuk teh hijau (kamu bisa ambil dari teh hijau kemasan) dengan sedikit air hangat. Pakai seperti masker, lalu pijat-pijat kulit muka kemudian bersihkan.

Baca juga : 10 Bahan Alami Terbaik Untuk Mengelupas Sel Kulit Mati

Jangan malu-malu bertanya dengan mengisi form yang telah disediakan di bawah mengenai tips cara mengelupas kulit mati pada wajah, kami tunggu komennya ya..!.

74 comments… add one
  • Fatonah siti

    Apakah menggunakan sabun muka yang ada scrubnya termasuk eksfoliasi, trims

  • Rin-cahh

    Kak aku mau coba perawatan di skincode katany c metode ny metode mikrodermabrasi , itu aman gak y?

  • dwi nur afita

    tips ini bgs&membantu…..tp sayangnya hanya ada di google

  • dika

    Tks info nya,,

    Akan aku coba

  • rustika

    cara memijat wajahnya bagaimana sist???

    • Ummi

      pijat dengan gerakan memutar kecil secara perlahan.

      • man

        sist bagaimana caranya untuk mengelupas kulit wajah dengan lebih cepat ?

        • Ummi

          yang paling cepat adalah dengan menggunakan bahan eksfoliator instant yang banyak tersedia di pasaran yang biasanya berupa gel atau scrub pencucui wajah.

  • seva

    kak saya mau nanya untuk penggunaan bahan alami apakah bisa diganti2 bahannya ( misal, hr ini menggunakan gula pasir selanjutnya oatmeal dan seterusnya) atau penggunaannya konsisten dengan 1 bahan saja…
    ada pengaruhnya atau enggak ya kak?
    terimakasih kak…

    • Ummi

      sebenarnya bisa saja di ganti bahannya, namun untuk hasil terbaik dan maksimal, lebih baik gunakan hanya satu bahan dengan teratur. baru jika kamu kurang puas dengan hasilnya, beralihlah menggunakan bahan alami yang lainnya.

  • putri

    Mba kalau aku lg pake produk pemutih wajah, aku pingin berenti pake soalnya udah pake hampir 2 bulan tp warna kulit aku jd ngga merata, yg putih cuma bagian atas bibir, dagu, sama hidung.. Bagian pipi itu warnanya masih gelap dan kering mba, bikin aku jd kurang percaya diri..
    Tapi sekarang kulit aku masih kering dan mengelupas, apa bisa mba hilang dan merata lagi warna kulitnya pakai cara cara alami yg mba post di atas ? dan untuk pemakaiannya langsung saja setelah berenti pake produk pemutih itu ? apa nunggu beberapa hari dulu mba setelah aku berenti pake produk pemutih itu ?

  • putri

    Makasih mba buat masukannya.. ๐Ÿ™‚
    Oh yaaa mba maaf mba, oatmeal itu bisa di beli dimana yaaa ?
    Aku belum pernah denger itu, itu sejenis apa sih mba ?

    • Ummi

      oatmeal itu berupa makanan olahan yang terbuat dari biji gandum utuh. kalau di Indonesia contoh produknya seperti Quacker oat. pernah dengar kan?

  • nia

    Kak, ada tips buat meratakan warna kulit di wajah ga ?
    Warna kulit wajah aku jd ga merata gara2 pemakaian pemutih, mungkin ga cocok kali yaaa hasilnya jd ga merata gitu makanya aku berenti pemakaian krim pemutih itu aja, buat meratakan warna kulitnya ada tipsnya ga kak ? Trus kira2 pelembab yg bagus untuk meratakan warna kulit lg itu apa ya kak ? Sebelumnya makasih kak ๐Ÿ™‚

  • nia

    Makasih kak, artikelnya sangat membantu.. ๐Ÿ™‚ kalau produk eksfoliasi itu sendiri misalnya produk apa ya kak yang di jual di pasaran ?

    • Ummi

      kalau produk eksfoliasi yang dijual bebas di pasaran biasanya berupa pembersih muka atau krim yang mengandung butiran halus (scrub). untuk memakainya, setelah diusapkan ke wajah, tunggu sebentar sambil dipijat dengan gerakan memutar kecil secara perlahan.untuk bahan eksfolisi buatan sendiri, yang baik digunakan adalah campuran gula pasir dan madu. tekstur butiran halus dari gula akan membantu mengelupas sel kulit mati, dan madu akan melembabkan dan menutrisi kulit.

  • irfan

    gan bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah

  • puryani

    Umi, mau tanya. saya sekarang beralih ke olah raga renang, tetapi kulit muka, kaki dan tangan jadi hitam (belang) karena kandungan kaporit dalam air kolam. pada hal saya sudah menggunakan body lotion waterproff dan sun blok yang mengandung whitening. bagaimana cara mengatasinya secara alami? terima kasih atas jawabannya.

    salam

    • Ummi

      mungkin itu karena cara penerapan sunblocknya yang kurang benar. sebaiknya gunakan sun block minimal 30 menit sebelum berenang, karena diperlukan cukup waktu agar sunblock bisa meresap ke dalam kulit. jadi, jangan langsung nyemplung ke kolam renang sesaat setelah memakai sun block :). ke dua, gunakan sunblock dengan kandungan minimal SPF 30 untuk perlindungan yang maksimal. dan jangan lupa untuk mengoleskan ulang sun block setiap 1-2 jam sekali saat beraktivitas di luar ruang dalam waktu yang lama.

    • Ummi

      jika sudah terlanjur belang, cara alami untuk mengatasinya adalah dengan berendam di dalam air dingin (suhu normal) segera setelah berenang. selain itu, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya yang diambil dari sebatang lidah buaya ukuran sedang ke seluruh permukaan kulit, dan bilas dengan air setelah agak mengering. atau perasan air lemon untuk wajah, dan diamkan selama 15 menit.

  • praditta

    kalo menggunakan bahan alami ngelupasnya jarak berapa hari?

    • Ummi

      usahakan jangan terlalu berlebihan dalam melakukan pengelupasan sel kulit mati, karena akan justru menghilangkan kelembaban alami wajah dan mengiritasi kulitmu. jarak waktu yang ideal untuk eksfoliasi adalah satu hingga dua kali dalam seminggu.

  • dichaAK

    Cara menghilangkan jerawatnya gimana?

    • Ummi

      kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan produk eksfoliasi kimia berbahan lembut seperti krim atau pencuci wajah yang mengandung asam salisilat, Retinoid/ Retin A, serta Alpha Hydroxy Acid (AHA) sebagai bahan aktif utamanya. bahan-bahan tersebut ampuh untuk mengeringkan dan menyembuhkan jerawat. sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi dengan bahan alami karena akan semakin memperparah tampilan jerawatmu.

  • milla

    ass wr wb, kak saya terkena efek samping dri obat jerwat, jdinya kulit saya mengelupas, gatal2, dan perih. tpi skrng perih dan gatalnya sudah hilang, bagian kulit yg terkelupas hanya bagian pipi saja, akibatnya warna kulit wajah saya tidak merata. yg ingin saya tanyakan, apakah demi ratanya warna kulit wajah saya itu dapat di dapat dengan tubuhnya sel-sel kulit baru pda bagian yg terkelupas, atau sebaiknya membuat bagian kulit yg belum terkelupas menjadi terkelupas?

  • Aries

    test

  • deseventeen

    yang cara mengelupas kulit mati dengan bahan alami itu apa kulitnya langsung terkelupas atau tunggu beberapa hari ya?sebelumnya terima kasih ๐Ÿ™‚

    • Ummi

      untuk hasil eksfoliasi, tidak bisa langsung bisa dilihat hasilnya dalam sekejap. kamu baru bisa melihat perbedaan berarti setelah melakukan eksfoliasi secara rutin. kulit wajahmu akan berubah menjadi lebih cerah dan tidak kusam lagi seiring munculnya lapisan sel kulit yang baru.

  • fitry

    saya mempunyai garis halus d bwah mata mnta sarany donkk cream yg amph mnghlangknya

    • Ummi

      cobalah untuk menggunakan produk kosmetik khusus mata (eye cream) yang mengandung Retinoid untuk menghilangkan garis halus disekitar mata. bahan untuk krim mata berbeda dengan pelembab wajah yang biasa, karena kulit di daerah sekitar mata lebih sensitif dan halus daripada yang lain.

  • Desi

    Umi . Mau tanya kan saya sudah brtahun2 pakai krim pemutih . Sekarang saya perawatan kedokter. Sudah berapa kali ganti krim dan muka saya malah kusam . Pke krim apapun tpi klo dlu putih bgt. Apa itu tanda2 banyak sel kulit mati ?kulit saya berminyak. Dan bagai mana cara menghilangkan sel kulit mati itu

    • Ummi

      jika kulit wajahmu justru menjadi kusam setelah memakai krim pemutih, itu bisa jadi pertanda bahwa krim tersebut tidak cocok untukmu.lebih baik gunakan pendekatan alami untuk mencerahkan kembali wajah kusammu. kamu bisa melihat tips lengkapnya di http://werno-werno.com/tips-mencerahkan-wajah-yang-kusam/. untuk menghilangkan sel kulit mati, kamu bisa menggunakan scrub atau krim eksfoliasi yang banyak djual dipasaran, atau menggunakan bahan alami buatan sendiri seperti gula, oatmeal, dan garam.

  • Uswatun Khasanah

    kak di bagian hidung aku banyak komedo + kulit mati yg yg mengelupasnya tidak smpurna jdi berkerut gtu gmna cara menghilangkn nya kak ?
    tapi dg bhn alami ya kk jgn pkai minyak zaitun soalny di daerah ku susah

    mksi sblumny
    mohon jwbnny

    • Ummi

      jika ingin memakai bahan alami yang mudah didapat, adalah dengan menggunakan scrub gula yang dibuat dengan cara mencampur gula dengan sedikit madu murni atau minyak jojoba hingga membentuk pasta yang kental. gosokkan secara perlahan pasta tadi ke daerah hidungmu dengan lembut.

  • Rere

    Ka, di hidung saya jika org brmasalah dgn komedo di lekuk antara hidung dan pipi sya justru sangat kring. Kdang kalo di daerah dingin stlh cuci muka kulitnya ngelupas trus perih. Klo sering ngelupas jd hitam daerah lekuk hidungnya. Kira2 itu knp dan bagaimana penanganannya? Terimakasih.

  • riana

    Min supaya muka ngak terlalu berminyak harus gimana yah min sama jerawat ku timbul banyak kecil” ada nanah nya dan juga gatal” min sdh pake cream apa aja sembuhnya sebentar terus muncul lagi sudah perawatan di dokter sembuhnya sebentar muncul lagi terus aku harus bagaimana min

  • Mutiara

    Kalo mau beli yang instant aja kira kira dimana ya? Kalo dipasar kan takut ga terjamin kualitas. Kira kira di apotik dan semacam nya ada?

    • Ummi

      biasanya, kamu bisa membeli produk eksfoliator di toko khusus kosmetik atau sektor bagian kosmetik di mall terdekat di daerahmu tempat tinggalmu. atau, kamu bisa membelinya secara online di toko online terpercaya.produk eksfoliator kemasan kebanyakan berbentuk scrub atau krim.

    • Ummi

      diantara contoh produk terbaik untuk eksfoliasi adalah Pond’s Sun Dullness Removal Daily Facial Scrub, Clinique 7 day scrub cream Rins-off formula, Wardah Lightening facial scrub, The Body Shop Vitamin C microdermabrasion, Kiehlโ€™s Epidermal Re-Texturizing Micro-Dermabrasion, dan masih banyak lagi.

  • deviyana

    Mba aku mau tanya.
    Muka aku type muka yg berminyak berlebih. Aku udah sering pake perawatan dokter tp awalnya aja cocok tp makin lama kulit kembali ky semula berjerawat. Aku sering gonta ganti perawatan dokter dikarenakan cuma cocok awalnya aja. Dan sekarang muka aku malah jadi berjerawat pasir, kecil kecil tp dalam jumlah banyak dibagian pipi. Aku udh perbaiki pola makan yg sehat dan konsumsi obat dalem juga tapi tetep belum ada perubahan. Aku harus gimana lg mba ? Mohon masukannya:-)

  • anon

    Asalammualaikum..
    Ummi,umur saya sekarang 14 thn, 2 tahun yang lalu saya terkena minyak panas..kulit saya melepuh setelah mengering lukanya (koreng), luka itu saya kelupas sendiri, dan sampai sekarang masih membekas. yang ingin saya tanyakan apakah bisa dihilang kan bekas luka tersebut?

    Trmksih,
    Wassalammualaikum.wrb

    • Ummi

      sebenarnya bekas luka bisa dihilangkan, namun sebaiknya dulu saat masih baru muncul, saat kulit masih bisa beregenerasi dengan cepat. jika bekas lukanya sudah lama, maka akan cukup sulit untuk menghilangkannya karena bekasnya semakin mendalam. untuk cara menghilangkan bekas luka, silahkan baca tipsnya di http://werno-werno.com/cara-alami-menghilangkan-bekas-luka/

  • maia

    Aku mau nanya , kenapa pas coba basuh pake air garam wajah ku berasa perih banget ya . Mkasiih

    • Ummi

      itu tandanya, kulitmu mengalami iritasi dan kamu memiliki kulit yang sensitif terhadap garam. sebaiknya ganti bahan yang kamu gunakan untuk eksfoliasi. misalnya saja, dengan menggunakan gula pasir yang relatif tidak memicu iritasi.

  • Aulia Eriyani

    Ass, Ummi aku mau tanya kalau jenis kulitku berminyak tp berminyak yg wajar. Jd ceritanya kmren aku habis renang dan setelah habis renang mukaku mengelupas gitu kak merah2 dipipi karna berenang diterik matahari. Dan bekas2 jerawat dipipi jd kaya terlihat gitu. Pdhl sblmnya nggak. Aku jd kurang percaya diri kemana2 gitu. Cara yg ampuh dan cpt gimana untuk mengatasi kulit kaya aku ya? Sblmnya makasih. tlg djw.

  • paw

    Hi mba aku mau tanya soal pengelupasan kulit. Sekarang aku lagi pake cleanser yg mendorong sel2 kulit mati untuk regenerasi yg akhirnya kulit bagian atas mengelupas jadinya kulit terasa kering dan agak sedikit gatal. Baiknya aku hentikan pemakaian ini atau diterusin sampai sel kulit matinya terkelupas semua ya ? Thanks

    • Ummi

      yang terpenting saat melakukan eksfoliasi adalah, harus selalu dibarengi dengan penggunaan pelembab untuk mengembalikan kelembaban kulit yang hilang saat proses eksfoliasi. jadi, coba untuk oleskan pelembab atau moisturizer segera setelah kamu melakukan perawatan tersebut. jika tetap muncul iritasi (kulit menjadi kering dan gatal), maka segera hentikan pemakaian produk tersebut.

  • davis

    mbk, bagaimana caranya membersihkan sel kulit mati yg efektif?, karena dulu kurang menjaga kebershan & sekarang susah untuk menghilangkan sel klit mati.
    mohon sarannya & trimakasih ๐Ÿ™‚

  • Ummi

    jika kulitmu menjadi perih, gatal dan terkelupas setelah memakai obat dan sabun muka tersebut, maka itu pertanda kulitmu terkena iritasi dan tidak cocok. untuk memastikan mana yang menyebabkan iritasi, hentikan salah satu pemakaian selama beberapa hari. lihat apakah kulitmu kembali normal atau tidak.

  • Tya

    Assalamualaikum ummi, saya mau minta solusi dong jadi kulit saya iritasi setelah dermaroller.. Jadi menggelap gitu pigmennya dan menjadi perih, apa itu termasuk trauma kulit?? Tolong solusinya.. ๐Ÿ™ kalo boleh saya minta kontaknya ummi

    • Ummi

      waalaikum salam. jika kulitmu menjadi perih setelah pemakaian dermaroller, itu menandakan bahwa kulitmu terkena iritasi dan tidak cocok menggunakan metode tersebut. jika dalam beberapa waktu kulit masih saja terasa perih, sebaiknya hentikan pemakaian, dan pilih metode perawatan yang lain.

  • andri

    Umi, saya mau nanya. bagaimana menghilangkan buras yg ada di wajah saya ?
    terimakasih

    • Ummi

      buras timbul akibat wajah terkena sengatan matahari yang berlebih. untuk itu, usahakan untuk selalu menggunakan tabir surya ketika sedang berada di luar ruangan. untuk mengobati buras secara alami, kamu bisa gunakan air perasan jeruk nipis untuk dioleskan ke wajah. jika terasa perih dan terjadi iritas, tambahkan sedikit bedak dan air mawar untuk membentuk pasta, lalu gunakan seperti masker.

  • jil

    siang mba, saya mau tanya garam yg digunakan itu garam kasar atau halus ya?
    trus sy juga mau tanya bener ga masker es batu jua bagus untuk kulit wajah? thanks

Leave a Comment