Cara Mengelupas Kulit Mati Pada Wajah

by Ummi on August 26, 2013

Setiap malam, waktu kita tidur, sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Setiap sel yang sudah rusak dan mati akan diganti sel-sel baru yang lebih baik. Nah, pergantian ini juga termasuk sel-sel kulit wajah kamu. Inilah mengapa tidur malam yang berkualitas sangat baik untuk kecantikan kulitmu.

Cara efektif menghilangkan sel kulit mati di wajah

Tapi, sel-sel kulit wajah yang sudah mati juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang lho. Biasanya sel-sel tersebut akan mengelupas dan meluruh, walaupun perlahan, karena juga tergantung pada kebersihan kulit kamu. Kalau kamu tidur, sedangkan kulit wajah belum dibersihkan sebelumnya, sel-sel kulit tidak bisa berkembang dan berganti, akibatnya kulit wajah jadi kusam. Maka dari itu, biasakan merawat kulit wajah sejak dini.

Untuk tetap menjaga kulit dan membantu pengelupasan sel kulit mati, ada baiknya kamu secara rutin melakukan pengelupasan kulit mati atau dikenal dengan istilah eksfoliasi, misalnya setiap seminggu sekali. Cara ini akan membantu kulit agar tetap tampak cerah dan lembut. Untuk itu, simak cara untuk mengelupas kulit yang aman berikut ini;

A. Cara mengelupas kulit mati di wajah dengan produk exfoliating gel.

  • Basahi kulit wajah terlebih dahulu dengan air agar lembab, sehingga sewaktu melakukan eksfoliasi kulit tidak terluka.
  • Gosok secara lembut dan perlahan permukaan kulit menggunakan kain yang lembut, seperti kain flannel atau kain tetra. Kain tetra biasa digunakan sebagai popok bayi, jadi kain ini sangat lembut buat kulit wajah dan tidak akan menimbulkan luka.
  • Kalau kamu tidak yakin akan bisa memijat dan menggosok secara benar, pilih produk pengelupas kulit yang aman dan sesuai dengan kulit wajah. Biasanya, produk kecantikan semacam ini memiliki tekstur yang berbutir-butir. Butiran tersebut yang akan membersihkan kulit mati sewaktu kamu memijat kulit wajah memakai produk tersebut.
  • Ratakan exfoliating gel, cream, atau scrub ke seluruh permukaan wajah kecuali area sekitar mata dan bibir. Kemudian gosok dan pijat secara lembut dan perlahan cukup sebentar saja, maksimal 10 detik.
  • Bilas wajah dengan air hangat sampai benar-benar terasa halus dan tidak ada sisa produk eksfoliasi di wajah kamu. Selesaikan dengan membasuh kulit wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup. Lalu keringkan wajah dengan kain yang lembut, dengan cara menepuk-nepuk permukaan kulit secara lembut sampai kering.
  • Untuk kulit wajah berminyak, pengelupasan kulit seperti ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Hasilnya, wajah tidak akan terlalu terlihat berminyak, sekaligus membantu membersihkan pori-pori wajah agar tidak tertutupi oleh kelebihan minyak.
  • Kalau kulit wajah kamu kering, jangan khawatir melakukan eksfoliasi. Terkadang memang ada kekhawatiran kalau mengelupas kulit mati, jangan-jangan kulit wajah nanti akan jadi tambah kering? Sebenarnya mengelupas kulit kering bisa membantu menghaluskan permukaan kulit wajah, sehingga waktu kamu memakai pelembab, bisa diserap lebih mudah dan maksimal oleh kulit wajah.
  • Perhatian; jangan terlalu sering mengelupas kulit wajah. Karena jika terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan kulit kering dan mudah keriput. cukup lakukan maksimal dua kali seminggu, dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelah melakukan eksfoliasi.

B. Cara mengelupas kulit mati di wajah dengan bahan alami

Bagi kamu-kamu yang masih ragu atau kurang yakin memakai produk eksfoliasi yang beredar di pasaran, mungkin karena kulit kamu sensitf atau alergi dengan bahan kimia, ada pilihanĀ  untuk melakukan eksfoliasi menggunakan bahan-bahan alami lho.., berikut ini beberapa pilihan yang dapat kamu pertimbangkan;

  • Gula pasir. Kamu bisa gunakan gula pasir yang ada di rumah untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Caranya: siapkan satu sendok makan gula pasir, 2 sendok makan madu atau minyak zaitun, lalu campur kedua bahan tersebut. Setelah rata, oleskan di permukaan kulit wajah sembari pijat secara perlahan.
  • Pilihan berikutnya adalah oatmeal. Selain makanan ini bagus untuk kesehatan jantung, ternyata oatmeal juga bisa dipakai untuk eksfoliasi. Caranya: campurkan satu sendok makan oatmeal dengan 2 sensok makan madu atau minyak zaitun. Lakukan cara seperti diatas.
  • Ketiga adalah garam dapur. Caranya: campur 1 sendok makan garam dengan 1 sendok makan minyak zaitun, dan 2 sendok makan buah pisang. Pakai seperti masker selama 2-3 menit, lalu pijat kulit muka, kemudian bersihkan.
  • Pilihan terakhir adalah teh hijau. Caranya: campur 1 sendok makan bubuk teh hijau (kamu bisa ambil dari teh hijau kemasan) dengan sedikit air hangat. Pakai seperti masker, lalu pijat-pijat kulit muka kemudian bersihkan.

Baca juga : 10 Bahan Alami Terbaik Untuk Mengelupas Sel Kulit Mati

Jangan malu-malu bertanya dengan mengisi form yang telah disediakan di bawah mengenai tips cara mengelupas kulit mati pada wajah, kami tunggu komennya ya..!.