Cara Mengelupas Sel Kulit Mati Di Seluruh Bagian Tubuh

by Ummi on July 11, 2015

Entah kamu sedang mengalami jerawat atau kaki pecah-pecah dan kasar, melakukan eksfoliasi (mengelupas lapisan sel kulit mati) bisa menjadi kunci untuk melawan berbagai masalah kulit yang kamu alami. Untuk itu, kamu perlu mengetahui tips dan trik cara mengelupas sel kulit mati pada seluruh bagian tubuh mulai dari kepala hingga kaki.

cara eksfoliasi tubuhPengertian Eksfoliasi

Sebenarnya, ada dua jenis eksfoliasi, physical (dengan cara scrubbing) dan chemical (menggunakan peeling). Baik kedua metode ini akan mengelupas sel kulit mati dan menampakkan lapisan kulit baru. Saat berkaitan dengan kulit wajahmu, akan lebih bagus menggunakan losion atau facial peel yang mengandung zat asam, guna mencerahkan wajahmu dan membuat dirimu tampak lebih muda. Sementara untuk area yang memiliki kulit yang lebih tebal, seperti lutut dan siku, bisa bermanfaat jika menggunakan sesuatu yang lebih kasar seperti scrub.

Eksfoliasi wajah

“Asam Glikolik dan Asam Laktat (Alpha Hydrixy Acid alias AHA) adalah bahan eksfoliasi yang ampuh.”, ujar David Bank M.D. seorang dermatologis terkenal di New York. Kamu bisa menemukan bahan asam ini didalam pelembab, yang cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari, atau dengan kadar yang lebih tinggi di dalam masker atau facial peel. Asam salisilat (Beta Hydrixy Acid alias BHA) adalah bahan eksfoliasi lain yang terkenal. Asam salisilat paling umum digunakan untuk mengobati jerawat. Selain itu, kamu juga bisa mengelupas sel kulit mati pada wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti gula, oat meal, atau madu.

Eksfoliasi bibir

Untuk daerah bibir, maka bahan yang semakin lembut akan semakin lebih baik. Sebaiknya kelupaslah sel kulit mati di bibir dengan menggunakan cleanser yang mengandung 0,5 hingga 2 % asam salisilat dan basuhkan produk ini ke atas bibirmu. Atau kamu bisa menggunakan pasta yang terbuat dari campuran gula dan air lalu pijatkan secara perlahan di bibir.

Eksfoliasi lengan

Guna membuat lenganmu lebih halus dan lembut, lakukan eksfoliasi dengan menggunakan losion.

Eksfoliasi siku dan lutut

Saat kulitmu sedikit lebih tebal, maka kamu lebih baik menggunakan eksfoliasi physical daripada chemical, dengan menggunakan scrub yang mengandung serbuk kacang. Dann penggunaan jumlah produk yang sedikitm akan lebih baik. Setelah kamu melakukan eksfoliasi saat mandi, lap area tersebut dengan handuk (tapi jangan sepenuhnya kering), dan oleskan pelembab untuk menjerat dan mengunci air dari sehabis mandi ke dalam kulitmu.

Eksfoliasi tangan dan kaki

Salah satu bahan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengeksfoliasi kulit kasar pada bagian tangan dan kaki adalah menggunakan losion yang mengandung urea dengan tinggi konsentrasi yang setara dengan 40 %. Ini merupakan bahan bagus, karena akan secara simultan mengeksfoliasi dan menghindrasi kulitmu. Urea juga akan ampuh untuk mengelupas sel kulit mati pada seseorang yang memiliki kulit mati yang kering dan tebal pada area tangan dan kaki, sambil di waktu yang sama akan mendorong molekul air masuk untuk mengganti kelembaban.