Cara Menghentikan Kebiasaan Mengompol Pada Anak

by Ummi on September 23, 2015

Perubahan gaya hidup tertentu mungkin dapat mengakhiri kebiasaan mengompol. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab anak ngompol saat tidur, dan itu bisa kita kendalikan bahkan kita hentikan jika sebagai orang tua kita mampu menerapkan perubahan gaya hidup yang lebih baik terhadap anak.

tips agar anak berhenti ngompol

Atur asupan minuman yang dikonsumsi anak

Mengatur batasan asupan cairan berperan besar dalam mengendalikan ngompol. Jadi, cobalah agar anak tidak minum terlalu banyak air putih atau minuman lain beberapa jam sebelum waktu tidur untuk mengurangi resiko mengompol.

Minum sejumlah besar cairan harian yang direkomendasikan sebelum waktu makan malam. Hal ini akan memastikan bahwa kandung kemih anak relatif kosong sebelum waktu tidur. Kurangi juga minuman yang mengandung kafein di malam hari karena bisa mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan anak lebih banyak buang air kecil.

Tentukan jadwal buang air kecil yang rutin

Susun pula jadwal untuk buang air kecil untuk membantu anak agar bisa tidur dalam kondisi kering. Memberlakukan jadwal kencing berarti kamu menentukan waktu buang air kecil yang rutin pada anak, seperti setiap satu atau dua jam sekali. Dan ajak anak untuk pergi ke kamar mandi tepat sebelum anak pergi tidur untuk mengosongkan sepenuhnya kandung kemih sebelum tidur.

Selain itu, mengompol juga biasa terjadi saat mengalami sakit atau tertekan. Konflik di sekolahan atau rumah bisa menyebabkan anakmu mengompol di malam hari. Kelahiran adik bayi, pindah ke rumah baru, atau perubahan lain dalam rutinitas anak bisa membuat anak stress dan memicu insiden mengompol.

Maka dari itu, coba berbicaralah pada anakmu tentang bagaimana perasaan yang mereka alami. Pengertian dan kasih sayang orang tua dapat membantu anak merasa lebih baik tentang situasi yang dihadapinya, sehingga dapat mengakhiri kebiasaan mengompol dalam banyak kasus. Dan hindari untuk menghukum dan memarahi anak atas insiden mengompol yang dialaminya. Sebagai gantinya, pujilah anak ketika ia tetap kering saat tidur. Hal ini akan membantu dia merasa baik jika tidak mengompol.

Ramuan alami untuk mengatasi mengompol

Selain menggunakan tips diatas, kamu juga bisa mencoba memakai ramuan alami untuk mengatasi mengompol. Diantaranya adalah, cuka sari apel. Cuka apel bisa menetralisir keasaman pH di saluran air kencing, sehingga mencegah bakteri berkembang biak dan menyebabkan infeksi, yang biasanya menyebabkan inkontinensia urin. Cuka apel juga diduga bisa mengurangi keasaman di perut dan membantu anak mengendalikan tuntutan untuk kencing. Tambahkan 2 sdm cuka apel kedalam segelas air dan minumkan ke anak sebelum makan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba jus cranberry. Kandungan antioksidannya dianggap mampu melawan bakteri penyebab infeksi saluran kencing dan infeksi kandung kemih, yang pada gilirannya bisa menyebabkan peningkatan resiko mengompol. Untuk itu, coba buatkan anak jus cranberry sebelum tidur.

Minyak zaitun juga merupakan ramuan alami yang bagus untuk mengobati anak yang mengalami masalah mengompol yang kronis. Terapkan minyak zaitun (sebaiknya yang hangat) pada perut bagian bawah dan pijat area di sekitarnya untuk memperkuat otot-otot di saluran kemih dan kandung kemih, yang mencegah pengeluaran urin secara paksa. Jadikan pemijatan ini sebagai rutinitas dengan anak setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.