Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

by Siti Eka Kurniyati on February 11, 2016

Luka bakar di kulit karena terkena api atau sesuatu yang panas pasti akan melepuhkan kulit dan meninggalkan bekas. Bekas luka bakar sangat mudah dikenali dan sulit untuk menghilangkannya. Berbeda dengan luka sayatan atau luka lain, kulit yang terbakar akan meninggalkan bekas seperti kulit tyang mengkerut atau bergelembung yang akan merusak penampilanmu. Terlebih jika bekas luka bakar tersebut ada di betis atau lengan yang langsung akan terlihat oleh orang lain.

cara mengatasi bekas luka bakar secara alamiBagi wanita, tentu penampilan merupakan salah satu hal terpenting bagi mereka. Dan salah satu momok bagi wanita terkena luka bakar. Ini tentu saja karena sebagian besar wanita harus menghabiskan waktu mereka untuk memasak di dapur. Nah, kami mempunyai beberapa tips cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dan bahan apa yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas luka bakar secara alami. Simak tipsnya di bawah ini.

Mentimun

Salah satu bahan yang  bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar secara alami adalah mentimun. Ini karena mentimun mengandung banyak silika yang memiliki manfaat bagi kulit untuk memproduksi kolagen. Kolagen berfungsi mencegah dan mengatasi keriput.  Kerutan pada bekas luka bakar juga bisa dihilangkan dengan mentimun. Buat pasta mentimun dengan melembutkan mentimun menggunakan blender atau ditumbuk. Untuk menghilangkan bekas luka  bakar, terapkan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Biarkan pasta timun menempel semalaman lalu bersihkan di pagi harinya. Jika kamu rutin melakukan hal ini bekas luka bakar akan dapat diatasi. (baca : manfaat timun)

Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dan madu juga merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar secara alami. Ini karena madu dapat merangsang kulit untuk meregenerasi sel kulit yang rusak. Jika kamu ingin menggunakan madu untuk mengobati bekas luka bakar, kamu harus menggunakan madu alami. Jika kamu membeli madu kemasan, ada kemungkinan madu telah tercampur bahan kimia yang justru tidak baik bagi bekas luka bakar. Oleskan madu alami ke bagian bekas luka bakar dan diamkan selama 20 sampai 30 menit baru kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lidah buaya

Hmm.. sudah tidak diragukan manfaat dari lidah buaya. Selain bisa membuat rambutmu panjang dengan cepat, rupanya lidah buaya juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi bekas luka bakar lho.  Ini karena tanaman yang memiliki nama latin aloe vera ini mempunyai kandungan lignin dan asam amino yang berfungsi melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit. Gunakan lender dari lidah buaya untuk dioleskan pada bekas luka bakar. Namun, jika kamu ingin menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka nakar di kulit, kamu perlu hati-hati agar tidka terkena getah yang ada di kulit lidah buaya karena akan terasa gatal. (baca : manfaat lidah buaya)

Daun Mint

Daunt mint atau peppermint bukan hanya digunakan sebagai bahan perasa saja. Kamu bisa menghaluskan daun mint dengan cara ditumbuk kemudian oleskan pada bekas luka bakar untuk menghilangkannya. (baca : manfaat daun mint)

Bawang Putih

Pergilah ke dapur dan ambil bawang putih, lalu parut atau tumbuk hingga halus. Pasta bawang putih ini bisa kamu oleskan ke bagian kulit yang terdampak bekas luka bakar untuk menghilangkannya. Salah satu bumbu dapur ini dipercaya mampu mengatasi bekas luka bakar. Ini karena bawang putih memiliki efek anti proliferasi yang mampu memudarkan keloid yang timbul dan pertumbuhan kolagen dapat tertekan. (baca : penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang putih)

Itu dia tadi beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bekas luka bakar secara alami. Jika kamu rutin menerapkan bahan di atas pada bekas luka bakar yang ada di kulitmu maka bekas luka bakar akan menghilang secara perlahan. Selamat mencoba 🙂