≡ Menu
werno-werno.com

Cara Menghilangkan Kapalan

Kamu pasti pernah mendengar istilah kapalan bukan? Atau bahkan kamu pernah atau sedang mengalaminya? Kapalan adalah terjadinya penebalan pada bagian kulit tertentu. Kapalan atau istilah medisnsya callus /  calluses bisa terjadi karena proses tekanan dan gesekkan yang terus terjadi pada bagian yang sama secara terus menerus. Tekanan dan gesekkan ini akan menyebabkan kulit akan merespon secara alami dengan menebalkan bagian tertentu untuk menghadapi tekanan juga gesekan agar tidak terjadi luka.

cara mengatasi kapalan secara alamiSebenarnya, kapalan sebuah penyakit yang harus disembuhkan karena kapalan merupakan bentuk adaptasi kulit untuk melindungi kulit dari gesekkan dan tekanan. Namun kadang kapalan juga bisa menimbulkana rasa nyeri dan tidak nyaman melatarbelakangi untuk menghilangkan kapalan. Selain alasan tersebut, sebagian masyarakat ingin menghilangkan kapalan karena penampilan mereka. Memang kapalan akan mengganggu penampilanmu karena kulit akan terlihat kasar serta kusam. Selain itu, bagi penderita diabetes mellitus / kencing manis atau kondisi yang memiliki aliran darah yang buruk ke kaki memang seharusnya menghilangkan kapalan karena kapalan tersebut bisa menjadi komplikasi yang menimbulkan luka atau borok. Bagi penderita seperti ini sebaiknya mengkonsultasikan pada dokter untuk menghilangkan kapalan. Nah, bagi kamu yang tidak memiliku kondisi seperti itu, kamu bisa mengatasi sendiri masalah kapalan. Ada beberapa cara alami menghilangkan kapalan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mau tau cara apa saja yang bisa mengatasi kapalan secara alami, simak ulasan di bawah ini.

Batu Apung

Kamu bisa memanfaatkan batu apung untuk mengatasi kapalan secara alami. Rendamlah kaki atau tanganmu yang terdapat kapalan kurang lebih selama 20 menit. Gunakan batu apung untuk menggosok bagian yang terdampak kapalan. Ingat untuk tidak menggunakan gunting atau benda tajam lainnnya seperti pisau atau cutter untuk menghilangkan kapalan. Benda-benda tersebut belum tentu steril dan jika kamu tidak teliti malah akan menimbulkan luka.

Pelembab

Gunakanlah pelembab pada bagian kulit yang sering terkena gesekkan atai tekanan seperti pada tumit dan telapak tangan. Pelembab akan mengurangi efek yang ditimbulkan oleh gesekan dan tekanan yang diterima oleh kulit.

Asam Salisilat

Di apotek, cairan yang mengandung asam salisilat dijual bebas. Salah satu merk yang terkenal dan sering digunakan untuk menghilangkan kapalan adalah Callusol. Asam salisilat memiliki sifat keratolitik yang bisa membantu melarutkan protein (keratin) yang membentuk kapalan. Bersihkan bagian kulit yang terdapat kapalan dengan sabun lalu keringkan. Gunakan kapas dengan besaran yang sama dengan kulit kapalan. Basahi kapas tersebut dengan cairan asam salisilat kemudian letakkan pada kulit kapalan. Gunakan plester untuk menahan kapas agar terus menempel. Penggunaan asam salisilat ini haruslah hati-hati karena apabila terkena kulit yang tidak kapalan akan serasa seperti terbakar. Gantilah kapas setiap pagi dan sore hari setelah mandi, jika hal ini rutin kamu lakukan maka kapalan akan mengeras dan mengelupas dengan sendirinya.

Jeruk Lemon

Air perasan jeruk lemon juga merupakan salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untik menghilangkan kapalan secara alami. Cuci bersih kaki dan tanganmu yang terdampak lalu oleskan perasa jeruk lemon pada kulit kapalan. Lakukanj hal ini secara rutin setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Itu dia tadi beberapa cara mengatasi kapalan di kaki maupun di tangan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

0 comments… add one

Leave a Comment