Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

by Siti Eka Kurniyati on January 10, 2016

Jerawat? Umm.. kaum wanita pasti sangat membencinya. Jerawat memang bisa sangat mengganggu penampilan para wanita. Kamu pasti akan melakukan apapun untuk menghilangkan jerawat pada muka atau bagian tubuhmu yang lain. (baca : cara mencegah dan mengatasi jerawat). Namun terkadang, setelah jerawatmu sembuh atau menghilang, masalah baru timbul kembali. Jerawat akan meninggalkan bekas dan bahkan bisa berupa flek kehitaman. (baca : 9 bahan penghilang bekas jerawat dan cara mengatas bekas jerawat hitam).

cara menghilangkan lubang bekas jerawatDan yang paling mengerikan adalah mendapati bekas jerawat yang berlubang / bopang. Lubang bekas jerawat akan membuat penampilan kita terganggu karena tekstur kulit wajah akan terlihat kasar. Hal itu pasti akan membuat kepercayaan diri kita menurun. Nah, perlu dilakukan perawatan khusus untuk menghilangkan lubang bekas jerawat. Mau tau apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bopang atau lubang bekas jerawat secara alami? Simak tips cara menghilangkan lubang bekas jerawat secara alami berikut ini.

Baking Soda

Baking soda bukan hanya bisa digunakan untuk bahan pembuat kue saja, tapi bahan yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bopeng alias bekas jerawat berlubang lho. Ini karena kandungan asam yang ada di baking soda yang mampu membantu menutup luka terbeuka dengan lebih cepat. Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan lubang bekas jerawat adalah dengan melarutkan baking soda dengan air dan mengusapkannya ke bopeng. Diamkan selama 15 menit kemudian baru bilas dengan air hingga bersih. Kamu perlu hati-hati dalam menggunakan baking soda karena bahan tersebut bisa menyebabkan rasa perih. (baca : manfaat baking soda untuk kecantikan)

Jagung Muda

Hmm… jagung muda. Pasti enak ya, kalau dibakar. Tapi, bagi kamu yang memiliki masalah dengan bekas jerawat yang berlubang, lebih baik kamu menggunakan jagung muda untuk menuntaskan masalahmu itu. Jagung muda mengandung vitamin E yang mampu membantu regenerasi kulit, menjaga kesehatan kulit dan membantu mengatasi bopeng. Haluskan biji jagung muda dengan cara memarutnya atau memblendernya, lalu campurkan dengan bahan lain seperti kayu manis, jeruk nipis dan madu. (baca : manfaat jeruk nipis dan manfaat madu). Oleskan secara merata campuran tersebut ke area terdampak dan biarkan hingga mongering baru kemudian dibilas hingga bersih. Untuk hasil yang lebih memuaskan, kamu bisa melakukan hal tersebut di malam hari dan membilas wajahmu keesokan harinya.

Bengkuang

Buah berdaging putih ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan lubang bekas jerawat. Selain untuk menghilangkan lubang bekas jerawat, bengkuang juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Buatlah masker bengkuang untuk menghilangkan bopang adalah dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat masker bengkuang kamu bisa baca disini. (baca : manfaat bengkuang)

Ampas Teh

Jangan meremehkan ampas teh karena bahan sisa tersebut memiliki banyak sekali manfaat . (baca : manfaat ampas teh). Gunakanlah ampas teh hitam atau teh hijau sebagai masker dan lakukan secara teratur untuk menghilangkan lubang bekas jerawat.

Pare

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata ‘pare’? Pasti sayur hijau yang memiliki rasa pahit. Memang pare terkenal dengan rasa pahitnya, namun hal tersebut tidak membuat pare dijauhi oleh banyak orang karena pare memiliki manfaat yang banya. (baca : manfaat pare). Pare juga merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bopang. Haluskan pare dengan cara memblendernya dan terapkan sebagai masker pada wajahmu. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Lubang bekas jerawat terjadi karena jerawat kamu pencet atau kamu tekan. Jerawat yang ditekan akan membuat epidermis dan sulit menutup. Nah untuk mencegah agar bekas jerawat tidak berlubang, sebaiknya kamu jangan memenceti jerawatmu ya? Atasi dengan cara yang tepat masalah jerawatmu.