Cara Menghilangkan Noda Cat Pada Baju Dan Karpet

by Ummi on July 29, 2017

Noda cat dapat berupa cat yang berbasis air (lateks, cat kerajinan akrilik, cat jari) atau cat yang berbasis minyak (seperti enamel, minyak untuk kesenian atau cat model kerajinan). Dengan noda jenis cat manapun, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan cat dari pakaian sebelum mengering. Jika kamu tidak bisa mengatasinya dengan secepatnya, maka jaga agar daerah tetap basah sampai kamu bisa. Teknik ini untuk kain yang bisa dicuci. Untuk pakaian yang hanya bisa dengan dry clean atau perabot rumah, maka segera bawa ke petugas pembersih yang tepercaya.

cara hapus noda cat

Cara menghilangkan noda cat lateks, akrilik atau cat air

Jika ada gumpalan cat yang besar, maka gunakan pisau yang tumpul atau sendok untuk menghilangkan sebanyak mungkin kelebihan cat. JANGAN gunakan lap atau tisu karena kamu akan semakin mendorong cat masuk lebih dalam ke serat kain.

Secepat mungkin dari sisi kain yang berlawanan, siram cat dari serat kain dengan aliran air hangat yang kuat. Selanjutnya, beri larutan deterjen cair dan air ke dalam noda, gosok dan bilas sampai nodanya hilang. Kamu mungkin perlu mengulang beberapa kali. Lalu cuci pakaian seperti biasa.

Jika catnya sudah kering, maka kamu mungkin bisa mengeluarkan cat dengan sedikit alkohol gosok. Gunakan kapas dan gosok dari bagian luar noda ke arah dalam. Gunakan pisau yang tumpul atau tepi kartu kredit untuk mengikis catnya dengan lembut saat catnya mulai mengendur dari serat. Ini bekerja paling baik pada noda cat “baru” yang belum menetap oleh panas. Atau, kamu bias menggunakan pembersih khusus cat dengan mengikuti intruksi penggunaannya secara hati-hati.

Cat Enamel berbasis minyak, cat lukis atau model

Cat berbasis minyak harus dikeluarkan dari pakaian saat sedang masih basah. Jika mengering, hampir tidak mungkin untuk dihilangkan. Jadi, tetap basahi pakaian yang terkena cat sampai kamu bisa mulai membersihkannya. Jika di label catnya mencantumkan thinner cat spesifik untuk digunakan, maka mulailah dengan menggunakan itu atau terpentin.

Mulailah dari bagian belakang kain, letakkan kain yang ternoda di atas bantalan tebal atau tisu atau kain lap putih tua. Basahi area dengan cat thinner dan pencet area dengan sendok tua atau sikat untuk memaksa cat keluar. Terus ganti tisu di bawah area dengan yang baru karena cat akan diserap ke tisu. Bersabarlah, proses ini akan memakan cukup waktu.

Setelah cat terlepas, rendam daerah yang terkena noda dengan deterjen cair dan biarkan dengan baik. Tenggelamkan noda ke dalam suhu air terpanas yang direkomendasikan untuk kain dan biarkan meresap dalam semalaman. Gosok lagi dengan beberapa deterjen dan cuci seperti biasa.

Noda cat pada karpet

Sedikit lebih sulit untuk menghilangkan cat dari karpet karena kamu tidak bisa memasukkannya ke mesin cuci. Sekali lagi, kuncinya adalah mengeluarkan cat sesegera mungkin.

Cara menghapus noda cat berbasis air dari karpet

Untuk noda cat yang masih baru dan basah, gunakan pisau tumpul, pinggir kartu kredit atau sendok untuk mengangkat cat berlebih dari serat karpet. Kemudian gunakan tisu yang bersih dan basah atau kain putih untuk menyerap noda cat yang tersisa (jangan sampai menggosok). Terus bergerak ke area tisu yang bersih dan jangan berhenti sampai catnya hilang.

Untuk tetesan cat yang sudah mengering di atas karpet, campurkan beberapa air panas dan sedikit sabun cuci piring atau deterjen ke dalam larutan. Gunakan sikat gigi atau sikat lembut untuk menerapkan larutan pada noda cat. Biarkan selama lima menit untuk melembutkan cat. Ambil pisau tumpul dan mulai kikis catnya. Serap dengan kain bersih sering-sering dan oleskan lebih banyak air panas dan deterjen. Jangan menggosok atau kamu bisa meratakan noda sehingga semakin memburuk.

Jika catnya masih belum juga melembut, pertimbangkan untuk menggunakan steamer pakaian genggam untuk menambahkan dorongan panas. JANGAN gunakan setrika karena bisa terlalu panas dan benar-benar melelehkan serat sintetis. Bersabarlah dan teruslah bekerja. Biarkan sampai kering secara menyeluruh dan kemudian vakum untuk mengangkat serat.

Cara menghapus noda cat berbasis minyak dari karpet

Cat berbasis minyak jauh lebih sulit dihilangkan. Jika tetesan masih basah, blot dengan kain putih bersih atau tisu untuk menyerap cat sebanyak mungkin. Gunakan sentuhan ringan dan cobalah untuk tidak mendorong cat lebih dalam di karpet. Gunakan steamer genggam untuk menjaga agar cat tetap lembab dan lembut. Gunakan jarum yang berat atau klip kertas yang diluruskan untuk memisahkan serat karpet selama kamu masih terus melakukan blotting (menutul-nutul karpet), blotting, dan blotting.

Selanjutnya, celupkan kain putih bersih di aseton, cat thinner atau terpentin untuk menghilangkan sisa cat. Pastikan untuk menguji pembersih terlebih dahulu di tempat tersembunyi untuk memastikannya tidak menghilangkan warna dari karpet. Bekerjalah dengan perlahan dan bersabar. Sebagai upaya terakhir, biarkan nodanya mengering dan gunakan gunting tajam kecil untuk memangkas serat yang bernoda. Potong sesedikit mungkin atau karpetmu akan terlihat berlubang.